Spesifikasi dan Harga Toyota Glanza, Anda Berminat?

Mobil

Toyota Glanza hadir sebagai kembaran dari Suzuki Baleno. Tapi, ada beberapa poin yang membedakan kedua city car ini.

Industri otomotif dunia memang bersaing ketat antar pabrikannya. Semua pabrikan tentu berusaha semaksimal mungkin untuk mengeluarkan mobil yang mampu menandingi atau bahkan melebihi kompetitornya.

Persaingan tersebut sangat terasa di pabrikan otomotif Asia. Sebut saja Toyota, Honda, dan Suzuki. Ketiga nama besar ini selalu berusaha menyuguhkan mobil dengan spesifikasi menawan agar dapat meraih hati para pecinta otomotif. Tapi, di balik persaingan tersebut, nyatanya tak jarang produsen mobil berkolaborasi untuk merilis mobil yang sejenis dengan spesifikasi yang tak berbeda jauh.

Hal ini yang baru-baru ini dilakukan oleh Toyota dan Suzuki. Bila Suzuki memiliki Baleno, Toyota juga memiliki mobil serupa yang diberi nama Toyota Glanza. Meski sekilas tak terlihat perbedaan antara kedua mobil tersebut, namun jika dilihat lebih detail, tentu ada beberapa hal yang membedakan Glanza dengan Baleno.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Kia Grand Sedona

Tak perlu buang-buang waktu, mari kita lihat spesifikasi lengkap mobil satu ini!

Spesifikasi Lengkap Toyota Glanza

Eksterior Toyota Glanza yang Menawan dan Futuristik

Namanya juga rebadge, tentu saja tidak banyak perbedaan yang terlihat pada tampilan luar Glanza dengan Baleno. Hanya ada perubahan minor pada bagian depan selain penambahan lencana Toyota pada front end. Lalu, apa saja yang dibawa oleh eksterior Toyota Glanza 2019 selanjutnya?

Dari luar, Glanza terlihat hampir menyerupai Baleno. Namun beberapa perubahan menjadikan Glanza mendapatkan tampilannya tersendiri. Fasia depan masih sama, kecuali grill depan yang saat ini menggunakan lencana Toyota. Ada lampu depan proyektor LED dengan DRL menghidupkan eksterior depan Toyota Glanza 2019, memberikan visibilitas yang lebih baik di jalan. Di bawah grill, terdapat front airdam yang diapit oleh kedua lampu kabut di kedua sisi.

Jika tampilan depan memiliki beberapa perbedaan, sepertinya Suzuki terlalu malas untuk mengubah eksterior samping Toyota Glanza 2019. Terbukti dengan desain yang sama persis dengan Baleno. Gagang pintu juga mendapatkan aksen krom untuk tampilan elegan yang terkesan mewah. Anda juga sudah mendapatkan fitur anti-pinch driver power window untuk mencegah jendela tertutup ketika ada objek yang menghalangi.

Bagian belakang juga tidak mendapatkan perubahan dibandingkan saudaranya Baleno. Lampu belakang yang bertumpuk serta lampu rem yang membujur mengingatkan kita pada versi facelift Baleno awal tahun ini. Namun perbedaan yang ditampilkan pada eksterior belakang Toyota Glanza 2019 adalah rear garnish untuk tampilan yang lebih mewah. Selain itu, semuanya sama saja.

Interior Minimalis namun Manis

Sekilas masuk ke dalam kabin, tidak ada perubahan yang terlihat. Interior Toyota Glanza 2019 seperti diambil langsung dari bagian dalam Baleno. Namun tentu saja, ada sedikit perbedaan yang bisa ditemukan oleh mereka yang bermata jeli.

Tampilan dashboard dengan warna hitam yang elegan dan minimalis tanpa ada banyak aksen di bagian penumpang diambil langsung dari Baleno. Hanya ada beberapa tombol di tengah, untuk AC, radio, dan beberapa fitur mobil. Sedangkan dashboard Toyota Glanza 2019 sudah ditanamkan system infotainment layar sentuh yang sama dengan Baleno, namun nama berbeda. Sistem ini disebut Smart Playcast.

Tidak ada perbedaan yang berarti. Alih-alih simbol “S” pada Baleno, logo Toyota tampak menghiasi kemudi Glanza. Namun sayangnya, kemudi berlapiskan kulit hanya bisa didapatkan pada varian V. Namun untuk semua varian, setir Toyota Glanza 2019 sudah dilengkapi dengan teknologi tilt & telescoping untuk memudahkan Anda mengatur posisi mengemudi yang sesuai preferensi Anda.

Toyota menambahkan kursi dual tone yang lebih stylish untuk semua varian, membedakan mobil ini dengan Baleno. Kenyamanan juga ditingkatkan karena Glanza sudah dilengkapi dengan penopang kepala yang bisa diatur dengan mudah. Kursi Toyota Glanza 2019 untuk penumpang di belakang juga memiliki pembagian 40:60 guna memudahkan Anda mengatur luasnya kapasitas bagasi yang diperlukan.

Melihat dari dimensi yang hampir mirip dengan Baleno, maka Glanza juga memiliki luas interior yang sama. Keduanya juga memiliki kapasitas kabin yang cukup besar. Bagasi Toyota Glanza 2019 tercatat sebesar 339 liter. Terbesar kedua setelah Honda Jazz yang memiliki kapasitas bagasi terbesar di segmen ini, yaitu 354 liter.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga New Kia Picanto, Si Mungil yang Gahar

Bertabur Fitur Hiburan dan Keselamatan yang Canggih

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebagian besar fitur Baleno varian tertinggi dipindahkan dalam mobil ini. Mulai dari climate control, tombol push button, wiper sensor hujan. Glanza juga memiliki lampu yang terletak pada ruang belakang untuk memudahkan Anda memasukkan maupun mengeluarkan barang di malam hari maupun dalam keadaan gelap.

Sistem infotainment pada fitur Toyota Glanza 2019 memiliki nama baru, terlepas dari kesamaannya dengan Baleno. Toyota meminjam SmartPlay Studio Baleno dan menyebutnya ‘Smart Playcast’. Maruti Suzuki WagonR adalah yang pertama kali memperkenalkan sistem ini pada Januari 2019. Glanza juga menjadi mobil Toyota pertama dengan sistem infotainment yang sudah dilengkapi fitur Android Auto dan Apple CarPlay.

Selain itu, Glaza juga sudah mendapatkan aplikasi Toyota Connect yang menawarkan sistem navigasi, bantuan sepanjang perjalanan berbasis lokasi dan layanan, seperti diler hingga layanan concierge. Sayangnya, layanan aplikasi Toyota Connect hanya diberikan gratis selama 12 bulan pertama.

Airbag depan ganda, ABS dengan EBD, dudukan kursi anak isofix serta sensor parkir mundur adalah standar dalam fitur keselamatan aktif Toyota Glanza 2019 pada seluruh variannya. Dan sebagian besar fitur Baleno seperti kontrol iklim, tombol start, seatbelt depan dengan Pre-Tensioners & Force Limiters High Speed Warning Buzzer memberikan kenyamanan kepada penumpang selama di jalan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Toyota Voxy

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Dapur Pacu yang Cukup Gahar

Glanza hanya tersedia dengan opsi mesin bensin saja. Di mana varian G untuk versi manual mendapatkan mesin 1.2L Dual Jet Dual VVT milik Baleno yang mampu mengeluarkan 90 daya kuda dan torsi 113 Nm. Sedangkan varian V dilengkapi mesin VVT 1.2 liter yang menghasilkan keluaran 83 daya kuda dan 113 Nm. Kedua mesin dikawinkan dengan MT 5 Percepatan.

Glanza dan Baleno berbagi mesin dan girboks dengan Baleno. Sistem operasi Toyota Glanza 2019 juga dipasangkan dengan sistem Smart Hybrid. Sedangkan untuk penghematan bahan bakar Baleno dan Glanza yang ditenagai DualJet menghasilkan 23,87 kilometer per liter sementara motor K12B milik Suzuki menghasilkan 21,01 kilometer per liter untuk manual dan 19,56 untuk CVT.

Dilihat dari segi harga, Toyota Glanza terbilang ramah di kantong, yakni berkisar Rp148 juta. Tertarik untuk memiliki mobil satu ini?

(Sumber Foto: https://www.toyotabharat.com/showroom/glanza/)

Comments are closed.