Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hilux, Sudah Tahu?

Mobil

Merajalelanya mobil pick up kelas atas membuat Toyota tak mau kalah. Walau terlambat, Toyota Hilux yakin bisa meraih pasar yang besar.

Meskipun terlambat perilisannya, Toyota Hilux tetap percaya diri untuk menemukan pasarnya. Pabrikan ini yakin dengan nama besarnya di dunia, karena pabrikan tersebut sudah diakui kualitas produknya.

Toyota tentunya tidak mau kehilangan pangsa pasarnya. Pengembangan mobil berjenis pick up dengan penyematan fitur keren dan tampilan lebih nyentrik sudah dilakukan. Tujuannya jelas untuk memberikan kepuasan bagi pemiliknya.

Sejauh ini, Toyota telah merilis cukup banyak jenis kendaraan. Salah satunya dinamai dengan Hilux. Hilux sendiri telah memiliki banyak varian yang bisa dipilih oleh calon pemilik. Lalu, seperti apa spesifikasinya?

Spesifikasi Toyota Hilux

Semakin dibutuhkannya mobil niaga membuat banyak produsen berlomba-lomba untuk menciptakan mobil pick up terbaik. Hampir tiap tahunnya ada perilisan mobil tersebut. Tidak terkecuali dengan pabrikan Toyota yang juga merilis mobil bernama Hilux ini.

Kendaraan roda empat ini memiliki desain yang lebih garang. Ini bisa dilihat dari penyematan headlamp yang dibuat lebih besar. Bentuknya menyerupai trapesium yang melebar ke bagian atasnya.

Front Grill dengan aksen chrome serta penambahan foglamp di bagian depan menambah kegagahan dari mobil ini. Tampilan ini tentunya sangat memukau. Apalagi kendaraan ini didukung dengan mesin yang cukup besar.

Baca juga: Mobil Double Cabin Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?

Mesin yang digunakan berjenis 2KD-FTV 4. Kapasitas mesin sekitar 2,494 cc dengan sistem pembakaran fuel injection. Kendaraan ini termasuk bermesin diesel dengan kapasitas bahan bakar sekitar 80 L.

Sementara untuk dimensi kendaraan, ini bergantung pada jenisnya. Kendaraan dengan jenis single cabin memiliki dimensi 4,930 x 1,800 x 1,685 mm. Sedangkan yang double cabin punya dimensi yang lebih lebar. Yakni memiliki dimensi 5,285 x 1,800 x 1,815 mm.

Untuk mendukung kenyamanan, suspensi double Wishbone disematkan. Tentunya, kendaraan ini juga sudah dilengkapi fitur keamanan yang cukup. Hal ini menjadikan kendaraan tersebut semakin bagus dibandingkan seri sebelumnya.

Keunggulan Utama

Bicara mengenai kendaraan roda empat, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang keunggulannya. Keunggulan dari kendaraan ini bisa menjadi tolak ukur ketika ingin melakukan pembelian. Setidaknya, memahami keunggulan utamanya bisa membuat calon pembeli yakin dengan mobil tersebut.

Ada sejumlah kelebihan yang bisa didapatkan dari Toyota Hilux ini. Pertama adalah banyaknya varian mesin. Tetapi harus diingat bahwa kendaraan yang dijual di Indonesia ini kebanyakan menggunakan mesin berkapasitas 2,494 cc.

Kedua adalah sangat seimbang ketika digunakan bermanuver. Karakter jalanan apa pun bisa dilibasnya. Mulai dari jalanan di alam bebas maupun di jalanan beraspal. Kendaraan mampu berakselerasi dengan sama baiknya.

Ketiga adalah tampilannya lebih memukau. Tampilan eksterior kendaraan biasanya menjadi acuan kedua setelah memperhatikan mesin kendaraan. Pabrikan Toyota tahu betul dengan ini. Makanya, pabrikan ini hadirkan kendaraan yang memiliki tampilan lebih gagah dibandingkan kendaraan dari pabrikan lain.

Keempat adalah sparepart-nya terjangkau. Ini menjadi kelebihan yang biasanya diperhatikan oleh calon pembeli. Meskipun harga jual kendaraan mahal, tapi sparepart-nya murah sehingga perawatan di masa mendatang akan ringan.

Kelemahan Toyota Hilux

Konsumen itu berbeda-beda dalam memandang sebuah kendaraan. Kendaraan apa pun tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Dan ini adalah kondisi yang sangat normal.

Begitupun ketika memandang Toyota Hilux ini. Keluhan-keluhan pada produk ini juga banyak. Salah satunya adalah sistem pengeremannya yang dinilai masih kurang memuaskan.

Selain sistem pengereman, kekurangan dari Hilux adalah kurang nyamannya jok di dalam kendaraan. Jok dipasang terlalu tegak. Posisi ini membuat pengemudi terlihat begitu tegang saat mendudukinya.

Kelemahan yang selanjutnya adalah tampilan interior. Sudah banyak konsumen yang mengeluhkan masalah tersebut. Keluhan ini juga sangat wajar dilontarkan.

Tampilan interiornya dipandang biasa saja. Padahal jika dilihat dari kelasnya, kendaraan ini termasuk kendaraan niaga menengah ke atas. Artinya, tampilan keseluruhan mobil harusnya lebih istimewa.

Baca juga: Mitsubishi Strada: Mobil Pickup dengan Desain Super Elegan

Harga Toyota Hilux di Tahun 2019

Kegagahan desain eksterior menempatkan produk Toyota ini di posisi tertinggi. Telah banyak konsumen yang percaya dengan produk rilisan pabrikan tersebut. Hal ini menjadi keuntungan bagi pabrikan meskipun kenyataannya terlambat dalam perilisan kendaraan.

Walaupun begitu, kehadiran kendaraan niaga dari pabrikan ini tetap ditunggu masyarakat tanah air. Masyarakat terus menunggu kehadiran mobil baru dengan harapan ada perubahan yang lebih baik. Dan pabrikan terus mengembangkannya sambil memperhatikan kebutuhan dari konsumennya.

Bicara mengenai harganya, Anda tentunya perlu memperhatikan serie kendaraan itu sendiri. Serinya cukup banyak. Ada yang menggunakan mesin gasoline dengan single cabin dan ada yang double cabin dengan bermesinkan diesel.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil di Futuready

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Harga terendah dari Toyota Hilux datang dari Hilux 2.0 Gasoline M/T single cabin. Tercatat, harga kendaraan jenis ini sekitar Rp194 juta.

Sedangkan seri lain yang menggunakan double cabin. Harganya relatif lebih mahal dibandingkan yang sebelumnya. Variannya antara lain Hilux 2.5 E 4×4 M/T double cabin, Hilux 2.5 G 4×4 M/T double Cabin, serta Hilux 2.5 V 4×4 M/T double cabin.

Harga terbaru menyebutkan bahwa kendaraan double cabin rilisan Toyota ini mencapai Rp430 juta. Sementara yang terendah di kisaran Rp377 juta. Sungguh kendaraan yang cukup mahal untuk kelas pick up.

Yang perlu diperhatikan, harga ini tidaklah menjadi patokan pasti. Setiap wilayah biasanya akan menetapkan harga yang berbeda-beda. Namun begitu, standar harganya di kisaran tersebut.

Bagi Anda yang sedang mencari kendaraan niaga dengan tampilan lebih gagah dan murah perawatan, kendaraan roda empat rilisan Toyota bisa menjadi pilihan menarik. Anda bisa menentukan varian mana yang diinginkan. Yang pasti, Toyota Hilux bisa menjawab apa yang Anda butuhkan saat ini.

Comments are closed.