Cari Tahu Penyebab Rem Blong Kendaraan Anda!

Mobil

Perawatan pada komponen mesin kendaraan menjadi hal yang wajib di perhatikan, termasuk komponen vital seperti rem. Perawatan diperlukan demi menghindari kejadian rem blong.

Rem merupakan komponen penting dalam setiap kendaraan. Fungsinya yang vital menjadikannya komponen khusus yang wajib di cek secara berkala. Fungsi rem secara umum adalah untuk memperlambat ataupun menghentikan putaran roda.

Rem yang tidak dirawat secara berkala berpotensi membuat komponen rem tidak layak pakai bahkan rusak. Kerusakan itu bisa menyebabkan rem blong, di mana rem tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tentunya, keadaan seperti itu sangat membahayakan diri Anda saat berkendara. Lalu apa saja yang menjadi penyebab rem mobil blong? berikut ini penjelasannya.

Penyebab Umum Rem Blong

penyebab rem blong

Oli Rem Mobil Habis

Penyebab rem mobil loss yang pertama adalah oli rem yang kurang atau habis. Kondisi minyak rem yang kurang tentu saja membuat kinerja rem menjadi tidak maksimal, hal ini karena minyak rem membantu terciptanya tekanan sampai ke piston atau caliper agar dapat menekan kampas.  Untuk itu, pastikan Anda selalu pantau kondisi volume oli rem, jangan sampai Anda menggunakan mobil saat oli rem sedang habis.

Anda juga perlu perhatikan apabila kondisi minyak rem Anda berkurang drastis dalam jangka waktu yang singkat. Hal ini bisa saja disebabkan oleh kebocoran pada sistem pengereman mobil Anda. Maka, untuk menghindari hal itu upayakan untuk melakukan pengecekan rutin setidaknya 2 minggu hingga satu bulan sekali.

Baca Juga: Yuk, Pahami Lebih Jauh Sistem Rem Mobil!

Bila jumlahnya kurang, maka Anda bisa menambahkannya hingga pada batas maksimalnya. Selain itu, gunakan oli rem yang berkualitas agar dapat merawat kondisi rem mobil Anda dengan baik.

Seal Piston Master Silinder Rusak

Kondisi seal piston master silinder juga menjadi salah salah satu penyebab rem yang blong. Seal piston master silinder yang sobek atau rusak biasanya dikarenakan faktor pemakaian yang sudah terlampau lama serta kurangnya kualitas oli rem yang digunakan, sebab oli rem yang tidak berkualitas akan membuat seal menjadi cepat rusak.

Untuk mengatasinya, jangan menggunakan oli rem yang berkualitas buruk karena hanya akan membuat kerusakan pada sistem pengereman.

Kampas Rem Aus

Kampas pada rem yang sudah aus membuat kerja rem tidak pakem, sehingga akan menimbulkan bunyi saat Anda sedang mengerem kendaraan. Namun, hal ini hanya terjadi pada mobil-mobil tertentu yang sudah dilengkapi dengan plat indikator.

Hal lain yang menandakan kampas rem aus yaitu apabila Anda mulai merasakan pijakan rem mobil sudah semakin dalam dan jauh dari biasanya, itu merupakan salah satu tanda kalau kampas rem mobil sudah aus dan berkurang.

Vapour Lock

Vapour Lock merupakan kondisi di mana minyak rem menguap yang disebabkan pengaruh dari kondisi mobil yang terlalu panas. Suhu yang terlalu panas inilah yang membuat oli rem mendidih dan timbul gelembung udara yang ada pada sistem pengereman, sehingga membuat kinerja rem tidak maksimal dan menjadi blong.

Baca Juga: Minyak Rem pada Mobil: Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Penyebab vapour lock ini juga biasanya berkaitan dengan kualitas oli rem yang buruk. Oli rem yang kurang bagus biasanya tidak tahan dengan suhu yang terlalu tinggi. Untuk itu, selalu lakukan pengecekan rutin pada mesin kendaraan serta gunakan oli rem yang paling pas untuk kebutuhan kendaraan Anda.

Piston Rem Rusak

sistem rem blong

Penyebab rem mobil blong lainnya dapat dikarenakan kondisi piston rem yang rusak atau macet. Hal ini akan membuat kinerja piston tak maksimal saat meneruskan tekanan hidrolik yang berasal dari pedal. Piston macet umumnya disebabkan oleh kotoran. Kototan tersebut bisa karena ampas sepatu rem nempel dan mengeras lalu jadi karat.

Lebih parahnya lagi, jika kotoran masuk ke seak.  Akibatnya, seal bocor atau piston baret. Kalau sudah begitu, maka akan sulit diperbaiki dan harus dikrom ulang atau ganti piston baru.

Sistem Pengereman Bocor

Beberapa komponen rem yang mengalami kebocoran tentu saja dapat menyebabkan rem mobil blong. Kebocoran yang terjadi pada master rem dan selang saluran rem membuat kemampuan dan elastisitasnya berkurang, biasanya hal ini disebabkan penggunaan kedua komponen itu yang sudah terlalu lama.

Selang Oli Rem Tersumbat

Kondisi selang oli rem yang tersumbat juga akan menganggu kerja sistem pengereman pada mobil Anda. Tersumbatnya selang rem ini bisa terjadi karena terlalu banyak kotoran yang ada di dalam oli rem. Kotoran ini bisa disebabkan karena kotoran yang masuk melalui tangki cadangan. Selain itu, oli rem yang kotor juga dikarenakan kualitasnya yang buruk, sehingga menghasilkan endapan.

Beberapa hal di atas tadi merupakan penyebab-penyebab yang paling sering terjadi pada rem mobil yang blong. Tentu saja, jika hal tersebut terjadi pada kendaraan Anda, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah segera bawa kendaraan ke bengkel terdekat untuk diperbaiki, Sehingga tak terjadi resiko yang membahayakan saat anda mengendarai mobil anda.

Tetapi, jika kendaraan Anda memiliki mobilitas tinggi, maka sebagai tindakan preventif hal di bawah ini bisa Anda lakukan.

Tindakan Pencegahan Rem Blong

pencegahan rem blong

Melakukan Pengecekan Secara Rutin

Pengecekan rutin sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin mobil yang sebenarnya. Sehingga Anda dapat mengetahui kerusakan apa yang terjadi pada mesin mobil Anda sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Menggunakan Minyak Rem Berkualitas

Tidak dapat dipungkiri, kualitas minyak rem sangat mempengaruhi kinerja dari semua komponen rem kendaraan. Rendahnya kualitas dari minyak rem akan menyebabkan kinerja rem tidak maksimal. Anda bisa memilih berbagai jenis minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.

Baca Juga: Cara Ampuh Membersihkan Lampu Mobil Berembun

Jenis-jenis minyak rem yang dijual di pasaran memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Anda bisa memilih minyak rem mulai dari tipe DOT 3 yang standar hingga DOT 5.1 yang berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, minyak yang berkualitas rendah juga tidak bisa tahan terhadap suhu yang terlalu panas. Sehingga menimbulkan gelembung udara dan terbentuklah endapan pada dinding atau selang mesin rem.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Segala kemungkinan yang terjadi bisa Anda minimalisasi dengan cara-cara di atas. Jangan lupa untuk selalu mengecek dan merawat kendaraan Anda secara berkala, agar tidak terjadi hal yang membahayakan diri Anda di kemudian hari.

Comments are closed.