Prosedur Pengurusan STNK Hilang

AsuransiAsuransi MobilLifestyle & LeisureMobil

Mengurus STNK hilang terkadang prosesnya ribet, dan bingung kemana harus mengurusnya. Jangan panik dulu, berikut ini prosedur dan biayanya.

STNK yakni Surat Tanda Nomor Kendaraan yang berarti dokumen bukti pendaftaran dan pengesahan kendaran bermotor sesuai dengan identitasnya. Mulai dari data identitas kepemilikan (nomor, polisi, nama dan alamat). Hingga identitas kendaraan bermotor juga, dair mulai (merk,model, tahun pembuatan, warna dan lain-lain). Ini merupakan dokumen penting yang harus Anda bawa setiap sedang berkendara ke mana saja.

Bisa dibayangkan bukan, bila STNK tersebut hilang. Semua mendadak menjadi ribet, dan kemungkinan prosesnya pengurusannya juga berbelit. Jika itu terjadi pada Anda, jangan panik! Dengan beberapa cara dan porsedur pengurusan STNK hilang bisa Anda lakukan.

Persyaratan Mengurus STNK Hilang

Sebelum Anda mengurus STNK hilang, sebelumnya perhatikan dulu dokumen-dokumen yang diperlukan.

  • KTP asli pemilik kendaraan, baik yang asli dan fotokopi.
  • Fotokopi STNK yang hilang.
  • Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian setempat.
  • Buku BPKB asli dan fotokopi.

Prosedur Pengurusan STNK Hilang

Selanjutnya, ini langkah-langkah mengurus STNK hilang.

Cek Fisik Kendaraan

Wajib untuk melakukan cek fisik kendaraan kemudian fotokopi hasil tes kendaraan tersebut.

Isi Formulir Pendaftaran

Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.

Mengurus Pembuatan STNK Baru

Langkah selanjutnya mengurus surat keterangan STNK hilang di Samsat. Ini untuk menunjukan kabsahan STNK yang hilang tersebut, misalnya tidak diblokir. Bila sudah, jangan lupa unntuk melampirkannya dari hasil cek fisik kendaraan.

Biaya Pajak Kendaraan Bermotor

Jika saat pembuatan STNK baru Anda belum bayar pajak kendaraan, sudah sewajibnya untuk bayar pajak kendaraann. Jika, Anda telah melakukan pembayaran pajak kendaraan, maka bebas biaya pajak.

Biaya Pembuatan STNK Baru

Saatnya melakukan pembayaran untuk pembuatan STNK yang baru.

Proses Pengambilan STNK Hilang Diganti yang Baru

Menurut Divisi Humas Polri rincian biayanya berdasarkan PP No. 5 Tahun 2010, tentang tarif penerbitan STNK yang tertera dalam penerimaan Negara Bukan Pajak Polri.

  • Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum per penerbitan Rp 50.000.
  • Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih per penerbitan Rp 75.000.
  • Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) per pengesahan/tahun gratis.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

 

Comments are closed.