Suzuki Jimny: Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Mobil

Suzuki Jimny resmi mengeluarkan generasi terbarunya, yakni yang keempat. Kelebihan dan kekurangannya tertulis lengkap di bawah ini.

Baru-baru ini dunia otomotif Tanah Air dihebohkan dengan diluncurkannya mobil generasi terbaru dari Suzuki Jimny. Di Indonesia sendiri, kehadiran generasi terbarunya ini memang sudah ditunggu-tunggu. Bukan tanpa alasan, sebab pada genarasi terbarunya ini memiliki desain yang lebih modern jika dibandingkan dengan genarasi sebelumnya.

Padahal mobil ini sebenarnya belum dipasarkan di Indonesia. Meskipun demikian mobil ini sudah dikenalkan pada gelaran Gaikando Indonesia Internasioanl Auto Show (GIIAS) 2018 dan di IIMS 2019. Kabar baiknya, mobil ini akan segera masuk ke Indonesia dalam waktu dekat ini. Bahkan sudah ada beberapa diler yang bisa Anda pilih untuk membeli secara inden.

Mobil ini memang memiliki desain yang unik dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Begitu pun juga yang terjadi pada genarasi ketiganya dahulu. Bahkan mobil tersebut langsung ludes di pasaran Indonesia pada 2017, karena pada saat itu memang dijual secara terbatas.

Nah, bagi Anda yang pada 2017 lalu tidak kebagian, sekaranglah saatnya untuk merealisasikan keinginan Anda. Apalagi untuk generasi keempat ini Suzuki benar-benar serius merancangnya supaya bisa bersaing melawan mobil SUV sekelasnya.

Suzuki Jimny generasi terbaru ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh para konsumen di Indonesia di tahun ini. Terlebih lagi setelah resmi diperkenalkan di pameran otomotif GIIAS di ICE, BSD City, pada 2018 lalu. Dan bahkan mobil ini berhasil menjadi bintang selama pameran tersebut.

Baca juga: Ini Mobil SUV Teraman dan Ternyaman untuk Anda Miliki

Pertanyaannya adalah apa saja kelebihan dari mobil ini sehinga laik untuk dibeli meskipun nantinya dibanderol dengan harga yang cukup mahal sekalipun?

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny Generasi Keempat

Kelebihan Suzuki Jimny Generasi Keempat

Dari segi desainnya, mobil ini memiliki desain yang sangat menarik dengan bentuk bodi mungil yang membuatnya cukup unik namun masih tampak macho. Apalagi ditambah dengan bumper depan dan belakang yang membuat mobil ini terlihat semakin gagah jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.

Kemudian untuk kekuatan dapur pacunya sendiri, mobil jeep yang satu ini ditenagai oleh mesin 1.5-liter yang sangat bertenaga dan dapat mengeluarkan torsi yang sangat melimpah. Oleh sebab itu, kemampuan offroad dari mobil jeep ini terbilang sangat mengagumkan dan akan lebih maksimal lagi untuk melewati berbagai medan jalan.

Meskipun memiliki dimensi yang cukup mungil, namun Suzuki Jimny generasi keempat ini memiliki ruang kabin yang cukup luas. Selain itu, mobil ini juga sudah dibekali dengan berbagai fitur keselamatan yang bisa dikatakan sangat lengkap.

Kelebihan lain dari mobil jeep yang satu ini adalah terletak pada bagian dashboard-nya. Pada bagian dashboard tersedia sistem audio 2 DIN yang didukung oleh layar touchscreen yang bisa terhubung dengan kamera.

Selain itu, mobil ini sudah menggunakan suspensi khusus bertipe 3-link rigid axle yang menjadikan mobil jeep ini semakin nyaman saat digunakan untuk melewati berbagai medan yang sulit sekalipun. Dan, kelebihan lainnya adalah sudah menggunakan sistem penggerak 4WD.

Kekurangan Suzuki Jimny

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dengan mobil jeep ini atau ada niatan untuk membelinya, beberapa kekurangan dari Jimny generasi keempat ini mungkin bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. Memangnya apa saja kekurangannya?

Dari mesinnya sendiri, sangat disayangkan karena mobil ini masih belum dilengkapi dengan teknologi turbo. Selain itu, mobil ini juga tidak ada varian turbo. Dan, secara harga diprediksi dibanderol cukup mahal. Memangnya berapa harganya?

Baca juga: Land Rover Indonesia, Tawarkan Mobil Paling Gagah dengan Harga Selangit!

Harga Suzuki Jimny 2019

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang merupakan Agen Pemegang Merek Suzuki di Indonesia dikabarkan sedang melakukan studi terkait dengan kehadiran mobil ini. Salah satunya adalah pihak Suzuki Indonesia langsung meminta pendapat dari para pengunjung GIIAS 2018 terkait dengan harga ideal yang diharapkan oleh para konsumen di Tanah Air.

Pada 2017, Suzuki Indonesia pernah mengimpor sebanyak 88 unit mobil ini secara completely build up (CBU) Jimny generasi ketiga. Mobil berpenggerak 4×4 tersebut dibanderol dengan harga dikisaran Rp285 juta. Harga tersebut berlaku on the road untuk wilayah DKI Jakarta saja.

Pada saat itu, tidak membutuhakan waktu lama mobil ini terjual habis. Namun yang perlu diingat adalah mobil tersebut menggunakan mesin 4 silinder DOHC VVT berkapasitas 1.328cc. Sementara itu, untuk generasi keempat ini menggunakan mesin K15B 4 silinder 16 kutub berkapasitas 1.462cc. Mesin yang sama dengan yang dipakai oleh All New Suzuki Ertiga.

Harga dari Survei Suzuki Jimny

Pertanyaanya kemudian adalah berapa harga ideal untuk Suzuki Jimny generasi keempat ini ketika nanti resmi dipasarkan di Tanah Air?

Terkait dengan harga ini cukup menarik, pada pameran otomotif GIIAS 2018, pihak Suzuki Indonesia mengadakan survei kembali berkaitan dengan harga yang diinginkan oleh para konsumen di Indonesia.

Dari hasil survei tersebut, ada sebagian pengunjung yang menginginkan dijual di bawah Rp100 juta. Namun ada juga yang menginginkan mobil ini dijual di atas Rp400 juta. Lalu berapa harga mobil ini di Jepang? Di Jepang sendiri yang merupakan tempat asalnya, mobil ini dijual dikisaran Rp150 juta sampai dengan Rp200 juta.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil di Futuready

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Dari data di atas tadi, rasanya tidak mungkin jika Suzuki Jimny generasi terbaru ini dijual lebih rendah dari Rp285 juta seperti halnya model generasi ketiganya yang dipasarkan pada 2017.

Pertimbangannya, Jimny generasi terbaru ini sudah mendapatkan upgrade teknologi, mesin, dan fitur, serta memiliki kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan Jimny genarasi sebelumnya.

Apalagi di Jepang sendiri mobil ini dijual di kisaran harga Rp150 juta sampai dengan Rp200 juta. Jadi sangat mungkin jika harga Suzuky Jimny generasi keempat ini di Indonesia nantinya akan dijual di atas Rp285 juta sampai dengan Rp400 juta.

Comments are closed.