Suzuki Baleno, Hatchback Murah Gak Murahan

Mobil

Hatchback masih jadi tunggangan paling ideal bagi masyarakat kota meskipun kerap dibanderol tinggi. Beruntungnya ada Suzuki Baleno yang bisa Anda dapat dengan harga lebih miring.

Persaingan mobil hatchback di Indonesia cukup ketat. Hampir semua produsen mobil punya tipe ini, Honda dengan Jazznya dan Toyota dengan Yarisnya. Kedua nama merek ini memang masih jadi raja dipasaran, namun karena ditujukan bagi kelas atas harganyapun dinilai cukup berat terutama bagi kalangan millenialls. Kehadiran mobil Suzuki Baleno ini pun jadi angin segar bagi mereka yang bergaji pas-pasan tapi kepincut hatchback berkualitas. Meski lebih murah dibanding mobil-mobil dikelasnya, bukan berarti kualitas Baleno murahan. Kualitas tetap jadi patrol utama bagi perusahaan asal Jepang ini. Jika tidak percaya, mari kita bahas bagaimana spesifikasi mobil ini.

Spesifikasi Suzuki Baleno

Eksterior

eksterior Suzuki Baleno

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari bagian eksterior Baleno. Seperti hatchback pada umumnya desain eskteriornya dibuat besar, untuk menampilkan kesan garang dan mewah. Namun modelnya masih kekinian dan cocok bagi kalangan millenials. Ada aksen krom dibeberapa bagian juga yang membuat mata terpana ketika memandangnya.

Jika dilihat dari depan Anda bisa melihat lampu utama yang begitu besar dan terdapat proyektor juga bohlam HID. Inilah yang membuat Baleno nampak lebih besar dibagian depan. Sedangkan pada bagian samping juga tidak ada yang aneh, kesan tegas dan rapi masih mendominasi. Dimensi total mobil ini panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.510 mm. Ukuran yang pas untuk warga yang tinggal diperkotaan, yang sering mengalami kemacetan dan penyempitan jalan.

Baca Juga: Deretan Mobil Rusia yang Mengaspal ke Berbagai Negara

Baleno tersedia dalam 6 warna berbeda – Granit Grey Metallic, Metallic Premium Silver, Pearl Midnight Black, Prime Arctic White, Solid Fire Red dan Stargaze Blue. Secara eksterior mobil ini sangat pas untuk pekerja pemula dengan mobilitas tinggi. Karena selain menekankan harga murah juga didukung dengan desain yang elegan dan enak dipandang. Jadi, meskipun murah tetap terlihat mahal.

Interior

interior Suzuki Baleno

Anda akan dikejutkan dengan sisi interior dari produk ini, karena dibanding interior yang biasa-biasa saja ternyata kabinnya berusaha menampikan kesan mewah dan kekinian. Bagi Anda yang senang bepergian jauh ini adalah mobil paling tepat, karena didukung dengan kabin dan bagasi yang luas. Sehingga dapat memuat lebih banyak orang dan barang.

Fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan diantaranya AC model climate control digital, serta layar multimedia. Ada juga komputer perjalanan yang ada dibagian kemdi yang akan memberikan Anda segala informasi mulai dari kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar, serta parameter tenaga dan torsi. Sementara untuk daya tampunya, mobil hatchback satu ini punya bagasi yang dapat menampung 339 liter dengan catatan kursi belakang ditegakkan.

Dengan fitur yang kaya ini tak heran jika banyak yang mengklaim kalau Baleno masuk kategori mobil premium. Namun tentunya ini tak bisa jadi tolak ukur semuanya, diperlukan penilaian lain untuk menyebut Baleno sebagai premium dikelasnya.

Mesin

Membicarakan soal spesifikasi mobil tidak lengkap jika belum menyingkap perihal bagian mesinnya. Mobil apik ini terbilang didukung dengan mesin mumpuni.Baleno Hatchback menggunakan mesin bertipe K14B bersilinder 1.373 cc 4 in-line. Dengan mesin tersebut Baleno bisa menghasilkan tenaga92.4 Ps pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 130 Nm pada 4.200 rpm.

Kelebihan dan Kekurangan Baleno

Kelebihan Suzuki Baleno

Berbicara soal mobil tidaklah ada yang sempurna, Baleno memang merajai dikelasnya. Dibanding mobil dari merek lain Baleno terbilang yang paling murah. Jika disebutkan kelebihannya antara lain adalah fitur yang sudah futuristik, desain oke dan mesin mumpuni.Fiturnya sudah banyak yang berbasis komputer, desainnya juga menampilkan anak muda dengan mesin yang tangguh. Selain itu dengan onderdil yang gampang ditemui dipasaran, rasanya Baleno layak dikatakan sebagai mobil terbaik dikelasnya.

Baca Juga: Ini Mobil SUV Teraman dan Ternyaman untuk Anda Miliki

Bagian kabinnya juga ditopang dengan wheelbase yang cukup panjang, yang membuat bagian interior menjad lega. Sehingga adakesan lapang bagi pengemudi maupun penumpang. Dukungan AC digital dengan teknologi climate control, semakin memberikan kesan futuristik. Pengguna dapat lebih mudah mengatur AC dengan praktis.

Namun sayangnya, dibanding mobil lain Baleno terbilang kurang populer dipasaran. Ini karena sejarah Baleno yang terlahir dari mobil sedan. Sehingga belum banyak yang tahu bahwa tunggangan ini sudah bertransformasi jadi hatchback. Sementara promosi yang dilakukan juga tidak terlalu gencar. Bisa dikatakan kekurangan satu-satunya Baleno adalah pengenalan diri yang kurang.

Tips Beli Mobil Hatchback

Karena keberadaan mobil hatchback di Indonesia cukup langka dipasaran. Tak heran jika mayoritas pembeli masih  berpaling dari mobil ini. Padahal jika tahu spesifikasi yang dihadirkan dijamin bakal kepincut. Agar Anda tak salah beli ada beberapa trik saat ingi mendapatkan mobil hatchback yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 5 Mobil Hatchback Terbaik di Indonesia 2019

Pertama, pilih yang irit bahan bakar. Karena hatcback penggunaannya memang untuk keluarga yang terpenting adalah pilih mesin efisien, hemat bahan bakar namun tetap didukung dengan fitur keselamatan yang mumpuni. Karena dalam satu merek biasanya ada beragam pilihan hatchback, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Kedua, pilih dengan kabin lega. Tujuan penggunaan mobil keluarga adalah pemakaian yang melibatkan banyak penumpang. Kursi dengan kaki-kaki yang lega, kabin luas dan bagasi lega adalah syarat utama agar selama berkendara jarak jauh tetap nyaman, meskipun ada banyak barang yang dibawa.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Ketiga, pilih mobil yang menyediakan fitur hiburan lengkap dan teknologi mumpuni. LCD dan sistem navigasi digital adalah salah satu contohnya. Dengan begitu berkendara bersama keluarga dapat lebih nyaman, karena semua sudah didukung dengan teknologi terkini. Keempat, pilih merek yang sudah kenamaan. Ini penting karena mereka menentukan mudah tidaknya menemukan onderdil mobil. Sehingga ketika harus turun mesin, Anda tak harus menunggu lama hanya untuk mengganti beberapa onderdil karena sudah banyak terdapat dipasaran.

Comments are closed.