Tip Mengganti Sendiri Ban Mobil

Mobil

Ban bocor di tengah jalan, mungkin sebagian besar pengendara mobil pernah mengalaminya. Namun, tidak semua orang juga bisa mengganti sendiri ban mobil .

Ketika Anda sedang asyik berkendara, tiba-tiba ban mobil bocor di tengah jalan. Lalu melihat sekitar ternyata tidak ada bengkel dan tak ada yang bisa membantu. Kejadian seperti ini tentu sangat menjengkelkan, mau tidak mau harus mengganti sendiri ban mobil. Hal ini harus menjadi keahlian wajib para pengendara mobil, karena risiko kejadian ban bocor bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengganti sendiri ban mobil, selama ada perlengkapan dan alat yang dibutuhkan hal ini bisa dibereskan sendiri. Mengganti ban mobil di sini lebih kepada penggantian ban bocor atau ban kempes, juga dengan mengganti ban karena kondisinya yang sudah usang dan sudah saatnya untuk diganti. Perlu diingat saat ban mobil bocor atau tiba-tiba kempes, jangan langsung berhenti. Waspada dengan kondisi sekitar kemudian cari tempat aman untuk berhenti. (Baca juga: 5 Cara Mudah Mengganti Oli Mobil Tanpa Perlu ke Bengkel)

Berikut di bawah ini tip mengganti sendiri ban mobil:

Siapkan Dongkrak dan Kunci Ban

Tanpa peralatan yang memadai Anda juga tak bisa mengganti sendiri ban mobil. Ketika mobil sudah ditepikan di tempat aman dan lampu hazard sudah dinyalakan. Keluarkan dongkrak, kunci ban, hingga ban mobil, taruh di tempat yang mudah dijangkau.

Kendurkan Baut pada Ban

Di setiap ban ada baut-baut yang terpasang pada as roda. Anda bisa buka baut tersebut dengan obeng dan putar baut berlawanan arah jarum jam. Cara untuk mengendurkan baut dengan mudah adalah dengan mengendurkan baut yang saling berlawanan. Tapi, pada tahap ini cukup dikendurkan saja dan belum sampai baut terlepas dulu.

Pasang Dongkrak Ban

Memasang dongkrak ban ada tekniknya juga, agar bisa terangkat dengan struktur yang kokoh. Titik terbaik saat memasang dongkrak yaitu yang berada di dekat roda. Anda juga harus memastikan dongkrak telah berada pada posisi tegak dan lurus, kemudian angkat ban dengan dongkrak yanng telah disiapkan hingga ban terangkat.

Penting saat mengangkat mobil dengan dongkrak untuk perhatikan posisi dongkrak. Perhatikan jika dongkrak terlihat miring, sebaiknya jangan dipaksakan. Jika ini terjadi, atur ulang kembali posisi dongkrak tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Mencari Produk Asuransi Mobil Terbaik dan Murah!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Buka Baut Ban

Ketika posisi bang sudah terangkat, barulah Anda mulai membuka baut satu-persatu. Kemudian, simpan baut-baut tersebut dalam satu wadah agar tidak hilang. Lepas ban dari tempatnya kemudian letakkan ban di tempat yang aman.

Pasang Ban Mobil

Hal berikutnya adalah memasang ban cadangan mobil, pastikan ban tersebut telah terpasang dengan benar. Tekniknya Anda bisa memasang ban sambil sedikit menggoyang-goyangkannnya. Cara ini bisa memudahkan Anda untuk memperoleh posisi yang tepat, juga tenaga yang dikeluarkan tidak begitu habis terkuras.

Ketika ban telah terpasang pada posisi yang tepat, pasang baut dengan cara yang sama ketika Anda mengendurkannya. Anda bisa memasang baut satu persatu dengan cara berseberangan. Pasang baut hingga terasa mengunci dan cukup keras.

Turunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut

Nah, sekarang posisi ban telah terpasang dan baut juga berada pada posisi semula. Anda bisa mulai perlahan-lahan untuk menurunkan dongkrak secara hati-hati. Saat ban sudah sampai ke tanah, lepas dongkrak kemudian kencangkan baut satu persatu. Sama halnya dengan teknik melepaskan baut, Anda bisa kencangkan baut dengan pola bersilang. Ketika sedang mengencangkan baut, Anda harus memastikan kunci roda telah terpasang dengan baik.

Setelah ban cadangan telah terpasang dengan sempurna, jangan lupa untuk mengembalikan semua peralatan ke tempat semula. Agar semua peralatan dan perlengkapan tetap selalu rapi, dan selalu siap jika ban mobil kembali bocor.

Comments are closed.