Selain DP Mobil dan TDP Apa Saja Istilah Kredit Mobil Lainnya ?

Mobil

Banyak sekali istilah yang mungkin pernah Anda dengar saat kita ingin beli mobil secara kredit, seperti DP mobil dan TDP. Yuk, lebih jauh mengenal istilah-istilah lainnya.

Saat hendak membeli mobil, akan ada banyak istilah yang biasa digunakan mengenai simulasi kredit mobil. Seperti DP mobil, TDP mobil, dan banyak lagi lainnya. Selain itu, ada juga beberapa isitilah yang sebenarnya tak begitu asing di telinga para penikmat otomotif. Nah, jika sewaktu-waktu Anda ingin beli mobil dan sedang melihat-lihat brosur daftar harga mobil ada baiknya mengenal istilah dari berbagai transaksi dan simulasi kredit kendaraan roda empat tersebut. Nah, berikut ini berbagai macam istilah kredit yang bisa Anda pahami.

Baca juga: Ini Strategi Mengikuti Lelang Mobil Agar Tidak Tertipu

OTR (On The Road)

Ketika Anda melihat daftar harga pada tabel simulasi cicilan kredit mobil, biasanya tertera harga OTR, maksudnya adalah On The Road. Di mana kendaraan telah laik jalan, karena sudah dilengkapi surat-surat seperti STNK dan BPKB. Harga OTR sudah termasuk harga beli ditambah biaya pengurusan surat-surat kendaraan, termasuk juga biaya balik nama.

Sementara kalau OTR atau Off The Road yaitu harga beli mobilnya saja, hal ini tidak termasuk dokumen-dokumen yang telah disebutkan diatas.

DP (Down Payment)

Mungkin Anda tak asing lagi mendengar istilah down payment (DP) yaitu uang muka. Hal ini diartikan biaya yang harus dibayarkan di awal sebagai tanda jadi pembelian. Untuk melakukan kredit, setidaknya anda harus membayar DP mobil  sebesar 25-30 persen dari harga beli mobil yang telah disepakati.

TDP (Total Down Payment)

Berikutnya ada istilah TDP atau total down payment. Jadi TDP ini dihitung dari penjumlahan antara DP, biaya provisi (jasa kredit), asuransi, dan angsuran kredit pertama. Nah, pada angsuran kredit pertama ini bisa saja dibayarkan dengan DP. Namun, bisa juga tidak.

Baca juga: Tip Membeli Mobil di Bursa Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

ADDM (Angsuran Dibayar di Muka)

Maksud dari ADDM itu sendiri adalah angsuran dibayar di muka yang mengharuskan si pembeli membayar angsuran pertama bersama DP. Ini berarti juga ADDM membuat TDP menjadi lebih tinggi, tapi tenor pinjamannya berkurang satu kali. Contoh, saat Anda mengambil tenor pinjaman selama satu tahun, maka Anda cukup membayar angsuran selama 11 kali lagi.

ADDB ( Angsuran Dibayar di Belakang)

Jika Anda merasa simulasi pembayaran ADDM memberatkan, Anda bisa juga menggunakan skema ADDB. Ini berarti angsuran dibayar di belakang. Sehingga TDP-nya bisa sedikit lebih ringan, dengan tenor pinjaman tetap. Sehingga angsuran pertamanya akan dibayarkan di bulan berikutnya.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Asuransi All Risk

Selain membayar harga mobil dan bunga pinjaman, asuransi juga bisa dimasukkan ke dalam simulasi kredit. Ada dua jenis asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih, yang akan dibahas pertama adalah asuransi all risk. Asuransi ini bisa melindungi semua jenis kerusakan sesuai yang tertera pada polis. Umumnya biaya preminya berkisar antara 1,5-3 persen dari harga OTR mobil per tahun.

Asuransi TLO (Total Loss Only)

Asuransi ini hanya melindungi mobil dari kerusakan di atas 75 persen saja atau kehilangan. Biaya premi per tahunnya sekitar satu persen dari harga OTR.

Jaminan Fidusia

Jika beli mobil secara kredit, ada juga biaya jaminan fidusia. Penjelasan jaminan fidusia ini adalah perjanjian utang piutang kreditur kepada debitur yang melibatkan penjaminan. Nantinya, jaminan ini kedudukannya masih dalam penguasaan pemiliki jaminan.

Ini berarti ketika debitur (pihak yang mengajukan kredit) macet pembayarannya, maka pihak kreditur (leasing) memiliki hak eksekusi langsung. Untuk besaran biaya jaminan fidusia itu berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp100 ribu, tergantung dari harga kendaraan yang Anda beli.

Comments are closed.