Sebelum Membeli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Mobil

Jangan gegabah, sebelum membeli pastikan Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari mobil hybrid.

Seiring perkembangan zaman, dunia otomotif khususnya mobil pun ikut berkembang bahkan terbilang cukup pesat. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya jenis-jenis mobil yang beredar hingga saat ini. Mobil hybrid menjadi salah satu mobil yang sedang tren bahkan banyak mencuri perhatian masyakarat. Pasalnya, mobil jenis ini mampu mengalahkan ketenaran dari jenis mobil MPV, City Car, dan SUV karena kecanggihannya yang mencapai dua kali lipat dari mobil biasa.

Hingga saat ini, sudah banyak merek mobil yang mengeluarkan jenis hybrid ini, seperti Toyota, Honda, Nissan, Lexus, dan masih banyak lagi. Di balik ketenarannya, mobil hybrid memiliki keuntungan dan juga kekurangan yang perlu Anda ketahui. Untuk Anda yang berencana ingin membeli, tetapi belum mengetahui keuntungan dan juga kekurangan dari mobil hybrid, berikut ini ulasan selengkapnya.

Kelebihan Mobil Hybrid

Ada beberapa kelebihan dari mobil hybrid yang pastinya tidak ada di jenis mobil lain, seperti irit bahan bakar, ramah lingkungan, mesin halus dan minimnya getaran, dan masih banyak lagi. Selengkapnya akan dibahas satu persatu.

Hemat Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar untuk mobil jenis hybrid ini tentu jauh lebih irit dibandingkan mobil non-hybrid. Hal ini dikarenakan mobil jenis ini memiliki dua mesin, yaitu mesin bahan bakar BBM yang dipadukan dengan mesin bertenanga listrik. Nyatanya perpaduan kedua mesin ini mampu melengkapi kekurangan di mesin konvensional (nonhybird) yang cenderung lebih boros bahan bakar.

Ramah Lingkungan

Mobil yang memiliki teknologi hybrid ini terbukti ramah lingkungan karena emisi gas buang atau limbah hasil pembakaran yang dihasilkan tergolong sangat rendah. Bahkan asap yang dikeluarkan cenderung tidak terlihat sehingga tidak menimbulkan polusi yang berlebihan.

Suara Mesin Halus dan Minimnya Getaran

Jika memiliki mobil hybrid, Anda akan merasakan suara mesin yang halus dan hampir tidak ada getaran yang sering dirasakan pada jenis mobil lain. Sebab, mobil yang jenis ini memiliki kombinasi mesin listrik yang mampu meminimalisir suara mesin dan juga getaran.

Kekurangan Mobil Hybrid

Di balik kelebihan, tentu ada kekurangannya, lho. Nah, agar Anda tidak merasa tertipu jika nantinya memiliki mobil jenis ini, berikut ini ulasan kekurangan dari mobil jenis hybrid yang perlu Anda ketahui:

Harga Beli Mobil yang Mahal

Dikarenakan memiliki kecangihan dua kali lipat dibanding jenis mobil non-hybrid, harga beli mobil ini terbilang cukup mahal dibandingan mobil biasa lainnya. Selain kecanggihannya, harga mobil ini bisa mahal dikarenakan tingginya biaya produksi yang hampir semua komponen mobil ini harus diimpor dari luar negeri.

Biaya Perawatan yang Mahal

Perawatan mobil yang memiliki teknologi hybrid hanya bisa dilakukan di dealer resmi. Hal ini dikarenakan jarangnya teknisi yang mengerti jenis mobil hybrid. Ini yang menjadi faktor biaya perawatan mobil jenis hybrid cukup mahal.

Beresiko di Daerah Rawan Banjir

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil ini, pastikan dulu daerah rumah Anda tidak termasuk daerah yang rawan banjir. Sebab, mobil hybrid memiliki komponen atau rangkaian listrik yang sangat beresiko jika terkena banjir.

Setelah membaca artikel ini, pasti Anda sudah tahu bukan kelebihan dan kekurangan dari mobil berteknologi hybrid. Jadi, sebelum membeli pastikan dulu jika Anda bisa menerima bukan hanya kelebihan, tetapi juga kekurangan.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.