Tip Keselamatan Berkendara Bagi Wanita Saat Mengisi Bensin

Mobil

Bagi wanita penting untuk memerhatikan keselamatan berkendara ketika sedang mengisi bensin mobil. Hal apa saja yang harus diperhatikan wanita saat mengisi bensin?

Di Indonesia banyak sekali dijumpai pengendara mobil wanita. Wanita hebat ini mengemudikan sendiri kendaraan mereka untuk menunjang aktivitas. Tidak hanya sekadar bisa mengemudikan mobil saja, Anda yang memang terbaisa mengemudikan kendaraan sendiri harus paham berbagai etika dalam menjaga keselamatan berkendara. Salah satunya menjaga keselamatan ketika sedang mengisi bensin. Berikut ini tip keselamatan berkendara untuk wantia saat mengisi bensin.

Matikan Mesin Saat Mengisi Bensin

Ini hal wajib pertama saat mengisi bensin pada mobil di SPBU. Ini agar aman sewaktu petugas melakukan pengisian bensin, karena mesin mobil yang hidup terdapat banyak sekali aliran listrik. Mulai dari aliran listrik dari aki ke coil (koil pengapian), aliran listrik kemudian melewati kabel busi. Nah, hal ini akan berbahaya jika mesin menyala saat melakukan pengisian bahan bakar.

Kunci Pintu

Kemudian hal berikutnya adalah mengunci pintu dengan rapat. Biasanya para wanita sering menaruh tas di jok depan penumpang untuk memudahakan mereka mengambil berbagai keperluan. Jangan sampai hal ini memancing niat jahat para pelaku tindak kriminal. Penting untuk selalu mengunci pintu mobil secara rapat, kemudian bila harus keluar mobil saat melakukan pembayaran sebisa mungkin kunci pintu mobil dan bawa juga tas Anda.

Mengisi daya Baterai Ponsel atau Powerbank

Di mobil biasanya  ada port untuk pengisian daya, yang biasannya berasal dari pemantik api. Untuk itu tegangan listrik dari mobil menjadi kurang stabil, karena putaran mesin mobil yang naik turun. Selain itu juga listrik banyak dialokasikan untuk penerangan mobil, AC serta audio. Nah, kondisi-kondisi tersebut bisa memicu timbulnya ledakan ponsel yang pada akhirnya bisa merambat pada bagian lain di mobil yang sangat rawan percikan api maupun sumber panas yang lain.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Jangan Terlalu Penuh Saat Mengisi Bensin

Bila Anda ingin melakukan pengisian penuh saat berada di SPBU, usahakan jangan terlalu penuh hingga tumpah keluar. Hal ini disebabkan karena bensin juga butuh udara agar tidak mengendap dan biarkan ada ruang antara bensin dan leher tangki. Tangki bensin membutuhkan ruang agar bensin bisa mengembang, karena setiap tangki mobil selalu dilengkapi dengan lubang hawa. Nah, fungsi dari lubang ini bisa untuk mengurangi tekanan yang telah dihasilkan BBM yang ada di dalam tangki. Jadi bisa dibayangkan kalau seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bensin, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang yang menyebabkan BBM terbuang percuma.

Comments are closed.