Sebelum Mencoba Off-Road Kenali Dulu Berbagai Tipe Mobil Off-Road

Mobil

Untuk mengikuti kegiatan off-road tentunya mobil yang digunakan juga tidak sembarangan, apa saja tipe mobil off road yang memiliki daya jelajah optimal?

Bagi para penggemar hobi off-road memiliki mobil yang bisa melaju kencang di jalan saja tidaklah cukup. Banyak pabrikan otomotif yang berusaha memproduksi mobil off-road terbaik, hal ini untuk memenuhi segala kebutuhan tersebut. Sehingga tak jarang mobil off-road juga dilengkapi dengan konfigurasi mesin yang berbeda dengan mobil di kelas lainnya. Tujuannya agar mobil off-road mampu optimal dalam menghasilkan performa di berbagai medan yang akan dilewati. Bagi para penggemar hobi off-road, dapat menaklukan jalur dengan kondisi jalan yang sulit merupakan kepuasan tersendiri.

Pada mobil off-road sendiri terdapat beberapa tipe kendaraan, sebagian besar jenis kendaraan yang diproduksi bertipe sport utility vehicle atau SUV. Beberapa mobil yang bertipe ini dirancang khusus untuk menjelajahi medan off-road, akan tetapi juga memiliki kemampuan menaklukan jalanan kota yang mulus. Mobil dengan tipe SUV pada umumnya memiliki bodi yang kokoh dengan tampilan desain yang garang, pada bagian mesinnya juga sangat berkualitas untuk memompa tenaga yang maksimal. Ditambah bagian kabin interior yang dirancang untuk memberikan kenyamanan, sehingga tak jarang banyak disematkan fitur mewah dalam modil tipe off-road ini.

Lalu apa saja mobil yang laik untuk dijadikan sebagai kendaraan off-road? Untuk lebih jelasnya simak tulisan di bawah ini.

Nissan Frontier PRO-4X

tipe mobil off road

Source Photo: cdn motorsport

Nissan Frontier PRO-4X merupakan mobil yang sengaja dikonfigurasikan untuk off-road. Mobil ini memiliki mesin yang menakjubkan, dengan mengandalkan 4.0 liter V6 engine dengan fitur 24 katup. Kemampuan mesin ini memiliki tenaga hingga mencapai 261 hp, selain itu torsi yang dihasilkan mencapai angka 281 lb-ft.

Mobil ini mampu menaklukan medan off-road yang terjal, juga dilengkapi dengan sistem suspensi yang inovatif yang mampu meredam terjalnya medan yang harus dilalui.

Toyota 4Runner TRD Pro

tipe mobil off road

Source Photo: car and driver

Toyota tak mau ketinggalan juga dalam mengeluarkan produk mobil off-road, yaitu 4Runner TRD Pro yang diperuntukan untuk para penyuka hobi off-road untuk memenuhi hasrat-hasrat saat melewati medan yang sulit. Tenaga mobil ini mencapai 20 hp yang diproduksi oleh 4.0 liter V6 engine, sehingga bisa menghasilkan banyak tenaga. Pada sistem transmisi juga disematkan perpindahan gigi manual dengan 5 tingkat kecepatan. Walaupun tampilan luarnya terlihat garang, tapi pada bagian dalamnya terlihat modern dan nyaman.

Jeep Wrangler

tipe mobil off road

Source Photo: pinterest

Berikutnya adalah produsen Jeep sebagai sebuah mobil yang identik dengan off-road, adalah mobil bertipe Jeep. Salah satunya adalah Jeep Wrangler yang telah mendunia, keunggulan mobil adalah bodinya yang ringkas dan kuat. Untuk mesin yang ada pada mobil ini yaitu 3.6 liter V6 engine. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 285 hp. Untuk tenaga yang dikeluarkan lebih banyak yang mampu menghasilkan torsi 26 lb-ft. Pada sistem keamanannya, kendaraan ini dilengkapi dengan fitur keamanan standar seperti air bag dan brake assist.

Land Rover LR4

tipe mobil off road

Source Photo: Autoreview

Berikutnya adalah pabrikan asal Inggris yang telah lama berada di dalam persaingan mobil off-road terbaik dunia. Keunggulan dari mobil yang diproduksi oleh Land Rover ini terdapat pada desain bertipe crossover. Mobil ini dapat melintas jalanan beraspal secara cepat kemudian menaklukan medan off-road sekaligus. Untuk mesin yang digunakan yaitu 3.0 liter V6 engine dengan inovasi Supercharged. Memiliki transmisi otomatis dengan 8 tingkat kecepatan dan mampu mengeluarkan tenaga sebanyak 340 hp.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Mercedes Benz G Class

tipe mobil off road

Source Photo: Dealerfire

Mercedes Benz pabrikan besar kenamaan asal Jerman ini juga memiliki mobil untuk pasaran off-road terbaik, dengan model andalannya Mercedes Benz G Class. Memiliki kapasitas mesin 4.0 liter V8 engine dengan fitur biturbo, yang mampu memproduksi hingga 416 hp dan torsi sebanyak 450 lb-ft. Seperti kebanyakan mobil lain keluaran Mercedez, masalah kecepatan merupakan prioritas utama. Mobil ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 60 mph hanya dalam kurun waktu 5.8 detik saja.

Comments are closed.