Tip Berkendara Aman Saat Liburan Natal dan Liburan

Mobil

Di liburan natal dan tahun baru ini, pasti sebagian dari Anda telah merencanakan liburan menggunakan mobil. Nah, di sini ada beberapa tip berkendara aman saat liburan natal dan tahun baru.

Perayaan natal dan tahun baru memang terbilang berdekatan, dan hal ini banyak dimanfaatkan orang sebagian orang untuk menghabiskan waktu cuti liburan akhir tahun. Banyak juga yang menggunakan mobil pribadi untuk pergi berlibur ke luar kota. Namun, penting untuk tetap berkendara aman saat liburan natal dan tahun baru ini. Hal ini dikarenakan kondisi jalanan akan lebih padat dari biasanya, dengan volume kendaraan yang meningkat dari biasanya.

Bagi Anda yang sedang berlibur ke luar kota menggunakan mobil pribadi, dan sedang berjalan-jalan di kota tujuan tersebut harus lebih hati-hati saat berkendara. Berikut ini tip berkendara aman saat liburan natal dan liburan.

Kondisi Mobil Aman

Sebelum Anda pergi berlibur natal dan tahun baru menggunakan mobil, sebaiknya cek kondisi mobil terdahulu. Jika sudah mendekati waktu servis, sebaiknya lakukan servis terlebih dahulu. Hal ini untuk membuat kendaraan dalam kondisi prima selama di perjalanan.

Selain itu, Anda juga harus memastikan peralatan-perlatan untuk perawatan mobil seperti dongkrak, kunci pas, dan kunci L hingga berbagai peralatan bengkel lainnya sudah ada di dalam bagasi. Ini wajib selalu ada di dalam mobil, untuk mengantisipasi berbagai risiko di perjalanan.

Kebugaran Tubuh Pengemudi

Sebagai salah satu tips berkendara aman saat liburan natal dan tahun baru, penting sekali untuk menjaga kebugaran tubuh. Jangan sampai si pengemudi lalai akibat lelah, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. Hindari untuk memaksakan diri saat berkendara, saat kondisi fisiknya sudah lelah dan mengantuk. Sebaiknya bisa menepikan kendaraan dahulu di tempat istirahat saat kondisi badan dan mata sudah lelah. Lebih aman, coba untuk 3 jam sekali menyempatkan waktu untuk beristirahat bagi Anda dan keluarga ketika sedang berlibur.

Bawa Perlengkapan Obat-obatan

Membawa perlengkapan obat-obatan di dalam mobil juga menjadi salah satu tip berkendara aman saat liburan natal dan tahun baru. Hal ini untuk jaga-jaga, jika salah satu dari penumpang di mobil sedang sakit di jalan atau terjadi kejadian tak terduga.

Pengaturan Posisi Kemudi

Mengatur terlebih dahulu posisi kursi atau jok mobil, agar selama perjalanan Anda tetap nyaman saat berada dalam kendaraan Anda. Buat posisi senyaman mungkin di mana tangan, badan, serta kaki yang tepat pada posisi seharusnya. Kemudian, jangan lupakan juga untuk mengatur jarak kaki dengan pedal. Di mana patokan kaki yang tepat adalah posisi kaki harus menginjak pedal kopling secara penuh bagi mobil yang menggunakan transmisi manual.

Sedangkan untuk mobil yang menggunakan transmisi otomatis atau matik, posisi kaki harus bisa menekan pedal rem secara penuh. Kemudian untuk posisi sandaran punggung sebaiknya Anda bisa atur dalam posisi sedikit lebih tegak hingga tangan Anda akan membentuk sedikit sudut sehingga terlihat lebih relaks dalam mengemudikan kendaraan. Buatlah pengaturan kursi yang relaks bagi semua penumpang di mobil, demi terciptanya perjalanan yang aman dan nyaman.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Pendingin Udara AC Berfungsi dengan Baik

Saat melakukan perjalanan liburan jauh menggunakan mobil di liburan natal dan tahun baru ini, sudah pasti sekali sangat membantu dengan adanya AC. Perjalanan yang bisa saja memakan waktu selama berjam-jam di jalan, sudah pasti membutuhkan AC demi menunjang perjalanan Anda. Sebelumnya cek terlebih dahulu freon AC mobil, agar tidak terjadi masalah di jalan.

Perangkat Hiburan Berfungsi dengan Baik

Cek kondisi perangkat hiburan untuk menghindari kebosanan dan kejenuhan dalam menempuh perjalanan jauh. Hal ini akan menambah keceriaan di perjalanan, sambil mendengarkan lagu. Tapi, perlu diingat harus selalu konsentrasi saat menyetir agar perjalanan tetap aman.

Menata Rapi Ruang Penyimpanan Barang

Pastikan ruang penyimpanan barang tertata dengan rapi, kemudian bawa barang yang diperlukan saja. Hindari membawa barang-barang tidak perlu, karena akan memakan tempat dan menambah beban kendaraan saja.

Comments are closed.