Tip Mengantisipasi Kriminalitas Mobil di Jalan

Mobil

Demi keamanan, sebaiknya Anda mengemudikan mobil dengan ekstra waspada saat di jalan raya. Serta perhatikan tip mengantisipasi kriminalitas mobil yang sering melakukan modus operandi.

Bagi Anda yang sehari-hari menggunakan mobil sebagai alat transportasi untuk rutinitas, diharapkan selalu waspada saat menyetir. Hal ini, untuk mengantisipasi aksi kriminal di jalan raya. Terlebih di setiap kawasan yang selalu Anda lalui sehari-hari. Di jalan raya rawan sekali aksi kriminalitas, banyak sindikat kriminal yang nekat untuk melakukan aksi kejahatan walaupun kaca mobil sudah tertutup rapat.

Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, dibawah ini ada beberapa langkah antisipasi saat menghadapi kriminalitas mobil di jalan raya.

[quads id=1]

Simak yuk tip mengantisipasi kriminalitas mobil!

Kondisi Tubuh Fit

Jangan mengemudi saat kondisi tubuh tidak fit atau sakit, hal ini akan mengakibatkan rasa emosi, sedih, marah, dan stres. Maka, saat Anda mengemudi dalam kondisi sakit pengemudi akan kurang menyadari ancaman di sekitarnya.

Tentukan Rute Jalan

Sebelum berangkat ke tujuan, tentukan dulu rute jalan yang ingin diambil. Antisipasi daerah-daerah rawan kejahatan. Sebaiknya, Anda menghindari mengemudi sendiri saat malam hari. Demi keselamatan ambil jalur yang terang dan ramai, lebih baik jauh daripada dekat tapi rawan, gelap dan jalan kurang familiar.

[quads id=4]

Cek Kendaraan

Sebelum berangkat, periksa selalu semua kondisi kendaraan. Dari mulai ban, kunci, lampu-lampu hingga mesin. Anda bisa pastikan semua bekerja dengan baik.

Kaca Mobil Terang? Jaga Penampilan Anda

Kaca mobil Anda termasuk terang? Sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang mencolok. Jaga penampilan Anda jangan menggunakan perhiasan berlebihan, yang bisa mengundang perampok. Terutama saat mengemudi malam hari, gunakan sweater, jaket, atau hoodie saat sedang mengemudi.

Jangan memakai dandanan dan perhiasan berlebihan, karena hal tersebut bisa mengundang perampok. Apalagi kalau kaca mobil cukup terang. Wanita cenderung dipilih jadi korban, kalau mengemudi malam, lebih baik tidak terlalu terlihat bila Anda wanita.

Tip Mengantisipasi Kriminalitas Mobil dengan Menjaga Barang Bawaan

Jangan sembarangan menaruh barang bawaan yang berserakan di jok dan dasbor. Seperti handphone, dompet, tas, dan barang berharga lainnya. Letakan di bagian mobil yang tak telihat, seperti kalau mobi sedan atau hatcback bisa ditaruh di bagasi, atau kalau mobil tipe SUV atau MPV bisa ditaruh di bagasi belakang dengan jok yang sudah dilipat.

Biasanya hal ini sering menjadi perhatian para penjahat. Mereka mengincarnya saat macet, mengisi bahan bakar di SPBU, dan aksi penipuan ban kempes di jalan. Saat mereka melihat barang berharga, mereka akan menguntit dan melancarkan aksi perampokan saat ada kesempatan, terutama saat jalan sepi.

[quads id=7]

Mengemudi dengan Rasa Tenang dan Jangan Terpancing Emosi

Mengemudi dengan rasa sabar, dan tak mudah terprovokasi dengan kondisi di luar mobil. Kontrol emosi Anda saat ada pengendara yang ugal-ugalan dekat Anda. Ada banyak modus yang dilakukan oleh para sindikat kriminal, seperti pura-pura tertabarak, marah-marah hingga memancing emosi pengemudi agar keluar dari kendaraan.

Lihat Kondisi Parkir atau Saat Mau Berhenti

Saat Anda ingin pergi ke ATM atau ke minimarket, jangan parkir mobil terlalu jauh. Hindari memperbesar peluang para sindikat kriminal untuk melakukan aksi kejahatan. Pilih lokasi ATM dan parkir yang terang, ada satpam jaganya, dan ramai. Hindari ATM yang sepi dan tidak ada satpam jaganya.

Hindari Rasa Panik

Ini peringatan bagi pengemudi di mana pun! Saat Anda panik, tidak akan bisa berpikir jernih dan menyelesaikan masalah. Hal ini kerap memperburuk situasi, diharapkan Anda tetap tenang kemudian tarik napas yang dalam. Bila terjadi salah satu insiden seperti, modus pura-pura tertabrak, diberitahukan kalau ban mobil kempes, dan lain sebagainya. Ingat, jangan langsung panik! Tetap berpikir jernih dan bersikap tenang. Kemudian carilah tempat ramai dan terang untuk parkir.

Comments are closed.