Trik Merawat Bodi Mobil Setelah Pemasangan Stiker Mobil

Asuransi MobilMobil

Stiker mobil diketahui dapat melindungi cat asli mobil agar tetap berkilau sehingga dapat mempertahankan nilai jual kembali mobil.

Setiap tahun produsen mobil selalu mengeluarkan produk terbarunya dengan keunggulan beragam. Namun, seringkali rangkaian produk tersebut tidak memenuhi semua selera pasar. Alhasil banyak pemilik mobil yang akhirnya melakukan modifikasi untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Salah satu modifikasi yang paling sering dipilih adalah memasang stiker mobil. Selain berfungsi mengubah tampilan eksterior, penggunaan stiker pada mobil Anda juga dapat melindungi bagian bodi agar tidak mudah rusak. Namun, balik lagi juga bergantung pada jenis stiker yang dipilih.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Asuransi Mobil. Ketahui Jenisnya

Melindungi bodi mobil dengan stiker tidak menjamin keawetan ada cat bodi mobil Anda. Bahkan ada juga stiker yang justru merusak cat mobil. Oleh karena itu, agar terhindar dari biaya perbaiki mobil yang sangat fantastik, tidak ada salahnya kendaraan Anda dilindungi asuransi mobil. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melindungi mobil dengan asuransi, salah satunya manfaat dari kecelakaan tabrakan ataupun pencurian. Hingga manfaat perluasan seperti kerusakan akibat kebanjiran, huru hara, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Penggunaan Stiker Mobil

Kelebihan Penggunaan Stiker Mobil

Ternyata banyak pemilik mobil mengakui bahwa keputusan mereka memasang stiker pada mobil bukan semata-mata ingin mengubah tampilan saja, tapi juga untuk perlindungan. Berikut ini, kelebihan dari penggunaan stiker mobil yang perlu Anda ketahui.

Mempertahankan Warna Asli Mobil

Para pemilik kendaraan pastinya sudah paham bahwa paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dapat membuat cat pada bodi mobil rusak. Nah, kehadiran stiker ini dapat melindungi warna asli kendaraan sehingga ketika stiker dilepas bodi tetap mulus.

Menghindari Jamur

Mobil yang sering diparkir di tempat terbuka beresiko lebih cepat rusak karena kemungkinan terpapar benda asing lebih besar. Benda asing yang dimaksud antara lain kotoran binatang yang tidak sengaja menempel ke bodi mobil. Jika tidak segera dibersihkan, akan mengakibatkan jamur. Dengan adanya stiker maka bodi asli mobil dapat terlindungi dari berbagai resiko paparan benda asing.

Mengurangi Resiko Goresan

Saat mengemudi mobil di jalanan kita beresiko besar berbenturan dengan kendaraan lain yang bisa meninggalkan goresan pada eksterior mobil. Bahkan banyak oknum di jalanan yang sengaja menggores mobil orang lain hanya untuk bersenang-senang. Pemasangan stiker pada mobil dapat melindungi bodi dari kemungkinan tergores.

Hemat

Mengapa penggunaan stiker mobil ini dikatakan hemat? Sebab dengan perlindungan yang diberikan oleh stiker, maka kita bisa mengalokasikan budget wax bodi untuk kebutuhan lain. Anggaran tahunan pun bisa dikurangi. Namun, mungkin Anda harus mengeluarkan dana cukup besar saat pertama kali pemasangan stiker dilakukan.

Baca juga: Cara Tepat Bersihkan Kabin Mobil dari Bakteri dan Virus

Meningkatkan Harga Jual

Mobil yang telah mengalami modifikasi yang berlebihan biasanya mengalami penuruan harga signifikan saat akan dijual kembali. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika Anda mempertahankan warna bodi mobil yang mulus dan sesuai dengan warna standar pabrikan. Penggunaan stiker dapat menjaga warna eksterior mobil tetap menawan sehingga harga jual kembali tidak begitu anjlok.

Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan, begitu juga dengan penggunaan stiker mobil. Dibalik semua manfaat yang telah disebutkan diatas ada dampak negatif dari penggunaan stiker. Salah satunya adalah pelepasan stiker yang cukup sulit sehingga harus dilakukan oleh ahlinya.

Selain itu ketika body wrapping yang dipilih tidak sesuai dengan STNK maka besar kemungkinan Anda bisa ditilang karena karakteristiknya jauh berbeda dengan bawaan pabrik. Selain itu faktor perawatan stiker juga mengambil bagian dari tingkat kerusakan bodi mobil.

Perawatan Bodi Setelah Dipasang Stiker Mobil

mobil dipasnag stiker mobil

Stiker mobil memang difungsikan untuk melindungi bagian eskterior mobil. Namun, bukan berarti Anda mengabaikannya begitu saja tanpa perawatan. Karena jika tidak dirawat dengan benar tanpa disadari stiker ini akan meruskan cat mobil. Lakukan tips dibawah ini untuk menjaga kekuatan stiker mobil:

Lakukan Perawatan Tepat Secara Berkala

Jika mobil Anda sering terpakir di lingkungan terbuka, maka beresiko tinggi terkena tumpahan bahan bakar, getah pohon, kotoran burung, atau kontaminan lainnya. Berbagai kotoran ini jika dibiarkan dalam jangka panjang dapat merusakan grafis stiker. Bersihkan bintik-bintik noda dengan air hangat dan lap kering. Jangan menggunakan cairan pembersih piring, sabun mandi bisa menjadi pilihan jika Anda tidak memilih produk cairan pembersih khusus.

Cuci Mobil dengan Lembut

Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan ketika mencuci mobil yang terdapat stiker adalah menyikatnya dengan sikat jenis apapun. Sebab kuas pada sikat diketahui dapat mengikis bagian bodi dan tentunya bagian yang diberi stiker. Ketika mencuci mobil, usap secara perlahan. Jika Anda tidak mampu mengaplikasikan teknik yang benar sebaiknya hubungi ahlinya. Dibagian akhir oleskan lilin berbasis carnauba ke bagian stiker atau gunakan semir abrasif atau senyawa lain untuk membuat mobil tetap cantik.

Cuci dengan Tekanan Air Rendah

Mobil yang telah dipasangi stiker sebaiknya tidak dicuci dengan air bertekanan tinggi. Karena itulah lebih bagus Anda sendiri yang mencuci mobi dirumah. Pasalnya jika membersihkan mobil ditempat umum bisa jadi petugasnya kurang paham perkara ini. Selain itu pastikan juga air yang digunakan bersuhu rendah, karena air bersuhu terlalu tinggi dapat membuat stiker rusak.

Segera keringkan air dari bodi mobil setelah masa pencucian berakhir. Jangan biarkan air mongering dengan sendirinya karena dapat meninggalkan bekas yang kurang sedang dipandang. Cara mengeringkannya cukup dengan menggunakan kanebo atau lap kering, usap secara berlahan disemua bagian bodi.

penggunaan stiker mobil

Cek Kondisi Stiker

Umumnya usia stiker pada mobil berkisar antara 3-5 tahun. Namun banyak juga yang mengaku telah kehilangan kilau stiker di 2 tahun pertama pemasangan. Jika mengalami kasus serupa. cobalah lakukan penyemiran untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Jika film pembungkus mulai berubah warna menjadi coklat, mintalah seorang profesional untuk segera menghapus bungkusnya. Perubahan warna ini adalah hasil dari pencemaran asam dan jika dibiarkan akan merusak cat asli mobil. Jika kontaminan lengket seperti kotoran burung tidak bisa dibersihkan dengan air panas dan kain lembut, cobalah campuran Isopropyl alkohol dan air dengan rasio 1:1.

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian dalam Penggunaan Cover Mobil

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah cara merawat mobil yang menggunakan stiker pada mobil. Ingat ya sebelum memutuskan memasang stiker sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya, sebab tidak semua mobil bisa diaplikasikan menggunakan satu bahan stiker yang sama. Jika salah pilih bukannya memberikan manfaat perlindungan, stiker justru bisa merusakan bodi mobil Anda.

Comments are closed.