Sebentar Lagi Perpanjang STNK 5 Tahunan untuk Mobil? Begini Cara Mudahnya!

Mobil

Perpanjang STNK 5 tahunan untuk mobil itu mudah kok. Anda hanya perlu melewatkan beberapa tahapan berikut ini.

Di Indonesia, ada dua kebijakan yang harus dilakukan oleh masyarakat pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil, yaitu perpanjang STNK setiap tahun dan 5 tahun sekali. Mungkin untuk perpanjang STNK tahunan Anda sudah cukup mengerti, namun bagaimana untuk perpanjang STNK 5 tahunan?

Sebenarnya secara umum perpanjangan STNK setiap tahun dan 5 tahunan hampir sama. Perbedaannya hanya pada beberapa proses tambahan yang harus dilalui. Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan ketika perpanjang STNK 5 tahunan untuk mobil. Sebelum berangkat ke kantor Samsat, berikut ini tahapan-tahapan yang harus Anda ketahui:

Dokumen yang Harus Dibawa

Ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebagai salah satu syarat perpanjang STNK 5 Tahunan. Berikut ini dokumennya:

  • STNK yang asli dan juga foto kopiannya
  • Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran yang Asli
  • KTP asli dan foto kopianya sesuai dengan nama yang tercantum pada STNK
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Sebenarnya untuk perpanjang STNK 5 tahunan tidak diwajibkan membawa BPKB. Namun, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tetap dibawa.

Baca juga: Proses dan Syarat Perpanjang STNK Online

Periksa Kelengkapan dan Kondisi Mobil

Sangat disarankan ketika Anda melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan, wajib untuk membawa mobil yang bersangkutan. Sebab, tahap pertama yang harus dilalui adalah pengecekan kondisi fisik mobil agar Anda mendapatkan formulir ceklis sebagai kelengkapan syarat untuk ke tahap berikutnya.

Siapkan Uang Tunai

Perlu diingat jika kantor Samsat tidak melayani pembayaran non-tunai. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan uang tunai secukupnya untuk biaya perpanjang STNK 5 tahunan.

Datang Lebih Awal

Setiap harinya kantor Samsat selalu ramai dikunjungi. Oleh karena itu, agar Anda tidak mendapatkan nomor antrian yang jauh dan lama menunggu, sangat disarankan untuk datang lebih awal.

Sekarang sudah tahukan proses perpanjang STNK 5 tahunan untuk mobil? Nah, agar tidak ada kesalahan di kantor Samsatnya, pastikan Anda sudah memahami tahapan-tahapan di atas ya.

Comments are closed.