Sejarah Lamborghini: Kisah Epik dan Rivalitas dengan Ferrari

Mobil

Lamborghini adalah produsen supercar kelas dunia Siapa sangka dibalik kesuksesannya sejarah Lamborghini amat lah epik. Nama besarnya kini adalah buah dari rivalitasnya dengan Ferrari.

Berbicara sejarah Lamborghini artinya juga membicarakan Ferrari. Sebab lahirnya Lamborghini tak lain karena kehadiran Ferrari yang ada lebih dulu. Sejarah epic mewarnai perjalanan Lamborghini dan Ferrati hingga keduanya kini dikenal sebagai rival dalam pembuatan sport car. Padahal, jauh sebelumnya keduanya adalah teman.

Lantas bagaimana seorang teman dapat menjadi rival karena perkara mobil? Mari simak dari perjalanan sejarah Lamborghini menjadi perusahaan mobil super.

Sejarah Lamborghini

Lamborghini adalah merek mobil yang dibangun oleh Ferruccio Lamborghini, seorang pria berkebangsaan Italia. Jauh sebelum menciptakan mobil super pertamanya, Lamborghini adalah pengusaha traktor yang punya label Lamborghini Trattori. Ia terlahir dari keluarga petani anggur yang kaya, sayangnya bisnis anggur tidak mengalir dalam darahnya.

cerita sejarah lamborghini

Alih-alih meneruskan usaha keluarga, ia malah membuka usaha pada bidang mekanik yang tergolong bidang baru yakni pembuatan traktor. Ia mengambil mesin-mesin militer tua yang sudah menjadi bangkai, dan menggunakannya kembali untuk dirangkai menjadi mesin traktor. Ya, seluruh bahan yang ia gunakan merupakan sisa-sia peninggalan saat ia bertugas di Angkatan Udara selama Perang Dunia II.

Baca juga: Lamborghini Urus, SUV Premium dari Italia yang Memukau

Tak disangka bisnis traktornya membuatnya jadi miliuner. Layaknya orang kaya pada umumnya, iapun mulai mengubah gaya hidupnya jadi lebih mewah. Salah satunya adakah hobinya membeli beberapa mobil mewah, termasuk Ferrari. Lamborghini mengaku punya Hasrat khusus terhadap mobil dan senang beradu adrenalin dengan kecepatan.

Sebagai pria yang punya pengetahuan dalam bidang mekanik dan berhasrat dengan kecepatan, Lamborghini menilai mobil Ferrari harus mengalami perubahan. Menurutnya mobil buatanFerrari terlalu bising dan sangat kasar ketika dikendarai. Ia juga menilai ada masalah kopling yang mesti diperbaiki dan interior yang kurang nyaman.

Padahal saat itu selama tahun 1960-an, mobil-mobil Enzo Ferrari menjadi yang terdepan dalam mobil-mobil sport mewah. Karena ia adalah seorang mekanik yang sangat baik, Lamborghini memutuskan untuk memberi tahu Ferrari tentang ketidaksempurnaan yang ia temukan di mobilnya. Sayang, Ferrari tidak sependapat. Kritik Lamborgini pun menjadi penabuh genderang perang keduanya.

Konflik dengan Enzo Ferrari

Nyatanya saran yang dilontarkan Lamborghini dianggap Ferrari sebagai sebuah penghinaan. Ia tidak terima seorang mekani traktor yang jauh lebih rendah darinya berbicara tentang kekurangan dan ketidaksempurnaan produk-produk Ferari. Ia, meyakini Lamborghini tidak tahu apa-apa tentang mobil. Secara gamblang Ferrari menyampaikan kepada Lamborghini bahwa ia tidak membutuhkan saran dari seorang mekanik traktor.

sejarah mobil lamborghini

Di sinilah titik awal sejarah si pabrikan supercar legendaris dimulai. Ya, ia berupaya membalas hinaan Ferrari dengan menciptakan mobil sport yang lebih baik. Mobil yang mulanya hanya sekedar hobi justru menjadi lini bisnis utamanya. Dia melihat penghinaan Ferrari sebagai pendorong untuk menciptakan mobil mewah versinya sendiri. Lamborghini mulai merancang berbagai model mereknya sendiri. Hanya dalam empat bulan, ia akhirnya meluncurkan Lamborghini 350 GTV di Turin Motor Show pada Oktober 1963. Pada akhir 1964, Lamborghini telah menjual 13 mobil pertamanya. Nama itu akhirnya berubah menjadi 350 GT.

Setelah Lamborghini membawa persaingan ke Ferrari, ia memutuskan untuk mengejar bisnis lain dan ia menjadi orang yang sangat kaya sebelum ia berusia 50 tahun. Pada awal 1960-an, Lamborghini menjadi sekuat dan sekaya Ferrari. Meski berhasil menciptakan produk saingan, namun kala itu masih banyak pihak memandang sebelah mata kepada Lamborghini. Banyak yang berjudi bahwa Lamborghini tak akan berusia lama dengan bisnis mobilnya. Nyatanya, Lamborghini masih tegak berdiri hingga saat ini.

Proyek Pertama Lamborghini

Dalam sejarah Lamborgini proyek pertamanya adalah yang paling mencuri perhatian. Lamborghini mulai mengerjakan proyeknya pada tahun 1962, dan pada Mei 1963 ia secara resmi mendirikan Automobili Ferruccio Lamborghini. Dia memutuskan untuk membeli sebidang tanah di Sant’Agata Bolognese. Di sebidang tanah ini ia membangun pabrik besar baru untuk bisnis mobilnya.

Pengalamannya sebagai pengusaha traktor ternyata memberikan andil terhadap pesatnya kemajuan bisnis Lamborghini. Sejarah dengan mobil mewahnya tak akan ada tanpa hal ini. Ia dapat mendirikan salah satu fasilitas terbaik untuk perusahaan mobilnya. Menurut para pakar fasilitas tersebut memiliki struktur fungsional dan batuan padat sehingga tidak tertandingi.

Agar mimpinya menciptakan supercar terwujud, Lamborghini menarik eks pegawai Ferrari Giotto Bizzarrini. Keduanya berhasil menciptakan mobil dengan mesin paling mumpuni pada saat itu, dengan bantuan dua insinyur muda Giampaolo Dallara dan Giampaolo Stanzani, Lamborghini akhirnya merilis 350 GT di Turin Motor Show. Itulah sejarah bagaimana Lamborghini menciptakan mobil super pertamanya sebagai ajang balas dendam kepada Ferrari.

Fakta Unik Lamborghini

Bukan hanya sejarahnya yang epik, segala hal mengenai produsen supercar ini juga begitu menarik perhatian. Beberapa fakta menarik mengiringi sejarah berdirinya Lamborghini hingga saat ini, berikut diantaranya:

Baca juga: Lamborghini Veneno Roadster: Mobil Canggih dengan Harga Fantastik

Melibatkan banyak desainer kenamaan

Lamborghini telah berkolaborasi dengan banyak desainer . Beberapa desainer yang pernah bekerja atau berkolaborasi dengan Lamborghini adalah Touring, Bertone, Marcello Gandini, ItalDesign, Franco Scaglione, Mario Marazzi, dan Zagato. Tidak semua desainer ini awalnya bekerja di industri otomotif. Sebagai contoh, Mario Marazzi adalah pembina pelatih Italia. Inilah yang menjadikan produk Lamborghini bukan hanya unggul dalam mesin namun juga nyaman digunakan.

Mobil pertamanya diluncurkan tanpa mesin

sejarah karir lamborghini

Mengapa Lamborghini langsung menjadi pusat perhatian diawal kemunculannya? Tak lain karena presentasi unik mereka di gelaran Geneva Motor Show 1966. Ya Lamborghini memajang mobilnya tanpa mesin, karena saat itu timnya memang belum menyelesaikan tahapan terakhir yakni memilih mesin yang ideal.

Sebagai gantinya, ia justru menjelaskan kepada pengunjung soal mesin apa yang akan ia usung nantinya dan bagaimana kualitasnya memengaruhi kecepatan mobil. Tak dianyana cara ini berhasil menarik minat para jutawan untuk membeli Lamborghini pertama, Lamborghini 350 GTV.

Desainnya Terinspirasi dari Pesawat Tempur

Beberapa desain mobil Lamborghini terinspirasi oleh pesawat tempur. Gaya potongan baja telah menjadi tampilan khas Lamborghini dan pada awalnya desainer Filippo Perini yang bertanggung jawab atas desain ini. Perini mengakui bahwa ia terinspirasi oleh pesawat tempur, terutama pesawat F-22 dan B-2 Amerika.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Lamborghini Countach Diproduksi selama 16 Tahun

Salah satu model yang diproduksi dalam waktu Panjang adalah Lamborghini Countach. Ini pertama kali diproduksi pada tahun 1974 dan perusahaan masih memproduksi mobil ini pada tahun 1990. Ada delapan model Countach Lamborghini; Countach prototipe LP500, Countach LP400, Countach LP400 S, Countach LP500 S, Countach LP Turbo S, Countach 5000 Quattrovalvole, 25 Anniversary Countach, dan Walter Wolf Countach. Selama 16 tahun Lamborghini memproduksi Countach, mereka memproduksi 2.042 mobil.

Baca juga: Fantastiknya Museum Lamborghini di Sant’Agata Bolognese

Comments are closed.