Membeli Suku Cadang Mobil, Ini Tips dan Tempat Membelinya!

Mobil

Mencari suku cadang mobil berkualitas baik memang gampang-gampang susah, agar tidak salah membeli ketahui tips di bawah ini ya!

Memilih suku cadang mobil, Anda jelas tidak boleh sembarangan. Apalagi di zaman sekarang banyak sekali spare part dengan model sama tapi dijual dengan merek berbeda. Ditambah lagi banyak juga dijual barang imitasi yang mempunyai umur pemakaian lebih pendek meskipun harganya lebih murah. Mungkin bagi yang telah bergelut di dunia otomotif sejak lama hal tersebut bukan masalah, karena telah tahu mana yang memiliki kualitas baik dan mana yang tidak.

Namun, bagi orang awam hal tersebut bisa membuat kebingungan bahkan sampai mengalami kerugian materi. Apalagi ada pula pedagang yang kurang bertanggung jawab dengan menjual spare part dengan kualitas yang tidak baik. Tidak sedikit dari Anda yang pastinya pernah merogoh kocek banyak akibat pergantian spare part, hal ini dapat diakali dengan memiliki Asuransi Mobil yang sesuai. Anda jugda dapat diuntungkan karena dapat memilih bengkel yang memberikan suku cadang mobil terbaik. Atau Anda dapat menyimak pemaparan di bawah ini mengenai beberapa tips memilih suku cadang mobil yang berkualitas dan beberapa referensi tempat membelinya di Jakarta untuk Anda.

Baca juga: Beli Mobil Keluarga, Berikut 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan

Tips Memilih Suku Cadang Mobil dengan Kualitas Baik

Saat Anda diharuskan untuk mengganti spare part mobil Anda, hal yang harus Anda kuasai adalah memahami perbedaan dan ciri spare part yang baik dan buruk. Berikut ini merupakan beberapa tips memilih spare part mobil untuk meminimalisasi kemungkinan Anda mendapatkan barang palsu atau kualitas yang kurang bagus, diantaranya:

suku cadang mobil

Membeli Suku Cadang di Tempat Yang Resmi

Seperti yang telah diketahui banyak orang, bahwa dealer resmi akan menjual barang-barang asli. Akan tetapi dari segi harga terbilang cukup mahal bila dibandingkan dengan barang imitasi. Namun dari segi kualitas tidak diragukan lagi karena memang telah teruji dengan beberapa pengujian.

Namun tidak ada salahnya sebelum penggantian suku cadang Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu. Cermat dalam memilih dan teliti memeriksa keperluan yang memang mobil Anda butuhkan, jika ada kendala Anda bisa mengajukan keluhan untuk lebih meyakinkan diri sendiri.

Membeli Spare part Sesuai Dengan Kebutuhan

Spare part mobil mempunyai harga yang cukup mahal. Jadi jika ingin melakukan penggantian sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu biaya pengeluaran dapat ditekan dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Namun berbeda apabila membeli spare part secara sekaligus dengan alasan tertentu, maka biaya yang dikeluarkan jugan bisa lebih mahal. Namun, kembali lagi bahwa Anda harus teliti dalam melakukan penggantian spare part mobil Anda, perhatikan apakah kondisi spare part Anda benar-benar harus diganti atau tidak.

Mengetahui Ciri Dari Spare part Yang Asli

Dalam memilih spare part mobil yang original perlu ketelitian dan kecermatan. Sebagai contoh pada audio mobil, yang perlu diperhatikan adalah bagian kemasannya. Jadi umumnya kemasan asli mempunyai stiker yang berhologram. biasanya spare part palsu tidak tidak terdapat stiker hologram pada kemasannya. Selain itu, dari segi barang biasanya spare part yang palsu akan terlihat kasar. Jika yang asli tentunya permukaannya akan mulus dan dengan bahan yang berkualitas.

Membeli Spare Part Di Kota Kecil

Apabila menginginkan spare part yang mempunyai harga lebih terjangkau bisa mencarinya di kota kecil. Umumnya spare parts di kota kecil mempunyai harga lebih rendah dibandingkan di kota besar. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa menggunakan cara ini jika menginginkan biaya pengeluaran yang lebih rendah.

Mencari Spare part Yang Bergaransi

Garansi menjadi faktor penting untuk menjamin kualitas yang dimiliki, dengan adanya garansi spare parts yang Anda beli bisa ditukar atau diperbaiki langsung oleh ahlinya atau dealer resminya tentu dengan periode tertentu. Jadi lebih baik Anda pilih spare part yang menawarkan garansi resmi jika Anda ingin aman dan tidak rugi jika tiba-tiba spare part tersebut bermasalah kembali.

Bahkan adanya garansi ini juga bisa menghindari spare part palsu yang banyak dijual di pasaran. Dalam melakukan penggantian, jika tidak bisa melakukannya sendiri disarankan untuk membawanya ke bengkel yang terpercaya.

Baca juga: Biaya Servis Xpander dengan Paket SMART

Tempat Membeli Spare Parts Mobil di Jakarta

Setiap produsen otomotif yang mengambil langkah menghentikan produksi atau penjualan model tertentu, sudah pasti menjamin ketersediaan spare part, maksimal untuk 10 tahun ke depan. Oleh karenanya, bagi Anda yang memiliki mobil keluaran lama tak perlu khawatir sebab masih banyak tempat-tempat yang menjual spare part untuk kendaraan Anda.

mencari suku cadang

Membeli spare part yang terbaik memang melalui dealer aslinya, namun bila ternyata spare part yang Anda cari sudah tidak di produksi di produsen aslinya maka Anda terpaksa untuk mencarinya di tempat lain yang mungkin bisa Anda percaya. Di Jakarta, terdapat beberapa pasar onderdil yang sudah dikenal memiliki spare part mobil yang lengkap dan juga murah. Mulai dari barang asli hingga imitasi bisa Anda dapatkan, adapun berikut beberapa tempat yang bisa Anda sambangi untuk mencari spare parts mobil Anda, diantaranya:

Pasar Onderdil Cipete Fatmawati

Pasar ini beralamat di Jalan RS Fatmawati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempat belanja spare part ini dihuni banyak toko-toko yang letaknya berjajar. Spare part yang mereka jual cukup beragam, ada onderdil Toyota, Daihatsu, Suzuki, bahkan hingga mobil non-Jepang seperti Opel, VW, dan Mercedes-Benz.

Pusat Onderdil Duta Mas ITC Fatmawati

Beralamat di ITC Fatmawati Jalan RS Fatmawati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tempat ini tak kalah lengkapnya seperti pasar onderdil di cipete. Belanja spare part mobil nyaman karena lokasinya yang ada di dalam ruangan. Parkirannya juga aman serta bebas calo. Selain spare part, di sini banyak dijual aksesori seperti sound system yang bagus dan murah. Untuk tempat berbelanjanya terdapat di lantai dua, sedangkan tempat instalasi spare part berada lantai tiga alias di parkiran.

Pusat Onderdil Sawah Besar Asem Reges

Anda bisa menyambangi Jalan Taman Sari Raya No. 40, Tamansari, Jakarta Barat untuk bisa sampai di pusat onderdil murah ini. Semua spare part mobil yang dijual di sini buatan Jepang, Korea, Eropa, bahkan Amerika sekalipun bisa Anda ditemukan di sini. Tempat belanja spare part yang satu ini sudah terkenal sejak era 1990an. Untuk datang ke tempat ini, jika Anda tidak membawa kendaraan, Anda bisa naik kereta atau Trans Jakarta saja kemudian turun di Stasiun Mangga Besar atau di shelter Gajah Mada.

Mega Glodok Kemayoran (MGK)

Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, di sinilah pusat onderdil selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. MGK bisa dibilang surganya spare part  kendaraan roda empat. Selain lengkap, setiap akhir pekan biasanya komunitas-komunitas mobil atau penggila modifikasi sering mengadakan acara di sini.

Jika Anda datang bertepatan dengan diselenggarakan beberapa acara, sudah pasti beberapa brand otomotif yang akan jadi sponsor. Keuntungannya Anda bisa mendapatkan spare parts beberapa brand dengan harga yang lebih terjangkau. Di MGK ini parkirannya sangat luas sehingga untuk pemasangan spare part juga bisa dilakukan langsung di sana.

Pasar Otomotif Duren Sawit

memilih suku cadang

Tepatnya di Jalan Duren Sawit Raya, Klender, Jakarta Timur Anda bisa juga mendatangi tempat yang satu ini. Untuk yang berdomisili di Jakarta Timur, tempat ini bisa jadi salah satu referensi mencari spare part murah. Lokasi Pasar Otomotif Duren Sawit ini lumayan mudah dijangkau. Di dekat pasar ini ada banyak showroom mobil bekas juga. Sama seperti tempat lain, Anda juga bisa langsung pasang spare part di tempat. Biar lebih nyaman, lebih baik Anda datang lebih pagi supaya masih bisa dapat parkiran, sebab kalau sudah siang parkiran di tempat ini sering kali penuh terisi.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Baca juga: Apa Perbedaan Bengkel Resmi dan Tidak Resmi?

Mobil yang tiba-tiba ngadat memang kadang membuat kesal, tentu hal tersebut membuat Anda harus melakukan pengecekan spare part mobil Anda. Jika terdapat masalah tentu penggantian peralatan mobil harus Anda lakukan. Tapi tenang saja, tempat-tempat di atas tadi bisa menjawab kebutuhan Anda terhadap spare part mobil yang Anda butuhkan. Tetap teliti dan cermat dalam memilihnya ya! Selain memilih spare parts yang sesuai, rawat juga mobil Anda dengan perlindungan mobil dari Futuready!

Comments are closed.