Ini Waktu yang Tepat Melakukan Spooring Balancing

Mobil

Spooring balancing merupakan salah satu perawatan yang harus dilakukan secara berkala supaya mobil Anda tetap dalam kondisi prima.

Bukan hanya menjaga mesin mobil terus prima, tetapi ada komponen-komponen lain yang harus Anda perhatikan untuk membuat mobil Anda menjadi lebih nyaman. Salah satunya adalah menjaga kondisi kaki-kaki mobil tetap dalam kondisi terbaik.

Untuk menjaga kondisi kaki-kaki mobil Anda tetap dalam kondisi yang prima, sangat disarankan Anda jangan pernah lupa untuk melakukan servis rutin. Servis rutin kaki-kaki yang dimaksud, yaitu servis rutin khusus kaki-kaki mobil, di luar servis bulanan seperti pergantian oli mesin, gardan ataupun sistem pengereman.

Spooring balancing merupakan salah satu servis kaki-kaki khusus untuk roda mobil. Bahkan biasanya service ini juga dijadikan paket dengan rotasi ban mobil dan pengecekan kaki-kaki mobil. Namun, masih ada yang belum memahami arti dari servis ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan lengkapnya!

Pengertian Spooring

Spooring adalah pekerjaan atau penyetelan sudut sudut geometri roda depan atau belakang kendaraan (chamber, caster, toe) yang dapat disetel agar selaras dan disesuaikan tujuannya.

Pengertian Balancing

Balancing diartikan menstabilkan putaran ban dengan menambahkan pemberat pada velg.

Manfaat Spooring Balancing

Jika dilihat dari kedua artinya, tentu antara spooring dan balancing memiliki keterkaitan. Selain memberikan kenyamanan, masih ada banyak manfaat lain dari spooring dan balancing sebagai berikut ini:

  1. Meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.
  2. Menghemat pemakaian ban.
  3. Menghemat pemakaian bahan bakar.
  4. Menghindari keausan yang tidak merata pada ban.
  5. Kendali mobil menjadi lebih stabil.
  6. Posisi stir dapat segera kembali lurus setelah belok.
  7. Menghilangkan suara berdecit pada ban ketika belok.
  8. Menyelaraskan kelurusan roda kemudi.
  9. Meningkatkan kestabilan dalam berkendara.
  10. Menjaga keawetan kaki-kaki atau understeel mobil.

Ciri-Ciri Ban Mobil Perlu Spooring Balancing

Ciri-ciri ban mobil perlu melakukan spooring balancing ini ditandai dengan beberapa ciri dan biasanya akan terasa saat Anda mengendarai mobil tersebut. Hal yang paling umum dan mudah diketahui adalah setir yang terasa bergetar saat Anda tengah mengemudi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan setir menjadi bergetar, yaitu salah satunya dikarenakan roda depan langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi sehingga tingkat keausan roda depan dan masalah yang ada lebih cepat dirasakan dibandingkan roda belakang.

Selain tiu, spooring dan balancing dibutuhkan jika Anda merasakan mobil yang Anda kendarai selalu bergerak ke arah tertentu. Salah satu cara ampuhnya untuk mengetahui gelaja ini, yaitu ketika berkendara di jalanan lurus dan mendatar (dan jalanan aman dengan kecepatan pelan saja) cobalah melepas setir kemudi mobil Anda. Jika mobil perlahan berbelok ke arah tertentu, maka itulah salah satu gejalanya mobil butuh servis spooring balancing. Mobil yang membutuhkan spooring balancing juga dapat terlihat dari keausan ban mobil yang kurang seimbang dan kurang wajar. Hal ini dapat dilihat dari tapak atau bulu ban yang mulai menipis dan didominasi pada sebagian tempat saja.

Ciri lainnya bahwa mobil Anda membutuhkan spooring dan balancing adalah ketika Anda mulai merasakan setir kemudi terasa lebih berat dari biasanya atau bisa juga ketika Anda membelokkan setir kemudi, dan setir kemudi tidak mau kembali lurus ke posisi semula saat kemudi dilepaskan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Waktu Terbaik Mobil Melakukan Spooring

Mobil sebaiknya segera dilakukan spooring dan balancing jika Anda sudah merasakan ketidaknyamanan dalam berkendara seperti ciri-ciri yang sudah dijelaskan di atas. Namun, jika Anda termasuk salah satu orang yang sering sekali membawa mobil servis di bengkel resmi, biasanya orang-orang bengkel akan mengecek terlebih dahulu dan mendata apa saja yang harus diperbaiki. Jika memang Anda belum merasakan adanya ciri-ciri di atas, tetapi pihak bengkel sudah mengharuskan Anda untuk melakukan spooring balancing, sebaiknya turuti saja. Hal ini semata-mata hanya untuk menjaga kondisi mobil tetap prima.

Berapa Estimasi Biaya Spooring dan Balancing?

Untuk estimasi biaya masing-masing bengkel dan juga merek mobil memiliki harga yang berbeda-beda. tergantung di mana Anda melakukan spooring dan balancing. Jadi, jangan samakan harga di bengkel resmi dan bengkel biasa ya. Keduanya memiliki harga yang berbeda dan perbedaan harga itu biasanya berdasarkan bahan baku dan juga cara pengerjaannya.

Nah, itulah beberapa informasi seputar spooring dan balancing yang perlu Anda ketahui. Ada baiknya, lakukan perawatan spooring secara berkala tiap jarak tempuh per 10.000 kilometer untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pilih bengkel rekanan yang berada di sekitar Anda yang memiliki kredibilitas terbaik untuk menangani berbagai servis yang Anda butuhkan. 

Selalu jaga kondisi kendaraan Anda agar masa pakai kendaraan bertahan lama, dan Anda bisa menikmati perjalanan Anda ke mana pun dan kapan pun. Jangan ketinggalan juga untuk memberikan proteksi pada kendaraan Anda. Sebab bila terjadi hal-hal tak terduga pada kendaraan Anda, bisa saja hal tersebut akan mengganggu kestabilan keuangan Anda dan keluarga.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015. Miliki asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Futuready.com. Manfaatkan berbagai promosi potongan yang kami sediakan untuk menghemat pengeluaran Anda. Futuready.com Supermarket Asuransi dan Cara Cerdas Berasuransi!

Comments are closed.