Sunroof: Salah Satu Fitur Mobil Terkini

Mobil

Sunroof, moonroof, dan panoramic roof, merupakan salah satu fitur baru yang biasanya dipasang di mobil-mobil dengan harga yang cukup fantastik. Meskipun sekilas sama, tetapi fitur tersebut memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Hingga saat ini, sunroof merupakan salah satu fitur yang selalu ada di tipe mobil keluaran terbaru. Meskipun tidak semua mobil keluaran terbaru memiliki fitur ini, tetapi sunroof menjadi salah satu alasan masyarakat membeli mobil tersebut. Hampir semua merek mengeluarkan tipe mobil yang dilengkapi dengan fitur ini. Contohnya, All New Mitsubishi Pajero Sport, Honda HR-V 1.8 Prestige, dan masih banyak lagi.

Hadirnya fitur sunroof memberikan kesan berbeda di saat berkendara. Salah satu yang paling mencolok adalah Anda bisa mengeluarkan kepala bahkan hingga setengah badan melalui atap mobil. Bukan hanya itu, Anda juga dibuat seakan-akan sedang berkendara tanpa terhalang atap mobil. Namun, di luar itu semua, rupanya kaca pada atap mobil itu bukan hanya sunroof, tetapi ada nama lain yang sekarang-sekarang ini sering muncul, yaitu moonroof dan panoramic roof. Sekilas terlihat sama, tetapi ketiga hal itu memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Apa saja perbedaan dari ketiga fitur tersebut?

Baca juga: Modifikasi Body Kit Mobil Penasaran Proses Hingga Kisaran Harganya?

Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Sunroof

Sunroof merupakan istilah yang paling umum digunakan oleh para produsen mobil untuk menamai fitur panel kaca yang tersemat pada beberapa mobil tersebut. Seperti yang sudah diijelaskan di atas, masyarakat pun sudah cukup familiar dengan istilah tersebut. Kenyataannya fitur ini menjadi sebuah panel atap yang sekadar bisa dibuka agar udara dan sinar matahari bisa masuk ke dalam mobil. Panel tersebut menggunakan bahan yang sama dengan bodi mobil, bukan menggunakan kaca. Seiring perkembangannya, sunroof digerakkan dengan motor listrik, hingga kemudian menggunakan panel kaca yang lantas dinamakan moonroof.

Moonroof

Perlu diketahui, moonroof merupakan salah satu jenis sunroof, jadi tidak ada salahnya jika banyak yang menamai fitur ini dengan sebutan sunroof. Namun secara spesifik, moonroof adalah panel atap bahan kaca yang memiliki kemampuan untuk bergeser keluar-masuk serta tilt. Moonroof termasuk jenis yang paling umum tersemat pada mobil-mobil modern yang memiliki fitur sunroof. Selain moonroof, nama lain dari jenis ini adalah solar sunroof. Secara teori, panel sunroof jenis ini dapat membiarkan cahaya matahari atau bulan masuk ke dalam kabin mobil meskipun panel tersebut tertutup.

Panoramic Roof

Sama dengan moonroof, panoramic roof juga termasuk pengembangan dari sunroof, namun menggunakan kaca. Berbeda dengan moonroof yang juga menggunakan kaca, panoramic roof memiliki penampang yang lebih luas sehingga tak sekadar membiarkan cahaya masuk, panel jenis ini juga bertujuan agar penumpang di dalamnya dapat menikmati panorama langit di atasnya. Panoramic roof tidak bisa dibuka karena penampangnya yang sebesar atap dari mobil itu sendiri. Namun, seiring berkembangnya teknologi, panoramic sunroof mulai diperkenalkan. Selain penampang atap yang terbuat dari kaca, panoramic sunroof memiliki panel kaca tambahan yang bisa dibuka seperti layaknya sebuah sunroof atau moonroof. Jadi selain bisa melihat panorama langit, penumpang juga bisa menikmati udara dari luar kabin.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta!

Jenis-Jenis Mobil Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

All New Kia Rio 5 Doors

All New Kia Rio 5 Doors merupakan salah satu mobil yang dibanderol dengan harga cukup mahal. Namun, harga tersebut seimbang karena mobil ini berkapasitas mesin 1.368 cc sudah dilengkapi dengan panoramic roof atau sunroof idaman yang memberikan kesan mewah baik dari sisi eksterior maupun interior. Tidak sampai situ, yang lebih menarik lagi, mobil ini sudah dilengkapi power sunroof, sehingga bisa dibuka secara otomatis.

Honda HR-V 1.8 Prestige

Honda memang salah satu merek mobil yang beberapa jenis mobilnya menggunakan fitur ini dan salah satunya adalah Honda HR-V 1.8 Prestige. Mobil ini merupakan varian mobil termahal dari Honda karena mengusung mesin berkapasitas 1.799 cc dan mampu menghasilkan tenaga 139 PS. Bukan hanya itu, Honda HR-V ini juga telah disemati fitur sunroof yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis.

Mitsubishi Outlander Sport PX

Mobil sporty keluaran Mitsubishi ini sudah memiliki fitur panoramic roof. Tentu kabar yang baik bukan? Jika Anda pergi ke pedesaan dengan pemandangan yang indah dan menggunakan mobil ini, fitur tersebut bisa dibuka secara otomatis, sehingga Anda bisa menikmati kesegaran alam. Selain panoramic roof, mobil ini juga memiliki kelebihan di sektor mesin, yang dibekali oleh teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Time Electronic Control) yang membuat mobil Mitsubishi Outlander Sport ramah lingkungan dan bertenaga.

Nissan Serena 2.0 Panoramic Autech

Nissan Serena merupakan jenis mobil Multi Murpose Vehicle (MPV) yang punya keunggulan dalam hal mempunyai electric sliding door, kabin yang luas, dan tentunya atap kaca atau panoramic roof untuk tipe yang paling tinggi. Tak heran kalau di kelasnya, Nissan Serena mungkin menjadi salah satu yang terlaris dibandingkan lawan sejenis seperti Toyota Voxy, Mitsubishi Delica, ataupun Mazda Biante. Walau tidak diciptakan untuk kebut-kebutan, tapi mesin 2.0 liter bertenaga 147 PS pada 5.600 rpm milik mobil ini dapat diandalkan.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Honda WR-V

Honda memang tidak pernah kehabisan jenis mobil yang kekinian. Honda WR-V ini merupakan salah satu jenis mobil terbaru dari honda yang terlihat sangat gagah. Bukan hanya itu saja, mobil ini juga sudah dilengkapi fitur terbaru yang lebih bagus dari kakak-kakaknya. Salah satu yang menarik adalah adanya roof rail dan sunroof yang terpasang secara default di atas mobil.

Chevrolet Trax 1.4 LTZ

Mobil yang memiliki kapasitas mesin 1.4 Liter ini memiliki mesin yang responsif dan bertenaga dengan Dual CVCP dan Turbocharged sehingga sanggup menghasilkan tenaga hingga 140 PS dan torsi 200 Nm. Chevrolet Trax yang memiliki fitur utama sunroof di eksterior.

Comments are closed.