Smart Fortwo: Apa Menariknya Mobil Mungil Ini?

Mobil

Mobil mungil satu ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar. Tertarik dengan Smart Fortwo?

Banyak yang memprediksi Smart Fortwo ini bakal laris di pasaran, terutama pasar Indonesia. Harga yang murah dan desain yang kecil dirasakan sesuai dengan kebutuhan para pecinta otomatif Indonesia.

Memang mobil kecil ini didesain untuk mereka yang tinggal di area perkotaan. Kebanyakan, area perkotaan itu selalu macet. Sulit untuk mencari tempat parkir. Sementara, mereka yang berada di area perkotaan memiliki mobilitas tinggi.

Dari sinilah tercetus ide untuk membuat mobil Smart Fortwo. Sayangnya, ide yang awalnya sangat realistis tersebut tidak begitu diterima dengan baik. Faktanya, tidak banyak pembeli mobil mungil ini.

Tentu banyak sekali faktor penyebabnya. Namun, untuk Anda yang mungkin ingin mengendarai mobil yang beda dengan kebanyakan di Indonesia, tidak salah jika Anda memilih mobil Smart Fortwo ini.

Baca juga: Fakta Menarik Soal Mercedes Benz Indonesia yang Patut Anda Ketahui

Spsifikasi Mobil Mungil Smart Fortwo

Melihat Sisi Eksterior Smart Fortwo

Tidak banyak yang bisa diulas dari bagian eksterior mobil ini. Mungkin, bagian yang memiliki fitur canggih adalah bagian depan. Ada headlamp dengan desain yang kelihatannya seperti bumerang. Di bawah headlamps, ada dua grille. Pertama, grille atas di mana ada logo Smart Fortwo. Kedua, grille bawah yang sejajar dengan foglamps.

Secara fungsi, fitur tersebut sudah cukup untuk pengendara. Secara fungsi, mobil ini dibuat untuk membantu mobilitas orang perkotaan tanpa harus menonjolkan sisi elegan. Oleh sebab itu, fitur yang bersifat fungsional saja yang disematkan pada mobil mungil ini.

Bagaimana dengan sisi samping? Mobil ini hanya diperuntukkan untuk dua penumpang saja. Maka dari itu, hanya ada dua pintu, yaitu pintu di samping kiri dan kanan.

Coba Anda lihat dari kejauhan. Maka bagian samping mobil ini terlihat berbentuk trapesium. Agar mempercantik bagian samping, ada semacam frame yang membingkai jendela. Bingkai tersebut berupa akses yang warnya berbeda dengan warna bodi utama.

Bagian belakang tampak begitu minimalis. Hanya ada lampu stop dan sein yang terpisah. Di bagian atas, ada stoplamp yang terlihat seperti roof spoiler.

Fitur yang Disematkan Pada Bagian Interior

Sekarang, kita lanjut pada bagian kabin. Anda mungkin berpikir mobil mungil ini memiliki kabin yang sempit. Sebenarnya tidak. Silakan saja Anda masuk dan rasakan. Kabin tidak terlalu sempit. Cukup lega bagi orang Indonesia yang rata-rata memiliki tinggi sekitar 170 centimeter.

Di bagian depan, ada dashboard dan stir. Dashboard terlihat minimalis. Terbuat dari material fabric. Terdapat audio double din di mana Anda bisa menyalakan radio. Ada juga USB Port jika Anda ingin memutar musik dengan menggunakan flash disk dan ada juga AC control.

Di bagian stir, ada aksen silver. Ini yang membuat mobil ini terlihat sedikit lebih stylish. Jadi, stir tidak polosan dengan satu warna saja. Untuk mengganti transmisi, ada fitur Paddle Shift.

Sama halnya dengan dashboard, kursi juga terbuat dari fabric. Ini dilakukan agar ada kesan keserasian antara dashboard dengan warna kursi.

Meskipun mungil, mobil Smart Fortwo ini juga didesain agar ada bagasi. Di bagian belakang, memang tidak ada jok lagi. Akan tetapi, ada bagasi yang cukup besar. Anda bisa taruh koper, tas besar, sepatu, atau barang-barang lainnya di bagasi ini.

Secara fungsional, mobil ini sudah sangat fungsional. Untuk Anda yang tidak ingin repot mencari tempat parkir di area perkotaan besar, mobil ini tepat untuk Anda pilih.

Baca juga: Deretan Mobil Mewah Atta Halilintar, Mana Kesukaan Anda?

Menilik di Bawah Kap Smart Fortwo

Tentunya Anda juga ingin tahu bagaimana mesin yang digunakan untuk mobil kecil ini. Kendaraan ini memang dibuat untuk digunakan di area perkotaan saja, maka mesin yang digunakan tidak begitu besar. Mesinnya memiliki 3 silinder 12 katup DOHC VVT dengan kapasitas 999 cc.

Kenapa kecil sekali? Karena memang mobil ini dibuat untuk mempercepat mobilitas orang di perkotaan yang macet. Mereka tidak perlu bergerak cepat. Asalkan ada kendaraan yang kecil yang bisa diandalkan. Itulah mengapa Smart Fortwo memiliki mesin kecil.

Dan sebenarnya ada keuntungan lainnya. Dengan mesin yang kecil, Anda tidak perlu takut boros BBM. Mobilitas Anda setiap hari terus bisa Anda lakukan tanpa harus takut boros BBM. Jadi bisa hemat, kan?

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil di Futuready

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Berapa Uang yang Harus Anda Siapkan?

Mungkin ini salah satu faktor yang membuat mobil yang digadang-gadang laris manis ini ternyata tidak laku. Harganya cukup mahal untuk mobil kecil dengan fitur minimalis ini.

Kabarnya, mobil Smart Fortwo ini dibandrol dengan harga sekitar Rp170 juta. Sebenarnya, dengan uang sebesar ini, pecinta otomotif sudah bisa membawa pulang mobil LCGC seperti Honda Brio yang lebih bagus dan sedikit lebih besar.

Namun, tentu tidak salah jika Anda membeli mobil mungil. Jangan hanya mempertimbangkan harga. Pertimbangkan juga kelebihan dari mobil yang satu ini.

Dengan mobil kecil, Anda bisa lebih efektif ketika melakukan mobilitas di area perkotaan yang penuh dengan kemacetan. Anda bisa parkir meskipun tempat sempit.

Dan yang terpenting, karena cc mobil ini rendah, Anda tidak perlu takut dengan BBM. Mobil ini sangat irit. Mobil ini tidak akan membebani pengeluaran Anda walaupun Anda gunakan setiap hari.

Nah, sekarang Anda pilih sendiri. Apakah Anda benar-benar yakin untuk membeli Smart Fortwo ini? Cek Futuready.com untuk menemukan berbagai pilihan asuransi mobil Anda. Proteksi kendaraan ini akan membuat perjalanan Anda semakin aman dan nyaman.

Comments are closed.