Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil Tapi Menguntungkan

Mobil

Membangun bisnis rental mobil tidak perlu modal yang besar. Modal kecil pun bisa dilakukan dan kesuksesan masih tetap didapatkan. Bagaimana caranya?

Di era modern seperti sekarang, sejumlah layanan mulai diberikan. Tidak terkecuali dengan layanan sewa kendaraan roda empat. Menariknya, banyak sekali pengguna jasa yang membutuhkannya.

Pengguna jasanya juga beragam. Ada yang digunakan sebagai kendaraan pribadi. Ada pula yang digunakan untuk kendaraan wisata ataupun kendaraan antar jemput.

Beragamnya kebutuhan pengguna jasa membuat peluangnya semakin lebar. Anda yang terjun di dalamnya bisa meraup keuntungan di tiap harinya. Tapi Anda butuh rencana matang demi membangun bisnis rental mobil yang berkelanjutan. Di sini, kami akan tunjukkan bagaimana caranya membuka usaha rental kendaraan dengan modal minim. Mau? Simak caranya di bawah ini!

bisnis rental mobil

Tip Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil

Buat Keputusan Tepat untuk Membeli Sebuah Kendaraan

Ketika membangun usaha penyewaan kendaraan, Anda harus teliti saat membeli kendaraan. Jangan sampai membeli mobil sekehendak hati. Lalu, bisa jadi kendaraan itu malah akan rapi terparkir di garasi Anda saja.

Baca juga: Potensi Untung-Rugi Kredit Mobil untuk Taksi Online

Satu hal yang pasti, belilah mobil yang banyak diminati oleh pengguna jasa. Anda tentunya tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Kalau merasa kurang yakin, silahkan observasi di tempat penyewaan kendaraan lain sebelum membuka usaha.

Dari observasi di lapangan, Anda akan menemukan sejumlah kendaraan yang paling laris di mata para pengguna jasa. Anda bisa menirunya untuk pertama kali. Sambil jalan, Anda tentunya akan mendapatkan informasi baru. Misalnya saran dari pengguna jasa yang telah memanfaatkan bisnis Anda.

Selain memilih kendaraan, Anda juga disarankan untuk membeli mobil dalam keadaan baru. Lho, bukankah biayanya akan lebih mahal?

Memang. Tapi biaya yang Anda keluarkan akan menjadi investasi yang sangat baik. Mobil baru akan menjadi nilai plus di mata para pelanggan. Bisnis rental mobil Anda dinilai lebih lengkap dan lebih nyaman sehingga pengguna jasa akan lebih sering menggunakan layanan yang Anda tawarkan.

Tidak hanya itu saja, mobil baru lebih hemat perawatan. Perawatannya lebih murah, hanya di kisaran ganti oli atau perawatan yang lebih ringan.

Berbeda ketika Anda membeli mobil bekas. Keliru dalam menentukan mobil, Anda pasti akan menyesalinya. Misalnya harus sering ke bengkel untuk memperbaiki bagian-bagian kendaraan. Parahnya adalah harus mengganti sejumlah spare part yang biayanya sangat besar.

Untuk mengakali pembelian kendaraan baru, Anda bisa memanfaatkan pembelian secara kredit. Ini sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis rental mobil. Hal terpenting, bisnis bisa berjalan dengan baik.

asuransi mobil rental

Asuransikan Mobil Rental Anda

Sudah semestinya bagi pelaku bisnis penyewaaan mobil untuk mengasuransikan kendaraannya. Asuransi ini digunakan untuk melindungi mobil sebagai aset berharga bagi bisnis.

Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi dengan kendaraan di jalanan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kontrol Anda dalam mengatur jalannya kendaraan. Maksudnya, pengemudinya akan berbeda-beda, bukan dikendarai dengan supir yang Anda pekerjakan.

Ketika terjadi masalah benturan yang mengakibatkan mobil rusak, adanya asuransi membuat Anda lebih tenang. Anda sebagai pemilik bisnis rental mobil bisa meminta ganti rugi pada pihak asuransi. Jadinya, Anda tidak repot untuk memperbaiki sampai mengganti kendaraan yang telah rusak.

Baca juga: Perbandingan Asuransi All Risk dan TLO

 

Kenalkan Bisnis Pada Masyarakat Luas

Percuma Anda membangun bisnis bila tidak ditopang dengan promosi. Promosi sebuah bisnis memegang peranan penting. Setidaknya, promosi ini akan membuat bisnis Anda dikenal oleh masyarakat luas lebih cepat.

Menariknya, Anda bisa melakukan promosi ini dengan lebih mudah. Yakni memanfaatkan jejaring sosial. Contohnya Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengimbanginya dengan promosi menggunakan brosur. Semua jenis promosi bisa dimaksimalkan untuk menjangkau calon pengguna jasa. Ketika bisnis rental mobil Anda dikenal, akan datang satu persatu masyarakat yang berniat untuk memanfaatkan kendaraan yang Anda sewakan.

Berbeda jika tidak mempromosikannya. Bisnis yang dibangun akan lama dikenal. Parahnya, bisnis akan tergerus dan mengalami kemunduran dan kebangkrutan.

jasa sewa mobil murah

Buatlah Kesepakatan Dalam Menyewa Kendaraan

Perlu diingat bahwa bisnis ini punya risiko besar. Risikonya berupa kehilangan kendaraan. Ini akibat dari tidak adanya ketentuan untuk mengupayakan keamanan yang ditentukan oleh pelaku bisnis rental mobil.

Sudah banyak kasus pelanggan lari membawa kendaraan rental. Menyadari hal tersebut, ada baiknya Anda lebih waspada. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah perjanjian kala menyewa kendaraan.

Salah satunya adalah dengan meminta pelanggan untuk meninggalkan identitas diri. Kemudian tidak salah bila Anda memasang GPS di kendaraan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Daftar Go-Car? Ini Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Catat Keuangan Dari Transaksi yang Dilakukan

Dalam menjalankan bisnis rental mobil ataupun bisnis lainnya, laporan keuangan itu sangat diperlukan. Laporan inilah yang akan menjelaskan tentang gambaran kinerja dari sebuah bisnis. Dengan mengetahui laporan ini, Anda bisa mengevaluasinya.

Intinya, kelola uang dengan baik. Caranya adalah dengan mencatat seluruh transaksi yang telah dilakukan. Mulai dari catatan pemasukan uang sampai pengeluaran biaya.

Pengelolaan keuangan yang baik akan membuat bisnis menjadi lebih sehat. Jika keuntungan didapatkan, Anda bisa menambah kendaraan sebagai bagian dari pelebaran sayap bisnis.

Tetapi bila ditemukan adanya kurang greget dalam bisnis, Anda bisa meningkatkan strategi pemasaran. Promosi bisa ditingkatkan untuk membuat pelanggan semakin banyak. Bahkan iming-iming mengenai tarif sewa yang murah ataupun layanan yang lebih nyaman bisa dilakukan.

Kesemuanya bisa dilakukan bila Anda tahu laporan keuangan. Maka dari itu, pastikan untuk membuat laporan tersebut. Salah satunya adalah dengan mempekerjakan orang yang memang mahir dalam urusan tersebut.

Kesimpulannya, bangunlah usaha dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat. Kemudian, promosikan dan kelola keuangan dengan baik. Dengan begitu, bisnis rental mobil ini akan terus berkembang pesat beriringan dengan waktu.

Comments are closed.