Proton X70: Pendatang Baru Siap Menyaingi CR-V

Mobil

Proton yang merupakan mobil buatan Malaysia menghadirkan SUV terbaru yaitu  Proton X70 yang tidak kalah keren dengan teknologi canggih seperti kendaraan roda empat pabrikan Jepang maupun Eropa. 

Mobil tipe SUV kelas premium di Indonesia semakin hari semakin naik pamornya. Orang tak lagi hanya melirik mobil keluarga seperti Avanza dan Innova. Banyak keluarga yang jatuh cinta pada mobil keluarga yang garang, seperti Honda CR-V. Namun, kemungkinan besar kepopuleran CR-V bakal tergusur oleh pendatang baru, yaitu Proton X70.

Ini memang prediksi. Namun, prediksi semacam ini sudah dikemukakan oleh banyak sekali pemerhati otomotif tanah air. Sekarang ini, kemampuan masyarakat untuk membeli SUV kelas premium semakin tinggi. CR-V dan HR-V menjadi mobil yang begitu digemari. Dan ketika Proton X70 ini datang ke Indonesia, bisa dipastikan ini bakal menjadi idola baru.

Bukan hanya pihak dealer saja yang bakal mendapatkan untung. Pihak asuransi juga bakal kebagian keuntungan. Pasalnya, untuk mobil kelas premium seperti ini, banyak pemilik yang akhirnya membeli asuransi mobil. Futuready Insurance Broker yang merupakan sebuah perusahaan asuransi yang menawarkan pembelian polis asuransi secara online.

Bukan tanpa alasan kenapa mereka langsung mengambil polis asuransi mobil. Dengan mengasuransikan mobil, maka mereka tidak perlu khawatir ketika terjadi kecelakaan di jalan raya. Mereka bisa menghubungi pihak asuransi dan mereka lah yang akan menyediakan biaya perbaikan.

Baca juga: Ini Asuransi Mobil Murah dan Terbaik untuk Anda

Kelebihan yang Ditawarkan Proton X70

interior proton x70

Ada beberapa alasan mengapa Proton X70 ini bakal menjadi primado para pecinta SUV kelas premium di tanah air. Yang pertama, dari segi harga, mobil asal Malaysia ini lebih murah dibandingkan dengan CR-V. Pemerintah Malaysia memberikan dukungan agar mobil buatan negara Malaysia bisa diterima di beberapa negara di Asia Tenggara. Dukungan tersebut berupa insentif yang membuat automaker pembuatnya ini bisa menurunkan harga di bawah harga CR-V.

Tentu ini kabar yang sangat menggembirakan di saat masyarakat Indonesia mulai gandrung dengan SUV kelas premium. Jika benar mobil asal pabrikan Malaysia ini datang ke Indonesia, sepertinya bakal ada banyak orang yang menjual CR-V dan menggantinya dengan mobil yang satu ini. Dan mereka yang menabung untuk bisa memiliki CR-V bakal mengurungkan niat mereka.

Selain harga yang lebih terjangkau, kabarnya mobil ini juga menawarkan kenyamanan yang lebih baik. Salah satunya pada bagian kabin yang lebih lebar. Seperti yang banyak orang ketahui, CR-V sering mendapatkan kritik karena legroom yang sempit. Hal ini membuat mobil SUV ini kurang begitu nyaman untuk berkendara jarak jauh.

Bagi pengemudi dan penumpang di bagian depan, hal ini tidak menjadi masalah. Yang merasakan kurang nyaman adalah penumpang yang ada di bagian tengah dan terutama di bagian belakang. Legroom sangat sempit khususnya di bagian belakang.

Kekurangan ini dijawab oleh pabrikan Proton X70. Mobil ini tampak besar dan lebar dari luar. Dan ternyata bagian kabinnya pun lebar. Ini membuat nyaman siapa saja yang berada di dalam, entah itu di bagian depan, tengah, maupun belakang.

eksterior proton x70

Tentu bukan hanya satu atau dua faktor saja yang membuat Anda yakin untuk membeli mobil yang satu ini. Anda pasti ingin tahu apa saja yang ditawarkan. Karena ini pabrikan yang relatif baru di dunia industri otomotif di tanah air, maka penting bagi Anda untuk mendapatkan kepercayaan. Anda harus tahu juga apa saja fitur yang ditawarkan. Dan yang paling penting adalah bagaimana kekuatan mesin yang digunakan.

Baca juga: Deretan Mobil SUV di Bawah Rp100 Jutaan Berkualitas

Fitur yang Diterapkan di Mobil Proton X70

Anda pasti bertanya-tanya apa saja fitur yang sudah diterapkan pada mobil yang satu ini. Banyak fitur yang bisa membuat Anda tercengang. Akan tetapi, 4 fitur berikut ini yang pantas untuk Anda jadikan alasan kuat mengapa harus membeli mobil SUV asal Malaysia ini.

1. Mesin

mesin proton x70

Berapa kapasitas mesin yang diinstal di bawah kap mobil ini? Di bawah kap, terdapat mesin bensi 4 silinder turbocharged 1.8 liter TGDi. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis dengan enam kecepatan. Setelah melalui tes, mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 181 tenaga kuda dengan torsi 285 N dari perputaran 1.700 sampai 4.400 rpm. Dengan kekuatan ini, mobil ini siap dipakai perjalanan jauh ke luar kota dengan medan menanjak sekalipun.

Mobil ini ditawarkan dalam 4 varian, yaitu Standard 2WD, Executive 2WD, Executive AWD, serta Premium 2WD. Tinggal Anda pilih mana yang paling Anda sukai, apakah penggerak roda depan atau all-wheel drive.

2. Kabin yang Mewah

Jika dilihat dari luar, memang sepertinya tidak ada perbedaan antara Proton X70 ini dengan kebanyakan SUV. Namun, Anda akan berubah pikiran setelah masuk ke dalam kabin. Anda akan menemukan kursi yang dibalut dengan kain kelas premium berwarna cokelat muda. Begitu juga dengan warna di bagian pintu. Ini menambah keserasian antara komponen satu dengan yang lainnya untuk bagian interior.

kabin proton x70

Di bagian depan, Anda akan menemukan stir dengan desain palang tiga. Ada beberapa tombol di bagian kiri dan kanan setir supaya memudahkan Anda untuk mengontrol apa saja yang ada di mobil.

Di bagian dashboard, ada touchscreen yang cukup lebar. Ini membuat Anda lebih mudah mengontrol beberapa fitur. Ketika cuacan sedang bagus, Anda bisa membuka panoramic sunroof. Inilah yang membuat mobil ini benar-benar berkelas.

3. Advanced Driver Assistance System

Mobil mewah tidak hanya menawarkan kenyamanan, tapi juga keamanan dalam berkendara. Dan ini juga yang dilakukan oleh pabrikan dari Malaysia. Proton untuk seri X70 sudah dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System atau yang disingkat dengan ADSS. Fitur ini bisa membuat mobil mampu melakukan pengereman secara otomatis jika ada mobil yang tiba-tiba berada di posisi yang begitu dekat. Fitur ini disambungkan dengan kamera yang menghadap ke depan yang berada di atas kaca depan. Inilah yang memuat sensor yang membuat firu ADSS ini bisa melakukan pengereman secara otomatis.

Sistem pengereman yang diterapkan juga merupakan sistem pengereman yang paling modern, yaitu BAS dengan EBD. Beberapa fitur keamanan juga sudah diinstal sehingga mobil asal Malaysia ini mendapatkan bintang lima dari ASEAN NCAP safety rating.

4. Global Key User Interface

Anda butuh hiburan selama perjalanan? Jangan khawatir. Mobil ini sudah dilengkapi dengan Global Key User Interface. Terdapat fitur berupa TFT atau Thin Film Transistor dan juga 16GB internal storage. Sistem operasionalnya menggunakan Android yang merupakan sistem operasional yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia saat ini. Ketika Anda memutar musik, suara akan menyebar di seluruh kabin karena terdapat 8 speaker system di dalam kabin.

Baca juga: Mobil Lecet atau Tergores? Begini Cara Klaim Asuransinya!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Tertarik untuk membeli mobil ini? siapkan budget sekitar 450 juta rupiah. Karena harga untuk mobil ini kemungkinan dipatok di angka kisaran tersebut.

Sumber gambar: Youtube

Comments are closed.