Jadilah Sales Mobil yang Baik dengan Cara Ini!

Mobil

Sales mobil sering dianggap sebelah mata. Padahal, jika memiliki kemampuan menjual dan sikap yang baik, hal ini akan memengaruhi penjualan.

Showroom mobil, baik yang resmi maupun tidak, pasti memiliki tujuan yang sama, yaitu menjual mobil. Namun, proses penjualan mobil ini rasanya akan sulit direalisasikan tanpa adanya seorang sales mobil. Sales mobil adalah orang yang bekerja di sebuah showroom untuk menawarkan produk pada calon pembeli.

Memang, ada banyak faktor yang dapat membuat sebuah mobil laku terjual, tapi peran sales ini tak bisa dikesampingkan. Semakin baik seorang sales, semakin besar pula kemungkinan mobil yang dijual akan laku.

Lalu, bagaimana cara menjadi sales mobil yang baik agar mobil yang jual dapat dibeli oleh pelanggan? Simak satu per satu penjelasannya di bawah ini!

Kiat Menjadi Sales Mobil yang Baik

Promosi Melalui Media Sosial

Penyampaian informasi melalui dunia maya khususnya melalui media sosial memang memiliki banyak keunggulan. Efisiensi waktu, tenaga, dan biaya menjadi faktor utama pemilihan cara ini. Informasi dapat dilihat ribuan pengguna dalam waktu singkat. Konsepkan dan desain semenarik mungkin untuk mengundang perhatian calon pembeli.

Baca juga: Kredit Mobil Syariah, Pembiayaan Bebas Bunga dan Riba

Kualitas gambar yang diunggah pun harus baik dan diambil dari beberapa sudut pandang. Berikan keterangan yang mendeskripsikan kondisi fisik produk secara lengkap, rinci, dan detail. Gunakan bahasa yang baku dan mudah dimengerti, serta dikemas menjadi kalimat singkat. Jangan lupa menyertakan harga, sistem pembayaran (kredit/tunai) dan cara pemesanan.

Iklankan Produk Melalui Media Cetak

Meski sudah mulai ditinggalkan, nyatanya peran media cetak dalam beriklan masih tetap tinggi. Pilihan yang paling cocok bagi sales mobil guna mengiklankan produk yakni media yang terbit harian, yaitu koran. Sistem yang digunakan ialah kontrak selama periode waktu tertentu, biasanya per bulan.

Pembeli pasti menyesuaikan selera dengan kemampuan finansial yang dimiliki ketika hendak membeli mobil. Keterangan mengenai harga dan spesifikasi produk bisa dilihat di koran. Jadi bila tertarik, maka mereka akan langsung mendatangi dealer atau menghubungi kontak yang disertakan.

Perpanjang Rantai Mitra

Klub atau komunitas mobil merupakan sasaran empuk untuk menemukan calon pembeli dengan jumlah banyak. Minimal jaringannya merangkul seluruh penguna mobil yang setipe pada taraf nasional. Bila seorang sales berhasil mengajak ketuanya untuk bekerja sama, maka rantai mitra ini akan terus berjalan. Berikan komisi jika mobil berhasil terjual melalui perantaranya.

Rekomendasi berawal dari rasa puas yang dirasakan oleh pembeli. Nilai positif ini kemudian diceritakan kepada orang lain. Tingkat keyakinan secara otomatis meningkat karena bukti sudah ada. Testimonial berperan melancarkan aksi Anda sebagai anggota tim sales. Infokan siapa saja nama-nama yang telah membeli produk tersebut, mungkin salah satunya merupakan orang yang dikenal.

Gunakan Cara Presentasi

Presentasi berarti memberikan sesuatu berbentuk data kepada pembeli. Memang mobil yang Anda jual bisa saja sudah memiliki data berbentuk flyer atau selebaran. Tetapi, yang paling penting saat melakukan penjualan langsung terhadap pembeli adalah selalu tuliskan kelebihan-kelebihan mobil tersebut di dalam suatu kertas di depan calon pembeli mobil yang Anda jual.

Para calon pembeli cenderung lebih mempercayai apa yang mereka dapat lihat daripada apa yang mereka dengar. Dengan memberikan detail seperti di atas, maka Anda bisa meraih kepercayaan klien. Artinya, Anda sudah satu langkah mencapai kesepakatan saat menjual mobil.

Baca juga: Istilah dalam Simulasi Kredit Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Kontak Mata

Memandang lawan bicara akan meningkatkan rasa kepercayaan dan ini pun memperlihatkan bahwa Anda benar-benar yakin akan produk yang sedang Anda jual. Penjualan mobil merupakan penjualan dalam skala besar, sehingga suksesnya penjualan akan ditentukan oleh Anda sebagai mediator dan juga wajah dari perusahaan.

Jangan Pernah Tinggalkan Klien

Ketika sedang berjualan jangan pernah meninggalkan klien untuk mengecek hal lain. Ketika Anda meninggalkan si calon pembeli atau klien, maka akan membuat mereka berpikir dua kali dan ragu untuk melakukan pembelian. Tentu saja ini berlaku untuk pembeli potensial dan juga yang bukan.

Pembeli potensial butuh diyakinkan untuk membeli suatu barang. Dengan tetap bersama klien, Anda dapat membuat klien tetap terarah pada satu tujuan, membeli mobil. Selama bersama Anda keragu-raguan klien dapat hilang dan ada kemungkinan besar Anda dan klien mencapai kesepakatan dan Anda berhasil menjual mobil.

Gunakan Humor

Saat berjualan selalu selipkan sedikit humor untuk mencairkan suasana. Suasana hati yang baik dapat mendukung si klien untuk lebih mempercayai Anda. Kebanyakan orang akan membuat keputusan lebih cepat ketika tidak berpikir terlalu serius dan akhirnya Anda dapat mencapai kesepakatan.

Selalu Tersenyum dan Positif

Pembeli adalah raja, maka Anda sebagai penjual haruslah memberikan pelayanan terbaik. Dengan memberikan senyum ramah dan attitude yang positif, maka Anda sudah mendapatkan tempat di hati para calon pembeli. Banyak para pembeli yang kembali kepada para penjual yang memiliki pelayanan ramah dan dapat menyebarkan aura positif kepada mereka.

Orang-orang seperti ini cenderung mendapat klien lebih banyak daripada yang tidak. Dengan selalu tersenyum apa pun hasil dari penjualan yang Anda lakukan dapat pula memperbaiki suasana hati Anda.

Baca juga: Ingin Mencicil Mobil? Pahami Syarat Kredit Mobil ini!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Gunakan Percakapan yang Efektif

Dalam menyambut para calon pembeli, selalu gunakan percakapan yang efektif. Ketika para calon pembeli Anda datang, perhatikanlah cara berjalan mereka, pakaian yang mereka pakai, jam tangan, sepatu mereka, kalung, wajah. Dari semua hal ini, Anda selalu bisa membuat suatu percakapan. Tanyakan bagaimana kabar mereka, apakah mereka sudah menikah, tujuan dari membeli mobil, berikan pula tip-tip kecil yang Anda ketahui yang berhubungan dengan minat mereka.

Percakapan seperti ini membuat para klien merasa penting dan didengarkan. Rata-rata klien pasti ingin didengarkan. Klien atau calon pembeli ini cenderung membalas percakapan yang efektif daripada sekeadar penjualan mobil semata.

Menjadi sales mobil memang bukan pekerjaan mudah. Namun, dengan menerapkan poin-poin di atas, kemungkinan mobil yang Anda jual pun menjadi lebih besar tentunya.

Comments are closed.