Spesifikasi dan Kelebihan Isuzu Panther

Mobil

Isuzu Panther adalah salah satu mobil keluarga favorit pada masanya. Selain nyaman, mobil ini terbilang gahar dengan mesin dieselnya.

Bisa dibilang, Era 1990 hingga awal 2000 menjadi era keemasan Isuzu. Bagaimana tidak, pada tahun tersebut, pabrikan mobil asal Jepang ini menjadi salah satu raja mobil di kelas MPV. Siapa yang tidak mengenal Isuzu Panther? Mobil berkapasitas delapan penumpang ini menjadi pesaing berat Toyota Kijang pada masa itu.

Satu hal yang membuat mobil ini istimewa tak lain, karena mesin yang ditanamkan berbeda dengan mobil kebanyakan, yakni diesel. Di kala hampir semua mobil keluarga menggunakan mobil bermesin bensin pada masa tersebut, mobil satu ini justru dengan bangga menggunakan mesin diesel.

Hebatnya, hal tersebut nyatanya disambut positif oleh para pengguna mobil di tanah air. Penggunaan mesin diesel membuat mobil ini lebih bertenaga di jalanan dibandingkan para pesaingnya. Terlebih, harga bensin diesel pun cenderung lebih murah dibandingkan dengan varian bensin lain.

Baca juga: Murah dan Berkualitas, Inilah Spesifikasi Toyota Calya

Apa saja yang menjadi kelebihan mobil satu ini? Mari kita simak bersama-sama!

Kelebihan Isuzu Panther

Kelebihan dari mobil ini adalah mesinnya yang andal, mampu melaju kencang pada jalan menanjak, dan irit bahan bakar. Mobil ini diklaim sudah terpasang teknologi bahan bakar injeksi, Isuzu memang bintangnya mesin diesel yang sudah terbukti produknya digunakan pada transportasi beser seperti truk, kapal, dan peralatan berat lainnya. Dan rumornya, Isuzu juga memproduksi mesin diesel untuk produsen mobil lainnya, seperti Holden dan Chevrolet, tidak heran jika mobil ini begitu istimewa di hati konsumennya.

Seperti yang telah diutarakan di atas bahwah salah satu kelebihan mobil ini adalah mampu mengangkut banyak penumpang dan barang. Kapasitas penumpang dan pengemudi bisa diisi delapan orang, mobil ini memang mengusung konsep mobil keluarga yang begitu digemari oleh masyarakat di Indonesia.

Isuzu Panther diproduksi pertama kali pada 1991 dan sudah memiliki generasi penerus yakni pada 1991 hingga 1996. Setelah itu, muncul generasi berikutnya mulai 1996 hingg 2000, berlanjut kemunculanya pada tahun 2000-2005, dan generasi keempat 2005.

Spesifikasi Isuzu Panther

Isuzu Panther 1991 mengusung mesin berkode c223 berkapasitas mesin 2238 cc OHV dengan teknologi indirect injection. Dengan pembekalan ini mampu menghasilkan tenaga hingga 58 dk pada putaran mesin 4500 Rpm. Ada empat tipe dari Panther generasi pertama yakni tipe Hi Grade, Royale, Total Assy, dan Standart. Keluaran selanjutnya yakni pada tahun 1997 merupakan generasi kedua memiliki kapasitas mesin 2500 cc OHV dengan direct injection dan lebih meningkat 86 dk pada putaran 3900rpm. Tipe Standar, Deluxe, Royal, Grand Royal, New Royal, Hi sporty, Hi-grade, dan New Hi-grade.

Pada era 2000-an, mobil ini memiliki spesifikasi mesin sama dengan generasi 1997 yang memiliki kode 4ja1 2500 cc OHV direct injection namun tidak lagi memuat mesin diesel karena dinilai tidak ramah lingkungnan. Pada generasi ini memang memiliki tampilan yang cukup dinamis sehingga sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya, tetapi tetap tertanam ciri khas Isuzu Panther pada bagian lampu depan. Dengan mengusung tipe dari generasi ketiga ini yatitu SM , LM, SV, LV, SS, LS, Touring, dan Grand Touring.

Baca juga: Mazda 6 Pesaing Berat Produsen Mobil di Kelas Sedan

Pada 2005, mobil ini melakukan berbagai perubahan untuk memperbaiki kekurangannya mulai merombak spesifikasinya sebagai inovasi baru di persaingan otomotif mobil. Untuk dapur pacu, mesin tetap menggunakan dengan generasi sebelumnya, hanya saja untuk beberapa tipe menggunakan mesin baru diberi turbo agar lebih ramah lingkungan dan sesuai dengan standar EURO. Bagian lampu didesain lebih modern dan perubahan pada grill yang terlihat lebih mewah. Generasi ini mengusung tipe Smart FF, Smart, LV FF, LV, LS Turbo, Touring, dan Grand Touring.

Kekurangan Isuzu Panther

Tentu, setiap mobil pasti memiliki kekurangan. Hal ini pun berlaku pada Isuzu Panther. Apa saja yang menjadi kekurangan mobil keluarga yang tangguh ini?

Interior Minim Fitur

Kekurangan yang sering dikeluhkan oleh banyak orang yaitu sangat minimnya fitur interior. Namun, kekurangan tersebut dapat tertutupi dengan kemasan ruang kabin yang begitu nyaman dan luas sehingga walaupun fitur interior minim namun para penghuni masih tetap merasa nyaman.

Fitur Keamanan Minim

Selain fitur interior yang minim, kelemahan lainnya yaitu fitur keamanan yang minim. Hal ini sebenarnya sangat disayangkan mengingat performa mobil yang begitu gahar harusnya juga didukung fitur keamanan yang lengkap.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Akselerasi Jelek

Kekurangan terakhir yang terasa yaitu akselerasi jelek yang disebabkan beban mobil terlalu berat dan memang mobil ini lebih tangguh jika pada jalanan yang berkarakter pegunungan. Jadi, saat mobil ini digunakan untuk perkotaan, akselerasinya sangatlah jauh dari kata memuaskan.

Baca juga: New Toyota Innova Mobil Keluarga yang Sempurna

Tak heran jika mobil ini umumnya laris digunakan oleh orang-orang yang tinggal di daerah yang bermedan cukup esktrim dengan banyak tanjakan dan turunan serta jalanan yang rusak.

Banyaknya jenis mobil ini membuat Isuzu Panther memiliki harga yang beragam. Mulai dari keluaran era 1990-an, mobil ini dibanderol dengan harga sekitar Rp40 juta. Untuk versi 2000-an, mobil ini dilabeli dengan harga kurang lebih Rp90 juta. Sedangkan untuk keluaran terbaru, harga yang dipatok untuk mobil ini terbilang cukup tinggi, yakni mencapai Rp250 juta.

Dengan spesifikasi, kelebihan serta kekurangannya, apakah menurut Anda mobil tersebut pantas dilabeli dengan harga yag disebutkan di atas? Tapi, satu hal yang pasti, mesin diesel Tangguh buatan Isuzu rasanya tak akan pernah lekang oleh waktu meski umurnya sudah tidak lagi muda.

(Sumber Foto: http://www.isuzu-astra.com/media.php?sc=wallpaper)

Comments are closed.