Seperti Apa Sih Teknik Nano Coating Pada Mobil?

Mobil

Melapisi cat mobil dengan nano coating, merupakan bentuk perawatan mobil yang jadi favorit saat ini. Seperti apa sih proses nano coating pada mobil itu?

Salah satu risiko saat menggunakan mobil adalah kondisi di jalan raya yang bisa terkena debu dan juga air hujan. Kedua kondisi tersebut bisa menimbulkan munculnya jamur di permukaan cat sehingga bodi mobil bisa rusak. Saat ini banyak sekali bengkel salon mobil yang menawarkan berbagai perawatan terbaik. Salah satu bentuk teknik perawatan bengkel mobil adalah teknik nano coating yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh pada bodi mobil. Hasilnya bisa membuat cat terlihat mengilap dan warnanya tidak memudar, pada lapisan coating juga bisa memberikan perlindungan cat sehingga lebih tahan terhadap goresan (scratch resistance).

Teknik Coating Mobil dengan Nano Coating

Apa itu teknik coating mobil dengan nano coating? Teknik nano coating pada mobil tersebut adalah memberikan proses perlindungan pada cat yang sifatnya tahan lama dan permanen.

Proses Nano Coating pada Mobil

Pada proses nano coating, mobil dicuci terlebih dahulu dengan sampo khusus mobil hingga bersih. Kemudian jamur dan kotoran yang melekat di permukaan cat akan dihilangkan menggunakan obat pembersih khusus. Berikutnya adalah pengangkatan sisa-sisa minyak dari proses sebelumnya. Nah, setelah semua permukaan cat benar-benar bersih maka selanjutnya memasuki tahap coating. Caranya dengan mengoleskan cairan alica pada seluruh bodi mobil dari bodi kanan, kiri, belakang hingga bagian kap mesin.

Cara Kerja Coating Nano Ceramic

Berikutnya adalah cara kerja lapisan nano coating, yang akan melindungi lapisan cat mobil agar warnanya tetap terjaga. Dengan begitu cat mobil akan tetap mengkilap, tidak mudah kotor dan tahan goresan.

Lapisan nano coating itu merupakan lapisan yang sangat tipis, transparan dengan ketebalan partikel berukuran 0.000000001 meter. Kemudian dioleskan pada permukaan cat yang nantinya cairan alica tersebut akan masuk ke pori-pori cat kemudian mengeras secara cepat. Pada efek proses lapisan ini bisa membuat cat hampir tidak memiliki pori-pori, yang akan mirip keramik. Setelah pori-pori cat tertutup, maka air serta debu atau kotoran tidak akan mudah menempel pada permukaan cat yang bisa membuat mobil lebih mudah dibersihkan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Perlindungan maksimal dari nano coating ini sangat terbukti ketika mengendarai mobil di area kotor dan berlmpur. Cukup dibersihkan dengan air saja, maka kotoran yang menempel bisa dilenyapkan dengan menyemprotkan air pada bodi mobil. Kemudian bisa dikeringkan menggunakan kain serat fiber atau kanebo.

Itulah proses untuk nano coating pada mobil, yang biasanya banyak tersedia di bengkel salon mobil. Untuk proses pengerjaan memang tidak mudah, karena lebih bisa dipercayakan kepada ahli dan para profesional yang bekerja pada bengkel mobil

Comments are closed.