Syarat Perpanjang STNK Online: Apa Saja yang Diperlukan?

Asuransi MobilMobil

STNK mobil Anda sudah mau habis? Dengan cara perpajang STNK online akan mempermudah Anda. Berikut ini syarat perpanjang STNK yang harus diperlukan.

Salah satu kewajiban dalam memiliki kendaraan adalah perpanjang STNK. Sekarang syarat dan prosesnya bisa lebh mudah dengan cara online. Namun, tentunya harus dilengkapi juga dengan berbagai macam dokumen yang diperlukan.

Berikut ini syarat yang diperlukan untuk perpanjang STNK mobil tahunan.

Syarat Perpanjang STNK mobil Tahunan

Berbagai dokumen yang harus dipersiapkan sebagai syarat perpanjang STNK mobil tahunan, yaitu sebagai berikut ini.

STNK asli dan foto kopi.

Fotokopi BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor.

KTP asli dan Foto kopi sesuai dengan nama yang tercantum pada STNK dan BPKB.

Proses Perpanjang STNK

Selanjutnya setelah semua syarat perpanjang STNK tahunan telah lengkap. Sekarang segera menuju kantor SAMSAT untuk melakukan proses lebih lanjut. Dari tahap registrasi, membayar hingga mendapatkan STNK periode terbaru.

Seperti ini prosesnya saat berada di kantor SAMSAT

Isi dengan lengkap sesuai dengan data tercantum formulir perpanjangan STNK di loket pendaftaran

Serahkan formulir ke loket untuk diserahkan berkasnya beserta dengan slip pembayaran pajak mobil

Bayar pajak sesuai dengan yang terteran di di slip pembayaran pajak mobil

Bawa bukti pelunasan pajak mobil, kemudian serahkan ke loket untuk syarat mengambil STNK.

Perpanjang STNK Online

Untuk proses perpanjang STNK online akan lebih memudahkan Anda. Selain lebih efisien waktunya dan juga lebih praktis. Hanya beberapa daerah saja yang telah mempunyai sistem online yakni, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Berikut ini daftarnya!

Samsat Online Wilayah DKI Jakarta

Berikut ini wilayah yang masuk dalam samsat online wilayah DKI Jakarta: Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur. Untuk proses perpanjang STNK online bisa diakukan di Samsat BSD, Samsat Cinere, dan Samsat Cikokol.

Samsat Online Wilayah Banten

Untuk wilayah yang masuk dalam samsat online wilayah Banten, yakni: BSD, Cikokol, Ciputat, Balaraja. Untuk samsat online pengurusan dan perpanjangan STNK, dapat diproses di Samsat Jakarta Selatang dan Samsat Cinere.

Samsat Online Wilayah Jawa Barat

Samsat online yang wilayahnya terasuk dalam daerah Jawa Barat, adalah: Depok, Cinere, Cikarang-Bekasi. Sedangkan untuk pengurusan dan perpanjangan STNK online bisa dilakukan di Samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, dan Samsat Cikokol.

Samsat Drive Thru

Wilayah DKI Jakarta menerapkan sistem drive thru, untuk perpanjang STNK mobil online. Khusus bagi Anda yang menggunakan rekening bank DKI, lebih dimudahkan dengan pembayaran pajak hanya lewat ATM saja. Lalu bagaimana yang buka nasabah bank DKI? Jangan khawatir, karena bisa membayara pajak kendaraan lewat loket bank.

Berikut ini samsat drive thru yang tersebar di Jakarta.

Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Selatan

Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat

Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara

Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur

Sekarang bayar pajak dan perpanjang STNK online tidak perlu repot dan ribet lagi. Dengan Samsat drive thru, Anda hanya tinggal memberikan BPKB, STNK, dan KTP. Kemudian tinggal bayar dan selesai sudah urusan perpanjang stnk online.

Samsat Online Jawa Barat

Untuk di wilayah Jawa Barat, tersedia juga layanan perpanjang STNK online. Bekerjsama dengan bank BJB yang akan memberikan kemudahan. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi, cukup dengan sistem format SMS. Kemudian ikuti langkah pembayaran, dan dapatkan tanda buktinya.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

 

 

Comments are closed.