Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Mobil

Meskipun mobil bekas, tetap Anda harus berhati-hati saat membelinya. Agar mendapatkan mobil dalam kondisi yang prima, ikuti tips membeli mobil bekas berikut ini.

Bukan hal baru lagi jika mobil menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat Indonesia. Banyak hal yang akhirnya membuat setiap orang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Salah satunya, mudah pergi ke tempat yang ingin dituju menjadi alasan lain untuk terus memilih mobil sebagai alat transportasi.

Namun, harga mobil yang semakin melonjak naik membuat mereka berpikir ulang untuk membeli mobil. Selain ada program mobil murah, Anda juga bisa membeli mobil bekas yang tentunya sesuai dengan bujet. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, berikut ini tips membeli mobil bekas yang aman dan terpercaya.

Pastikan Diler Mobil Aman dan Terpercaya

Tips membeli mobil bekas yang pertama, Anda harus mencari informasi baik secara online ataupun offline mengenai diler-diler mobil bekas yang aman dan terpercaya. Hal ini dikarenakan, Anda harus tetap waspada dengan diler yang masih berbuat curang dengan memanipulasi kondisi mobil. Misalnya, mobil tersebut sebenarnya dalam keadaan kurang sehat, tetapi pihak diler memberikan informasi kepada nasabah bahwa mobil tersebut dalam keadaan baik. Nyatanya, setelah digunakan satu minggu, mobil tersebut sudah harus masuk bengkel untuk diperbaiki. Nah, supaya Anda tidak menjadi korban dari kecurangan diler, Anda harus mencari informasi dan surve secara langsung diler-diler terbaik sebelum memutuskan untuk mengambil mobil di diler mana.

Mengecek Performa Mobil

Tips membeli mobil bekas yang kedua, yaitu Anda harus teleti dalam mengecek performa mobil. Performa mobil merupakan bagian yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Cara umum dalam mengecek performa mobil yang bisa Anda lakukan, dengan cara menyalakan mesin dan perhatikan bunyi mesin ketika menyala. Performa mobil tersebut dinyatakan baik jika suara mesin mobil terdengar halus dan tidak kasar. Mesin yang bagus juga memiliki ciri, yaitu mudah untuk di-starter. Tidak hanya sampai di mesin menyala saja, Anda juga harus test drive untuk merasakan tarikan mobil ketika sedang berjalan. Performa yang bagus akan terasa jika mobil itu terasa sangat ringan ketika sedang dikendarakan.

Eksterior dan Interior Mobil

Selain performa mesin, tips membeli mobil bekas yang berikutnya Anda juga harus diperhatikan keadaan eksterior dan interior mobil, seperti kondisi catnya apakah sudah keropos dan banyak goresan, pencahayaan lampu yang masih berjalan dengan baik, kondisi ban, velg mobil, dan daerah eksterior mobil tersebut. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan komponen-komponen lain, seperti aksesori (tipe masih berfungsi dengan baik), AC, dashboard, karpet, jok, jendela, dan masih banyak lagi.

Kelengkapan Surat

Sebelum Anda memilih, pastikan BPKB dan STNK yang Anda dapatkan asli dan nama serta plat nomornya sesuai dengan yang tertera di mobil. Jika Anda masih ragu, Anda bisa membawa surat-surat kendaraan tersebut ke kantor samsat untuk pengecekan.

Asuransi

Asuransi kini menjadi hal penting dalam sebuah mobil. Meskipun mobil yang Anda beli bekas, tetapi Anda juga harus memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang Anda beli ini memiliki asuransi, tentu menjadi hal yang sangat baik. Berarti pemilik sebelumnya sangat peduli dengan mobil tersebut.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Comments are closed.