Tip Membeli Mobil di Bursa Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Mobil

Membeli mobil di bursa mobil bekas sama saja seperti Anda membeli mobil langsung kepada pemiliknya. Ada banyak proses pengecekan yang harus dilakukan agar Anda tidak merasa dirugikan.

Salah satu cara berhemat untuk tetap bisa memiliki mobil adalah dengan cara membeli mobil bekas. Lagipula, bukan berarti mobil bekas itu jelek karena tidak semua orang yang menjual mobilnya disebabkan sudah tidak terpakai. Setiap orang memiliki berbagai alasan mengapa ia menjual mobilnya, seperti tidak sanggup membayar cicilan, ingin menggantinya dengan seri yang terbaru, dan masih banyak lagi. Melihat kegiatan jual beli mobil bekas yang cukup banyak diminati, membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih kreatif lagi untuk memberikan wadah jual beli mobil bekas dengan mengandalkan teknologi dan juga internet. Wadah tersebut biasanya disebut sebagai bursa mobil bekas online. Bursa mobil bekas online ini sudah ada di Indonesia sejak beberapa tahun silam dan antusias dari masyarakat cukup besar. Sudah banyak masyarakat yang menjual atau membeli mobil bekas memalaui bursa mobil bekas online tersebut. Namun, di luar itu semua, penipuan tidak pernah ada habisnya. Seaman apa pun situs tersebut, Anda tetap harus waspada agar semua transaksi yang dilakukan tetap berjalan lancar. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba membeli atau menjual di bursa mobil bekas online, berikut ini trik agar tidak tertipu.

Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Bursa Mobil Bekas

  • Riset Online Bursa Mobil Bekas

Adanya internet memang sangat memudahkan kaum milenial untuk mencari mobil bekas yang diinginkan tanpa harus mengujungi diler mobil. Namun, meskipun mudah, tetapi Anda tetap harus waspada dan pastikan situs dan juga calon pembeli atau penjual mobil yang Anda inginkan aman dan nyata. Oleh karena itu, usahakan untuk mencari perbandingan terlebih dahulu dan juga membaca review dari orang-orang lain secara detail.

Baca juga: Ini Strategi Mengikuti Lelang Mobil Agar Tidak Tertipu

  • Jangan Terburu-buru

Jika memang Anda sudah mendapatkan mobil yang sesuai dengan diinginkan, alangkah baiknya jangan terburu-buru untuk melakukan kesepakatan. Anda harus bisa bernegosiasi agar kedua belah pihak merasa tidak dirugikan. Ketika melakukan negosiasi, bersikaplah tenang seperti orang yang terbiasa jual-beli mobil karena pembeli pemula cenderung tidak sabar untuk langsung membawa pulang kendaraan itu. Pasalnya, sikap tenang dan tidak tergesa-gesa juga membuat para penjual untuk berpikir ekstra dengan menawarkan berbagai promo berupa potongan harga hingga tambahan aksesori dengan harapan Anda tergiur dengan penawaran dan membeli mobil tersebut.

  • Tanyakan Kondisi dan Sejarah Mobil

Selain mengenai harga, Anda juga harus detail dalam mencari informasi mengenai kondisi mobil yang ingin dibeli. Jangan pernah ragu untuk menanyakan seluruh kondisi mobil kepada tenaga penjual. Pertanyaan bisa dimulai dari siapa yang menggunakannya, alasan mobil ini ingin dijual, apakah pernah kecelakaan, terkena banjir, kelengkapan surat-surat, dan masih banyak lagi. Mengetahui kondisi dan sejarah mobil tersebut adalah hal yang penting untuk menghindari kerugian yang mungkin muncul di kemudian hari. Sangat disarankan jangan membeli mobil bekas yang pernah tabrakan hebat, terendam banjir, dan odometernya bisa diatur ulang. Ketiga hal ini akan berpengaruh pada performa mesin yang tidak berjalan semestinya. Selain itu, tanyakan juga apakah mobil tersebut bekas jadi mobil sewaan atau mobil sitaan perusahaan leasing. Hal ini juga perlu ditanyakan untuk menghindari risiko kerugian pada diri Anda.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

  • Jangan Tergiur Penawaran Rendah di Bursa Mobil Bekas

Masih banyak bursa mobil bekas yang menawarkan harga mobil terjangkau. Boleh saja Anda mencari tahu tapi jangan mudah tergiur. Sebab, dibalik penawaran rendah pasti ada hal-hal tertentu yang bisa memberikan kerugian untuk Anda.

Baca juga: Sekarang Cek Pajak Kendaraan Bisa Online

  • Minta Bantuan Orang yang Mengenal Mesin

Mesin memang menjadi elemen penting yang harus Anda perhatikan ketika membeli mobil bekas. Nah, masalahnya masih banyak masyarakat yang tidak mengerti mesin mobil. Jika Anda termasuk salah satu yang tidak mengerti mesin mobil, sebaiknya ajak kerabat ataupun keluarga yang paham dengan mesin mobil sehingga ia bisa mengecek kondisi mesin secara keseluruhan. Orang yang paham mesin mobil biasanya mengetahui setiap komponen mesin masih original atau tidak, memiliki fungsi yang baik atau tidak. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki dasar yang kuat ketika mengambil keputusan untuk membeli mobil.

  • Memeriksa Catatan Servis Kendaraan yang Dijual di Bursa Mobil Bekas

Selain mesin, Anda juga harus memeriksa catatan servis mobil yang ingin Anda beli. Pasalnya, jika mobil yang diservis dengan rutin dan dirawat pasti memiliki performa yang baik. Biasanya setiap kali melakukan servis, maka pihak bengkel akan menuliskan catatan servis berkala dan komponen apa saja yang pernah diganti sehingga Anda bisa lebih mudah dalam menilai performa mobil bekas tersebut. Jadi, catatan servis kendaraan juga bisa dijadikan petunjuk untuk Anda membeli mobil.

  • Tes Mengemudi Sebelum Beli di Bursa Mobil Bekas

Setelah mengecek kondisi mesin mobil dan melihat catatan servis kendaraan itu, bukan berarti bahwa mobil itu akan berfungsi dengan baik. Masih ada banyak rangkaian pemeriksaan mobil yang harus dilakukan, yaitu dengan cara tes mengemudi. Poin ini jangan sampai tertinggal karena Anda harus bisa merasakan sendiri kondisi mobil tersebut secara langsung. Dengan melakukan tes mengemudi, Anda akan mengetahui bagaimana performa mesin yang sebenarnya. Perhatikan suara mesin, getaran mesin, dan asap pada knalpot mobil tersebut. Pada saat melakukan tes mengemudi, Anda harus melakukannya dengan teliti, jangan terburu-buru menilai karena kondisi mesin yang sebenarnya baru bisa dilihat setelah dipakai beberapa lama atau dibawa jalan beberapa jauh. Mungkin Anda akan dinilai sebagai pembeli yang rewel, tapi itu lebih baik daripada Anda menyesal nantinya. Jika dilihat poin-poin di atas, rasanya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Pasalnya semua poin tersebut bertujuan hanya untuk memudahkan Anda mendapatkan mobil bekas yang terbaik meskipun belinya di bursa mobil bekas. Jadi, jika Anda tidak ingin menjadi korban penipuan atau merasa dirugikan dari proses jual beli tersebut, alngkah baiknya ikuti semua trik di atas ya. Selamat mencoba!

Comments are closed.