Suzuki Swift: Harga dan Spesifikasinya, Tertarik?

Mobil

Suzuki Swift dikenal sebagai salah satu city car terbaik pada masanya. Berganti era, mobil ini kembali hadir dalam versi hatchback.

Mobil jenis city car dan hatchback sekarang ini ada banyak sekali variannya. Setiap pabrikan otomotif memiliki mobil jenis ini dengan berbagai kelebihan dan keistimewaannya. Hal ini pun berlaku pada Suzuki. Alih-alih merilis mobil hatchback dengan nama baru, nyatanya pabrikan asal Jepang ini masih bertahan dengan nama Suzuki Swift.

Saingan berat Toyota Yaris dan Honda Jazz ini merupakan salah satu city car terlaris pada masanya. Setelah bertahun-tahun lamanya, akhirnya Suzuki merilis kembali jenis terbaru dari mobil satu ini dengan berbagai pembaharuan di berbagai sisinya. Penasaran? Yuk, kita lihat selengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Suzuki Swift Baru

Desain Eksternal yang Menawan dan Sporty

Tak salah jika Suzuki memilih tagline “More Swift, More Sporty” pada generasi baru Swift kali ini. Jika dilihat dari tampilan eksterior, mobil ini memang benar-benar memancarkan aura yang lebih stylish dan tentunya lebih sporty. Tampilan luar All New Swift ini jelas mengubah paradigma soal small hatchback yang berbasis city car yang selama ini lekat dengan desain serba minimalis dan sedikit kaku.

spesifikasi suzuki swift

Pada bagian fascia depan, mobil generasi baru ini tampil dengan desain headlamp reflektor beraksen runcing yang diletakkan di ujung kap mesin. Lau, front grill bagian depan juga tampil dengan aksen baru meski terlihat tetap sederhana. Konsep desain front grill Swift terbaru ini sebenarnya juga masih mempertahankan konsep grill versi lamanya.

Secara umum, desain muka Swift untuk tipe GS dan GX memang masih serupa, termasuk penempatan fog lamp dengan bingkai stylish pada ujung bawah kanan dan kiri. Tampilan sedikit lebih garang baru akan anda temui pada Swift Sport yang memang mengusung konsep sport small hatchback. Perbedaan akan Anda temukan pada bagian grill yang terlihat menyatu dengan grill bagian bawah dengan aksen horizontal di tenganya. Kemudian pada bagian foglamp, terdapat semacam cover yang melindungi lampunya.

Beralih ke bagian samping, tampilan bodi sebelah kanan-kiri mobil ini tetap terlihat elegan dengan kombinasi fender dan siluet yang tegas menyertai karakter huruf “U” sebagai identitas. Sementara sektor buritannya menghadirkan penampakan lebih dinamis lewat desain body belakang yang dibuat lebih tegas dengan penempatan stoplamp yang mengikuti garis lekuk body belakang. Lalu, sektor ini juga semakin stylish berkat tail gate spoiler pendek dan penggunaan rear wiper untuk kaca bagian belakang.

Desain mobil ini ditutup dengan penempatan spion elektrik yang menyatu dengan lampu sein. Kesimpulannya secara keseluruhan, eksterior mobil ini memang didominasi oleh desain city car khas Eropa di mana tampilannya cenderung boxy dan tak banyak lekukan tajam.

Interior Elegan dengan Kabin Lebih Luas

Interior mobil ini memang patut diacungi jempol. Saat masuk ke ruang kabin, maka kesan mewah dan elegan langsung terlihat jelas. Kabinnya terlihat ekslusif karena didominasi dengan kelir hitam dan aksen silver.

Beralih bagian dashboard-nya, bagian ini dirancang dengan tidak banyak cluster di mana hanya tersedia odometer dengan gaya yang sama dari versi terdahulu. Lalu panel yang terdapat di dashboard juga sudah dilengkapi dengan panel instrumen lengkap, mulai dari High-Grade Meter Cluster dan juga Multi Information Display yang didesain lebih sporty. Dashboard mobil ini juga didukung oleh MID Digital Display dengan fitur indikator jam, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar hingga suhu di luar kabin. Panel operasional AC serta panel Advanced Audio Equipment juga telah ada pada bagian dashboard Suzuki Swift ini.

spesifikasi suzuki swift

Berpindah ke bagian kursi penumpang, sektor ini juga dibangun dengan material berkualitas dan didesain lebih ergonomis dan fit dilengkapi Seat Height Adjuster untuk kenyamanan posisi tubuh. Kabin bagian belakang dan depan mobil hatchback ini sudah dilengkapi dengan seatbelt.

Terakhir di bagian bagasinya, sebenarnya bagasi mobil ini memang tak terlalu luas. Hal ini memang sesuai dengan fungsi utama mobil ini yang bukan merupakan mobil pengangkut banyak barang. Meski begitu, mobil yang mampu menampung maksimal lima orang ini sudah cukup lega dan terasa cukup longgar bagi penumpang.

Performa Lebih Bertenaga dan Irit Bahan Bakar

Suzuki sendiri menghadirkan New Swift dalam tiga varian tipe, yakni GX, GS, dan Sport. Di antara ketiga tipe tersebut, hanya seri Swift Sport yang memiliki perbedaan spesifikasi mesin.

Pada tipe GS dan GX, mesin yang digunakan adalah mesin jenis K14B DOHC VVT yang memiliki kapasitas isi silinder 1.372 cc. Mesin tersebut merupakan mesin 16 katup 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm pada 4.000 rpm. Mesin yang tertanam pada small hatchback satu ini merupakan mesin yang cukup bertenaga.

Sementara itu, untuk tipe Sport, Suzuki menyematkan mesin jenis M16A yang memiliki kapasitas 1.586 cc. Mesin pada tipe satu ini merupakan salah satu mesin dengan kapasitas paling besar di kelasnya. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 160 PS pada 4.400 rpm dan torsi sebesar 160 Nm pada 4.400 rpm. Meski berbeda jenis, mesin pada jenis ini juga merupakan mesin 16 katup 4 silinder segaris yang sudah dibekali dengan teknologi multipoint injection. Jadi selain bertenaga, mesin pada New Swift akan tetap irit konsumsi BBM.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Dilengkapi dengan Fitur Keselamatan dan Kenyamanan yang Lengkap

Sebagai model terbaru dari generasi Suzuki Ignis, pastinya New Swift juga dirancang dengan segudang fitur keamanan dan kenyamanan. Meski mobil ini dirancang di dalam negeri dan memiliki rentang harga lebih murah dari Swift CBU Jepang, ternyata mobil ini juga memiliki fitur keselamatan lengkap dengan standar internasional. Mulai dari Dual SRS Airbags (tipe GX), Side Impact Beam, Seatvelt dengan teknologi ELR, dan juga teknologi pengereman ABS dan EBD (Tipe GX dan Sport) semua sudah ada pada pada mobil berkapasitas 5 penumpang ini. Ada juga fitur child proof lock pada pintu belakang.

Selain itu, mobil ini juga dirancang dengan teknologi TECT (Total Effective Control Technology) Body System yang didesain untuk mampu menyerap getaran sehingga sangat aman saat terjadi benturan. Lalu pada bagian fitur kenyamanan, Swift sudah mengadopsi fitur Keyless Push Start untuk memudahkan proses keluar-masuk dan menyalakan mesin.

Selanjutnya pada sistem kemudi juga sudah dilengkapi audio control dan telescopic steering yang dapat digunakan untuk mengatur ketinggian kabin setir. Kursi pengemudi pun juga dapat diatur ketinggiannya dan bisa digeser maju mundur sebanyak 24 posisi.

spesifikasi suzuki swift

Bagian kabinnya pun juga sudah dibekali dengan audio system modern yang dilengkapi fitur USB socket untuk terintegrasi dengan digital audio player sehingga dapat dengan mudah mendengarkan playlist musik setiap saat.

Sedangkan fitur AC juga tersedia dengan pengaturan lebih mudah berkat fitur Auto Control Switch yang berfungsi menyesuaikan suhu kabin secara otomatis sesuai dengan suhu yang di harapkan. Terakhir untuk melengkapi spesifikasi pada bagian keamanan mobil, juga sudah ada fitur keamanan standar seperti Immobilizer dan juga Keyless Push Star System serta Keyless Entry System untuk Swift tipe GX.

Melihat spesifikasi lengkapnya di atas, kira-kira berapa harga yang dibanderol untuk mobil ini? Anda harus menyiapkan setidaknya Rp 270 hingga Rp 330 juta untuk memiliki mobil ini. Nah, melihat harganya yang tinggi, sudah seharusnya Anda melindungi mobil ini dengan membeli asuransi mobil di Futuready.com

Comments are closed.