Sliding Door: Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Merawatnya

Mobil

Sliding door merupakan solusi bagi pemilik mobil yang sering parkir di tempat yang minim ruang. Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Teknologi pada mobil semakin hari semakin berkembang pesat. Tak melulu dari segi mesin, perihal bagian sederhana pada mobil pun ikut di-upgrade, salah satunya adalah pintu. Dulu, pintu mobil hanya ada satu jenis, yaitu dibuka ke luar. Tapi, sekarang ini, banyak sekali model pintu mobil, salah satu yang paling banyak diterapkan oleh mobil-mobil kekinian adalah konsep sliding door.

Sliding door merupakan pintu mobil yang sistem buka-tutupnya bukanlah ke luar, melainkan bergeser ke samping. Tentu, hal ini akan memudahkan pemiliknya saat ingin masuk ke dalam mobil terlebih saat parkir di tempat yang minim ruang.

Sliding door sama seperti pintu mobil jenis lainnya, ada kelebihan dan juga kekurangannya. Terlebih, untuk pintu model geser ini, pemiliknya perlu melakukan perawatan lebih agar pintu tidak bermasalah atau rusak.

Baca juga: Bengkel Ketok Magic Amankah? Seperti Apa Cara Kerjanya?

Agar tahu lebih dalam seputar pintu geser, mari kita mulai bersama dengan kelebihannya terlebih dulu di bawah ini!

Keunggulan Sliding Door

sliding door mobil

Pintu model geser ini terdapat dua varian, yakni manual dan otomatis. Untuk yang manual, pengguna harus menarik dan mendorong sendiri. Pintu geser otomatis cara pengoperasiannya cukup dengan menyentuh tombol. Pintu akan secara otomatis terbuka maupun tertutup dengan sendirinya.

Kemunculan pintu geser memudahkan pengguna mobil saat parkir. Pada model pintu biasa, daun pintu kadang sulit dibuka dan menyenggol mobil sampingnya. Pintu yang terbuka secara horizontal, atau tidak melebar membuat pengguna mobil jadi lebih mudah keluar masuk.

 

Keunggulan pintu geser yang lain, lebih gampang tertutup rapat. Untuk pintu biasa yang menyamping, kadang perlu ditutup ulang atau agak dibanting karena kurang kencang. Untuk mobil kelas menengah atas, pabrikan juga telah memasangi suatu sensor keselamatan pada pintu geser. Sensor ini akan bekerja menahan pintu yang akan menutup ketika ada benda, atau anggota badan. Dengan demikian, risiko terjepit pintu lebih minim.

Kelemahan Mobil Pintu Geser

kelemahan mobil pintu geser

Berbeda dari pintu biasa yang hanya membutuhkan engsel dan kunci pengait, pintu geser butuh rel dan penyangga. Inilah yang perlu diperhatikan oleh pemilik mobil. Seringkali bagian bearing tidak terlumasi dan rel berkarat karena tidak pernah diperiksa. Jangan sampai, pintu malah macet saat dibuka tutup karena tidak terawat.

Kelemahan lainnya yaitu pada ketiadaan sensor keselamatan di pintu geser mobil-mobil menengah bawah, seperti blind van atau low MPV. Pengguna harus lebih hati-hati jangan sampai pintu tiba-tiba tertutup atau menjepit anggota tubuh saat sedang menutup.

Baca juga: 4 Cara Mudah Memperbaiki Pintu Mobil Penyok

Cara Merawat Sliding Door agar Lebih Awet

Pintu geser memang memiliki risiko kerusakan yang cukup besar. Namun, jika kita melakukan perawatan dengan baik dan benar, masalah pada pintu model ini sangatlah kecil untuk terjadi. Jadi, jika Anda memiliki mobil yang berpintu geser, lakukan tips berikut agar pintu lebih awet dan tidak mudah rusak.

Cek Kondisi Rel Pintu Geser

Hal pertama yang harus dilakukan adalah perhatikan kondisi rel pintu geser. Saat membersihkannya, sebaiknya Anda gunakan lap khusus yang lebih halus karena kotoran kecil saja bisa mempengaruhi kondisi rel pintu geser.

merawat mobil pintu geser

Gunakan lap bersih untuk membersihkannya dan jangan lupa semprotkan cairan khusus seperti pelumas semprot untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas. jangan lupa perhatikan juga bagian-bagian dalam rel pintu geser barang kali ada kotoran seperti daun yang masuk dalam bagian rel pintu geser.

Beri Pelumas Gemuk di Bagian Pintu dan Rel

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah olesi bagian rel dengan gemuk (sejenis pelumas pasta yang menggandung paraffin). Hindari penggunaan gemuk yang menggandung oli karena oli sendiri akan membuat debu mudah menempel. Jangan pula gunakan oli semprot untuk rantai motor karena bukannya membersihkan, justru hal tersebut akan membuat rel pintu geser menjadi lebih cepat kotor.

Cek dan Rawat Bearing

Kemudian, yang perlu dilakukan berikutnya adalah cek dan rawat kondisi bearing. Bila pintu geser mulai menggeluarkan bunyi yang tidak biasa, maka sudah saatnya Anda melakukan perawatan pada bearing. Lumasilah bearing dengan hati-hati, usahakan pelumas tidak menetes ke bodi mobil. Jika pelumasnya menetes ke bodi, segera bersihkan dengan kain halus lalu siram dengan air lalu bilas lagi sampai kering.

Masalah yang terjadi pada langkah satu ini adalah pelumas menetas ke berbagai bagian karena kurang telitinya pemilik kendaraan dalam memberikan pelumas di rel pintu geser.

Baca juga: Toyota Sienta: Mobil MPV dengan Konsep Desain Elegan!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Menghemat Aki untuk Sliding Door Elektrik

Langkah satu ini dilakukan jika mobil yang Anda miliki menggunakan pintu geser elektrik. Satu hal yang perlu Anda lakukan tak lain adalah menghemat aki agar dapat menggunakan pintu geser lebih lama. Jika dalam kondisi menyala pintu sering dibuka-tutup, tak masalah. Tapi, jangan lakukan hal tersebut saat mesin dalam keadaan mati. Hal ini dapat membuat aki menjadi tekor.

Satu lagi, jangan paksa pintu geser agar bergerak lebih cepat. Faktanya, hal tersebut tak membuat pintu lebih cepat bergeser, malah lebih banyak memakan daya pada aki

Hindari Benturan

Terakhir yang perlu dilakukan untuk merawat pintu geser adalah dengan menggurangi benturan. Benturan yang dimaksud adalah jangan ada benturan keras saat menutup pintu mobil. Hentakan yang keras akan merusak bukan hanya pintu saja, tapi juga dapat merusak pengait pintu dan bahkan lebih buruknya, patah. Lebih baik tutup pintu dengan pelan dan teratur.

Selain itu, perhatikan apakah ada barang yang tersangkut di dekat pintu atau bagian rel pintu. Jika ada barang yang terlihat, sebaiknya dipindahkan agar tidak merusak sistem kerja pintu geser di mobil Anda.

Nah, sekarang sudah tahu secara mendalam seputar sliding door. Jika mobil Anda menggunakan pintu ini, alangkah baiknya untuk mengikuti cara perawatannya di atas agar tidak mudah rusak ya!

Comments are closed.