Ingin Mencicil Mobil? Pahami Syarat Kredit Mobil ini!

Mobil

Mengambil mobil dengan cara mencicil berarti mengharuskan Anda untuk mengikuti syarat kredit mobil. Jika tidak, sulit kemungkinan pengajuan Anda diterima.

Mobil sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar orang khususnya yang tinggal di kota besar. Hal ini tak lain karena banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh para pengguna mobil dibandingkan harus menggunakan transportasi umum. Selain lebih hemat waktu, menggunakan mobil pribadi pun terbilang lebih hemat biaya karena tak perlu membayar, cukup mengisi bensin saja.

Tak heran jika sudah banyak orang di kota besar yang berkeinginan memiliki mobil untuk memudahkan aktivitas dan mobilitas mereka. Terlebih sekarang ini sudah banyak sekali pihak yang menawarkan program kredit mobil. Jadi, tak perlu menabung terlalu lama untuk dapat membeli dengan cara tunai.

Tapi, nyatanya untuk dapat mengajukan hal tersebut, calon pembeli akan dihadapkan dengan syarat kredit mobil. Syarat tersebut secara garis besar sama, yakni melengkapi berkas dan menghitung pembiayaan yang harus dibayarkan sampai tenggat waktu yang ditentukan.

Jika Anda tertarik mengajukan kredit tersebut, alangkah baiknya simak syarat-syarat pentingnya di bawah ini!

Syarat-syarat Kredit Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Tentukan Tipe Mobil yang Sesuai

Saat ini ada beragam jenis mobil yang bisa Anda pilih, mulai dari merek, warna, ukuran hingga tipe mobil. Masing-masing menawarkan keuntungan tersendiri. Namun, pilihlah tipe mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan membeli mobil berdasarkan dengan penilaian subjektif saja.

Menentukan tipe mobil yang Anda beli sangat penting sebab itu dapat berguna untuk mempersingkat waktu persetujuan kredit. Pihak diler ataupun lembaga pembiayaan akan mengerti kebutuhan Anda yang sagat mendesak dan alasan yang kuat menginginkan mobil impian tersebut.

Pilihlah Mobil yang Sesuai Anggaran

Setiap jenis kredit akan memengaruhi stabilitas keuangan Anda, terutama jika periode cicilan kredit yang diambil lebih dari satu tahun. Jadi, sebelum Anda mengajukan kredit, pilihlah tipe mobil yang sesuai dengan dana yang Anda miliki dan batasan kemampuan Anda untuk membayar cicilan tersebut

Jangan hanya karena penawaran uang muka yang murah lantas Anda tergiur untuk membeli mobil tersebut tanpa memperhatikan harga mobilnya. Nantinya setelah membayar beberapa kali angsuran Anda merasa keberatan sehingga tidak dapat lagi membayar angsuran.

Jika begitu maka Anda akan mengalami kredit macet, dan jika sudah mengalaminya kredibilitas Anda akan turun di mata leasing maupun dalam catatan Bank Indonesia. Sehingga akan mempersulit Anda ketika mengajukan pengajuan kredit selanjutnya, karena rekam jejak keuangan Anda negatif. Sudah tentu syarat kredit mobil satu ini menjadi satu poin yang harus Anda pertimbangkan dengan matang.

Uang Muka dan Besar Cicilan

Pengajuan kredit mensyaratkan uang muka sebesar 20-30 persen. Hal ini menjadi syarat kredit mobil yang mutlak. Maka, pastikan Anda sudah menyiapkan uang muka berdasarkan persentase dari harga mobil tersebut. Misalnya jika harga mobil Rp200 juta, berarti uang muka yang harus dipersiapkan adalah Rp40 juta hingga Rp60 juta.

Besarnya uang muka sangat berpengaruh pada besar cicilan dan tenor kredit Anda. Semakin besar uang muka yang dibayarkan maka semakin besar pula peluang bagi Anda untuk memilih tenor cicilan dan besarnya cicilan.

Rekening Pribadi

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil kredit mobil sebaiknya buatlah sebuah rekening yang sehat. Artinya pemasukan dan pengeluaran dalam rekening Anda harus berimbang dan surplus aktif. Jadi, walaupun pemasukan tidak terlalu banyak, secara nominal pemasukan terus meningkat.

Hal ini menjadi acuan dasar pengajuan kredit di lembaga pembiayaan, mereka akan lebih percaya dengan semua laporan pribadi yang Anda miliki.

Kelengkapan Data Administrasi

Syarat kredit mobil terakhir dan yang tidak kalah penting adalah berkas administrasi. Berkas administrasi yang lengkap menjadi bagian penting dalam tahap pengajuan kredit mobil. Selain itu kelengkapan dokumen juga merupakan syarat penentu pengajuan kredit Anda cepat disetujui.

Berkas-berkas yang harus dimiliki sebelum mengajukan kredit adalah, Kartu Keluarga, KTP, slip gaji, rekening tabungan, rekening listrik, telepon, Pajak Bumi Bangunan, dan dokumen penunjang lainnya sesuai persyaratan di lembaga pembiayaan tersebut.

Jangan lupa untuk memeriksa dokumen yang akan diberikan, pastikan jika data tersebut merupakan data terbaru dan sesuai dengan tempat tinggal sekarang. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Tip Membeli Mobil Secara Kredit

Setelah mengetahui syarat kredit mobil yang harus Anda lengkapi dan lakukan, selanjutnya Anda harus memiliki siasat agar proses kredit berjalan lancar dan tidak terjebak dengan skema yang ditawarkan. Mari kita lihat bersama berikut ini!

Pilihlah Perusahaan Leasing Mobil Terpercaya

Pada saat Anda sudah memilih type dan kelebihan mobil pilihan Anda sebaiknya segera cari tahu perusahaan leasing mana yang akan Anda pilih. Biasanya perusahaan leasing telah menyiapkan banyak penawaran. Berhati-hatilah dalam memilih perusahaan leasing mobil.

Pilihlah perusahaan leasing mobil yang memberikan harga uang muka yang bersaing, dengan bunga ringan, jangka waktu yang cukup fleksibel serta memiliki realitas harga yang cukup bersaing dengan kompetitornya.

Konsultasikan Skema Cicilan

Pilihlah masa kredit yang tidak melebihi dari batas ekonomis dari mobil Anda. Hal ini dikarenakan jika lebih dari empat atau lima tahun, maka semakin banyak pengeluaran ekstra yang akan dikeluarkan untuk perbaikan. Padahal, Anda masih memiliki tanggungan untuk membayar cicilan mobil. Dengan demikian maka ini akan mengancam pengeluaran Anda menjadi dua kali lebih banyak.

Selain itu, mintalah penjelasan seputar suku bunganya. Secara teknis, ada dua jenis suku bunga, yaitu bunga tetap (flat rate) dan suku bunga mengambang atau mengikuti bunga pasar (floating rate). Perlu diketahui bahwa di beberapa bank dan lembaga pembiayaan telah memberlakukan suku bunga tetap namun hanya di tahun awal dari masa kredit.

Itulah beberapa syarat kredit mobil dan tip mengambil mobil secara kredit. Bagaimana, sudah siap untuk mengambil mobil secara kredit?

Comments are closed.