9 Keunggulan Tesla Cybertruck, Truk Listrik Harga Rakyat

Mobil

Tesla kini meluncurkan produk baru, Tesla Cybertruck. Truk bertenaga listrik ini akan segera memasuki Indonesia dengan harga mulai dari dari Rp500 jutaan.

Kehadiran Tesla Cybertruck menjadi perbincangan dalam industri otomotif dunia. Mendobrak stigma negatif mesin bertenaga listrik yang tidak mampu menempuh perjalanan panjang dengan bobot besar, Produsen mobil milik Elon Musk ini meruntuhkan pendapat itu dengan menghadikan cybertruck yang dianggap sebagai penemuan fantastis.

Dengan eksterior tajam yang terbuat dari stainless steel anti gores dan penyok, Tesla Cybertruck ini digadang-gadan akan menjadi kendaraan yang sangat tangguh. Truk ini mampu melalui jalan lebih dari 500 mil. Bocorannya versi pertama akan mulai diproduksi pada akhir 2021. Jika Anda tengah membutuhkan truk untuk menunjang bisnis, yang ini harus ada dalam list Anda.

9 Keunggulan Tesla Cybertruck

Tersedia dalam Tiga Varian

desain tesla cybertruck

Tesla Cybertruck tersedia dalam tiga varian dengan banderol berbeda. Harga yang dipatok berdasarkan pada jumlah motor listrik yang digunakan. Seluruh truk dilengkapi dengan standar Sementara all-wheel drive  kecualo versi motor tunggal. Setiap tambahan motor mengindikasikan penambaahan akselerasi, waktu mengemudi yang lebih alama dan kapasitas penarik lebih besar.

Baca juga: Terbaru! 5 Mobil Tesla ini Paling Ditunggu

Penggunaan motor yang berbeda akhirnya berpengaruh pada harganya, yakni:

Motor Tunggal: $ 39.900 atau sekitar Rp 557 juta

Motor Ganda: $ 49.900 atau sekitar Rp 697 juta

Tri Motor: $ 69.900 atau sekitar Rp 976 juta

Engine, Transmisi, dan Performa Tinggi

Cybertruck tersedia dengan tidak hanya satu, tidak hanya dua, tetapi tiga motor listrik. Sementara truk motor tunggal memiliki penggerak roda belakang, model dua dan tiga motor memiliki penggerak semua roda. Tesla mengklaim cybertruck dapat melesat hingga 60 mph dalam 6,5 detik dan maksimalnya pada 110 mph.

Penggunaan Dual-motor Cybertruck bisa menempuh 60 mph hanya dalam 4,5 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 120 mph. Jelas, Anda yang menginginkan kecepatan harus memiliki versi tertinginya dengan tiga motor listik yang katanya bisa berteleportasi dari nol hingga 60 mph dalam 2,9 detik Dengan kecepatan tertinggi 100 km/jam.

Semua Cybertrucks memiliki suspensi udara yang dapat disesuaikan yang dapat dinaikkan atau diturunkan dengan cepat dan memberikan jarak ground hingga 16 inci. Cybertruck ini didukung oleh mesin off-road yang Tangguh jadi dapat berkendara di medan seperti apapun.

Kapasitas Penarik dan Payload

Pihak Tesla mengklaim bahwa produk anyarnya ini punya daya penganggkutan sangat besar. Cybertruck dengan motor tunggal dan ganda memiliki peringkat derek maksimum masing-masing 7500 pound (3400 kg) dan 10.000 pound (4500 kg) , model dengan motor ketiga bahkan mampu menarik  hingga 14.000 pound (6300 kg).

Kisaran, Pengisian, dan Umur Baterai

Tesla tidak mengungkapkan ukuran baterai yang akan menggerakkan pickup elektriknya. Namun, setiap model akan memiliki kabel pengisian daya 250-kW. Pengisian daya bisa dilakukan dirumah atau ke jaringan Superchargers Tesla. Jangkauan berkendara bervariasi dengan jumlah motor, tetapi Tesla mengklaim Cybertruck dengan motor tunggal memiliki jangkauan 250-plus mil, sementara Cybertruck motor ganda memiliki jangkauan 300-plus mil, dan tri-motor dapat menempuh lebih dari 500 mil.

Desain

Cybertruck memang pendatang baru, tapi mereka tak mau kalah saing dibanding truk-truk ternama seperti Ford F-150 yang menjadi raja truk pick up di Amerika. Dari sisi eksterior truk ini Nampak berbentuk segitiga namun tetap punya dimension kompak. Salah satu keunikannya adalah bahan stainless steel yang digunakan pada bagian body disinyalir tahan peluru.

Interior, Kenyamanan, dan Kargo

interior tesla cybertruck

Jangan berharap banyak pada desain interiornya, karenya kabin Cybertruck sangat sederhana. Bagian dashboard seperti pelat yang hanya didominasi oleh satu layar sentuh besar. Setirnya yang terlihat memiliki semacam layar yang menyala. Sementara untuk daya tambung, Cybertruck juga dapat menampung hingga enam orang, dan kargo 6,4 kaki yang menghasilkan volume 100 kaki kubik. Truk listrik ini juga dilengkapi dengan bak yang dapat digeser yang berfungsi sebagai jalan untuk memuat kendaraan roda empat dan sepeda motor.

Infotainment dan Konektivitas

Sebenarnya detail spesifik mengenai system infotainment Cybertruck ini masih belum dirilis resmi. Satu yang sudah pasti adalah model ini akan dilengkapi dengan layar sentuh 17 inci besar yang dipasang secara horizontal di tengah dashboard.

Baca juga: Porsche Taycan, Sedan Listrik Paling Cantik di 2020

Fitur dan Bantuan Pengemudi

Cybertruck belum diuji kecelakaan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) atau Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (IIHS). Namun, setiap model akan menampilkan fitur Autopilot self-driving Tesla, dan perusahaan mengatakan akan menawarkan opsi Self-Driving Penuh dengan tambahan harga sekitar$ 7000.

esla menambahkan fitur yang mungkin jarang Anda temui pada produk truk lain yakni, suspensi self-leveling yang mengkompensasi beban variabel. Fitur ini memudahkan pengemudik ketika membawa beban berat. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk membuat ground clearance lebih rendah maupun lebih tinggi.

Fitur lainnya yang tergolong moderen adalah inverter daya yang dapat memasok listrik 120-volt dan 240-colt. Anda tak perlu lagi membawa generator portable untuk menyimpan cadangan listrik.  Generator ini dapat digunakan oleh kompresor udara untuk menyalakan alat pneumatik, mengisi daya ATV pada bak belakang, hingga menghidupkan kompor listrik yang disediakan dalam Mode Camp.

Jaminan Perawatan Mobil

Tesla memberikan garansi komprehensif pada model-modelnya saat ini, namun tidak termasuk perawatan gratis. Jaminan perawatan yang akan Anda dapat ketika membeli Cybertruck antara lain:

  • Garansi terbatas mencakup 4 tahun atau ketika truck sudah mencapai daya tempuh 50.000 mil
  • Garansi Powertrain mencakup 8 tahun, terlepas dari jarak tempuhnya

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Baru dirilis Cybertruck Sudah Banjir Pesanan

Menurut penuturan sang pemilik, Cybertruck mampu menggebrak pasar internasional. Hal itu terbukti dengan datangnya 146.000 pesanan yang masuk. Di lama resminya Musk mengatakan setiap pembelian Cybertruck konsumen diharuskan membayar reservasi sebesar US$100 atau sekitar Rp 1,4 juta.

mesin tesla cybertruck

Tesla akan mulai diproduksi dan dipasarkan 2021 mendatang. Sementara di Indonesia Cybertruck direncanakan baru akan mengaspal pada 2022. Truk ini akan dipasarkan oleh Prestige Image Motorcars, selaku importir mobil mewah di Tanah Air. Namun jangan heran ketika masuk ke Indonesia harganya akan sedikit naik, sebab sudah termasuk pajak dan administrasi lain.

Baca  juga: Kabar Kendaraan Masa Depan Terbaru 2020

Comments are closed.