Spesifikasi dan Harga Honda Civic Estilo

Mobil

Honda Civic Estilo merupakan hatchback yang cukup disegani di era 1990-an. Meski lawas, nyatanya mobil ini masih diburu oleh cukup banyak orang.

Umumnya, semakin baru sebuah mobil, maka semakin banyak penggemarnya. Hal ini tak lain karena banyaknya fitur canggih serta perkembangan yang diterapkan pada mobil keluaran terbaru. tak heran pula jika harga mobil keluaran terbaru pun terbilang cukup mahal.

Tapi, nyatanya tak semua orang tertarik pada mobil keluaran terbaru. Faktanya, tak sedikit orang yang mengincar mobil keluaran lama yang memiliki reputasi yang baik bagi para pecinta mobil. Honda sebagai salah satu produsen mobil dunia pun memiliki banyak mobil keluaran lama yang masih jadi primadona cukup banyak pecinta mobil. Salah satu varian yang paling banyak diburu adalah Honda Civic Estilo.

Mobil yang lahir di era 1990-an ini memililki daya tarik yang kuat. Tak hanya dari penampilan luarnya yang keren, nyatanya mesin mobil satu ini bisa dibilang tidak ketinggalan zaman meski sudah berumur lebih dari 20 tahun dan banyaknya teknologi terbaru yang ada pada dunia otomotif saat ini.

Mobil Civic Estilo merupakan mobil varian civic yang lahir sebagai mobil hatchback. Sebenarnya, mobil ini merupakan saudara kembar dari Honda Civic Genio. Hanya saja, dari keduanya yang membedakan hanya jenisnya saja. Jika Honda Civic Genio lahir dengan jenis sedan, lain halnya Honda Civic Estilo dilahirkan dengan jenis hatchback atau city car.

Spesifikasi mobil satu ini sama persis yang digunakan pada Honda Civic Genio yang mana keduanya menggunakan mesin berkapasitas 1600cc 4 silinder 16 valve. Perbedaannya hanya pada bagian bentuknya saja, untuk dapur pacu semuanya sama.

Baca juga: Apa Saja Deretan Mobil Termahal di Dunia 2019?

Penasaran bagaimana spesifikasi Honda Civic Estilo? Mari kita simak bersama di bawah ini!

Spesifikasi Honda Civic Estilo

Walaupun untuk sekarang ini Honda Civic Estilo bukan kategori mobil hatchback baru namun secara tampilan, mobil ini tetap terlihat ciamik dan sporty. Honda Civic Estilo sering menjadi pilihan masyarakat yang ingin memiliki mobil hatchback dengan harga yang terjangkau. Bisa dibilang, mobil satu ini dibanderol dengan harga yang cukup murah. Mari kita lihat spesifikasi lengkapnya satu per satu.

Eksterior dan Dimensi

Selain dikemas dengan tampilan yang stylish, Honda juga mengemas mobil ini dengan ukuran yang sangat ideal untuk ukuran sebuah mobil hatchback. Mobil ini memiliki panjang sebesar 4070mm, lebar 1695mm dan tinggi 1350mm, kemudian untuk ukuran jarak poros rodanya sebesar 2570mm. Bobot kosong mobil ini sebesar 970 kg, cukup ringan untuk sebuah mobil hatchback. Namun, keuntungan bobot yang ringan ini membuat Honda Civic Estilo sangatlah ringan saat melakukan akselarasi.

Sementara untuk tampilan luarnya, bagian depan mobil ini terlihat sporty berkat headlamp yang dibuat agak menonjol serta kap yang agak menurun ke bawah. Sedangkan untuk bagian sampingnya, mobil ini terlihat stylish berkat lekukan garis yang membujur pada bagian tengah.

Baca juga: Ingin Mengajukan Kredit Mobil Disetujui? Ini Tipnya!

Sisi Interior

Dengan tampilan eksterior mobil ini yang sporty, city car satu ini bisa dibilang memiliki sisi interior yang berkelas. Untuk penggunaan fiturnya pun mobil ini sudah cukup modern, ada pun beberapa fitur pada mobil ini yang sudah menggunakan teknologi yang modern di antaranya penggunaan seatbelt with pretensioner and force limiter. Fitur lainnya yang sudah cukup modern yaitu pada bagian sistem audionya, hanya saja untuk penggunaan layar LCD belum ada.

Dapur Pacu

Untuk menunjang kebutuhan akselarasi yang cepat dan handling yang sempurna, mobil hatchback ini disenjatai dengan mesin tipe 4 silinder segaris SOHC 16 katup. Sementara, untuk sistem bahan bakarnya sudah menggunkan teknologi PGM-FI yang membuat mobil ini irit bahan bakar.

Adapun untuk perbandingan kompresi mobil ini sebesar 9,1 :1, sedangkan untuk tenaga maksimal yang dapat dikeluarkan mobil ini sebesar 120hp/6300rpm dan torsinya 14,3kgm/5500rpm. Tenaga tersebut disalurkan dengan sistem transmisi manual sinkromes 5 kecepatan manual.

Dimensi

  1. Panjang: 4070mm
  2. Lebar: 1695mm
  3. Tinggi: 1350mm
  4. Bobot: 970kg
  5. Wheelbase: 2570mm
  6. Kapasitas Tempat Duduk: 5 Orang

Sasis

  1. Suspensi Belakang: Independent, 4 whell double wishbone
  2. Suspensi Depan: Independent, 4 whell double wishbone
  3. Rem Belakang: Cakram Berventilasi
  4. Rem Depan: Cakram
  5. Ukuran Ban: 185/60 VR14

Mesin

  1. Jenis Mesin: 4 silinder segaris SOHC 16 katup
  2. Sistem Bahan Bakar: PGMI (Fuel Injection)
  3. Isi Silinder: 1590 cc
  4. Transmisi: 5-speed manual
  5. Diameter x Langkah: 75 x 90 mm
  6. Torsi Maksimum: 14,3kgm/5500rpm
  7. Daya Maksimum: 120hp/6300rpm

Kekurangan Honda Civic Estilo

Belum Menggunakan Mesin VTEC

Kekurangan yang pertama pada mobil ini yaitu belum menggunakannya mesin VTEC. Ya, hal ini terjadi karena mobil satu ini merupakan mobil lama di mana teknologi VTEC belum lazim digunakan pada masanya.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Spesifikasi dan Harga Honda Accord

Tanpa Console Box

Selain belum menggunakan Mesin VTEC, kekurangan lainnya yaitu belum adanya console box. Jikalau sudah menggunakan console box pasti lebih memudahkan penumpang atau pengemudi dalam menyimpan sesuatu.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Kualitas Bahan Interior Sangat Rendah

Satu hal yang cukup disayangkan dari mobil ini yaitu masih menggunakan kualitas bahan material untuk penggunaan interior yang sangat rendah. Ada pun bagian interior yang menggunakan material yang rendah diantaranya dashboard, doortrim, dan jok.

Biaya Pajak Mahal

Sama halnya dengan mobil sedan, biaya pajak Honda Civic Estilo tergolong cukup besar. Mengingat mobil ini merupakan keluaran lama, pajak kendaraan yang tinggi membuat mobil ini memiliki biaya pajak yang hampir sama dengan mobil keluaran terbaru.

Dari spesifikasi yang sudah dijabarkan di atas, baik dari kelebihan maupun kekurangannya, Honda Civic Estilo ini dibanderol dengan harga kurang lebih Rp95 juta. Bagaimana, tertarik untuk membeli mobil hatchback satu ini?

Comments are closed.