Tips Merawat Shockbreaker Mobil

Asuransi MobilMobil

Fungsi dari shockbrekaer yakni untuk menjaga keseimbangan mobil saat melewati jalanan bergelombang. Untuk itu,  perlunya merawat shockbreaker mobil agar selalu dalam kondisi optimal.

Sebagai salah satu komponen penting pada mobil. Shocbreaker berfungsi untuk meminimalisir efek yang terjadi pada jalanan yang tidak rata dan bergelombang. Sehinnga dengan adanya shockbreaker maka bodi mobil tidak akan mengalami guncangan yang berlebih. Jika mobil yang Anda gunakan sehari-hari mulai merasakan guncangan yang tidak wajar dari biasanya. Itu biasanya kondisi shockbreaker sudah harus dilakukan perawatan. Agar komponen ini bisa melakukan kinerja yang optimal dan maksimal.

Berikut ini Cara Merawat Shockbreaker

Periksa Batang Shockbreaker

Cara pertama dalam merawata shockbreaker mobil yakni. Pastikan untuk mengecek kondisi batang shockbreaker agar terhindar dari pasir dan debu. Cara membersihkannya Anda bersihkan dengan kuas dan benis, bila ada pasir atau debu yang menempel di shockbreaker.

Bersihkan Batang Piston

Piston yang terdapat pada shockbreaker harus sering dibersihkan, agar terhindna dari kotoran yang bisa menyebabkan baret. Kotoran-kotoran tersebut jikan dibiarkan bisa merusak katup pada piston.

Oleskan Minyak Khusus

Berikutnya dalam merawat shockbreaker mobil adalah oleskan dengan minya finish line dengan tipe wet. Oleskan pada bagian karet silinder shock depan, lakukan dengan hati-hati dan perlahan. Kemudian bersihkan bila masih ada sisa minyak di sekelilingnya, dengan menggunakan bensin lalu gunakan kuas sampai diasptikan kering.

Kencangkan Baut

Kencangkan baut-baut yang ada pada shockbreaker mobil dengan kunci pas yang bisa diatur diameternya. Sebaiknya jangan mengguakan pengencang tenaga listrik, karena bisa menjadikan batang pistro rusak ulirnya.

Jangan Menggunakan Tang

Saat melepas atau memasang komponen shockbreaker, jangan dijepit menggunakan tang. Hal tersebut dapat menimbulkan baret pada batang piston yang bisa menjalar rusaknya seal piston saat shockbreaker melakukan tugasnya. Kemudia perlu diingat pada saat mengencangkan baut shockbreaker, sebaiknya jangan sambil didongkrak. Turunkan terlebih dahulu, lalu dorong mau dan mundur mobil dalam jarak 1 meter. Setelah itu kencangkan baut agar baut dapat mengunci degan maksimal.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

 

 

 

 

Comments are closed.