Toyota MR2, Sport Coupe Legendaris yang Masih Digemari

Mobil

Toyota MR2 dianggap sebagai salah satu inspirasi hypercar dan sport car masa kini dengan menyematkan mesin di bagian tengah mobil.

Salah satu pabrikan mobil ternama asal Jepang yaitu Toyota ternyata memiliki sebuah produk yang menggunakan konstruksi mesin tengah atau lebih dikenal dengan nama Mid-Engine dalam seri Toyota MR2. Unik? Ya. Karena memang pabrikan ini selalu membuat mobil dengan konstruksi mesin depan semua.

Tapi, mobil Mid-Engine milik Toyota ini bisa dibilang cukup unik. Mengapa begitu? Karena sejatinya sebuah mobil dengan konstruksi mesin tengah tergolong kedalam sebuah sportscar hingga hypercar bertenaga besar. Ya, penempatan mesin di bagian tengah pada sebuah sport car hingga hypercar berfungsi untuk meningkatkan center of gravity sebuah mobil. Intinya adalah untuk meningkatkan kestabilan dari sebuah mobil.

Baca juga: Toyota Prius, Sedan Hybrid Nan Elegan

Kembali lagi, keunikan dari Toyota MR2 adalah penggunaan mesinnya yang tergolong ke mesin berkapasitas kecil. Ya mobil ini hanya dibekali dengan mesin yang menggunakan empat buah piston segaris sebagai penggeraknya. Berbeda dengan sport car lainnya yang menggunakan mesin enam silinder hingga 12 silinder. Jadi, bisa dibilang Mobil ini adalah sebuah “mini sport car” dari Toyota.

desain toyota mr2

Mobil satu ini diproduksi mulai dari tahun 1984 hingga tahun 2007. Selama 23 tahun diproduksi oleh Toyota, seri ini telah lahir sebanyak 3 Generasi. Generasi pertama dengan kode W10 di produksi mulai dari tahun 1984 hingga 1989. Generasi kedua yang menggunakan kode W20 di produksi mulai dari tahun 1990 hingga tahun 1999. Kemudian generasi ketiga yang menggunakan kode W30 di produksi mulai dari tahun 2000 hingga 2007.

Untuk lebih jelasnya, mari kita melihat ulasan Toyota MR2 dari generasi pertama hingga terakhir di bawah ini!

Mengenal Toyota MR2 dari Generasi ke Generasi

Generasi Pertama Toyota MR2 (W10) 1984-1989

Pada generasi pertama, Toyota memberikan dua pilihan mesin saat itu yaitu mesin 3A berkapasitas 1.5 L. Tipe yang menggunakan mesin ini dikenal dengan “AW10”. Kemudian ada juga yang menggunakan mesin 4A berkapasitas 1.6 L yang dikenal dengan “AW11”. Untuk mesin 3A-U berkapasitas 1.5 L memiliki tenaga puncak 82 HP. Ya, mesin ini memang ditujukan untuk mengejar ekonomis konsumsi bahan bakar.

Nah untuk varian yang menggunakan mesin 4A-GE, memiliki tenaga yang berbeda-beda di tiap negara. Untuk pasar Amerika Serikat, mesin ini memiliki tenaga puncak 112 HP. Untuk pasar Inggris, mesin ini memiliki tenaga puncak 128 HP. Untuk pasar Eropa, mesin ini memiliki tenaga puncak 114 HP dan 112 HP. Untuk pasar Australia, mesin ini memiliki tenaga puncak 118 HP. Sedangkan untuk pasar Jepang sendiri, Mesin ini memiliki tenaga puncak 128 HP.

Meski memiliki tenaga yang berbeda beda, mesin tersebut dilengkapi teknologi yang sama seperti DOHC, DENSO Electronic Port Fuel Injection dan Variable Intake Geometry (T-VIS).

Selama 5 tahun di produksi, generasi pertama seri ini mengalami satu kali penyegaran (facelift), yaitu di tahun 1986. Perbedaan yang terlihat usai mendapatkan penyegaran terletak di bagian body seperti penggunaan T-Bar di bagian atap. Selain itu, ada penambahan mesin yang telah dilengkapi dengan teknologi supercharge dengan mesin 4A-GZE. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga puncak 145 HP.

Generasi Kedua (W20) 1989-1999

Generasi kedua dari MR2 memiliki gaya yang lebih dinamis di mana sebelumnya memiliki garis yang tegas, kini lekuknya terlihat lebih soft. Selain itu, nampaknya mobil ini lebih berat dan ikut melar dimensinya. Bobotnya kini lebih berat sekitar 160 hingga 180 kilogram dibandingkan dengan generasi pertama.

mesin toyota mr2

Pada generasi ini, ada beberapa pilihan varian yang ditawarkan seperti varian G yang menggunakan mesin N/A 3S-GE berkapasitas 2.0 L Naturally Aspirated. Mesin ini dipadukan dengan dua pilihan transmisi yaitu otomatis dan manual. Kemudian varian G-Limited yang menggunakan mesin sama namun hanya mendapatkan beberapa fitur tambahan seperti electric folding mirror, steering foglamp, dan spoiler belakang.

Kemudian ada varian GT-S yang menggunakan mesin 3S-GTE turbocharger yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 218 HP. Pada varian ini hanya ditawarkan satu pilihan transmisi yaitu manual saja. Kemudian untuk varian tertinggi adalah GT. Varian ini merupakan varian tertinggi dari seri ini. Pada varian ini sudah dilengkapi dengan door trim yang dibalut dengan kulit Alcantara.

Baca juga: Toyota Rav4, Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Generasi Ketiga (W30) 2000-2007

Bersama-sama dengan Celica generasi ke tujuh, MR2 generasi terakhir ini diluncurkan pada tahun 1999 untuk model baru tahun 2000. Dimensinya lebih kecil dari model sebelumnya agar bobotnya lebih ringan, lebih gesit, dan harganya lebih terjangkau. MR2 ini juga disebut MR2 Spyder atau MR-S, karena memiliki atap terpal yang bisa dibuka.

Untuk pasar ekspor, MR2 hanya dijual sampai tahun 2005, meskipun tersedia di Jepang sampai tahun 2007. Mesin yang digunakan adalah 1.8 liter 1ZZ-FE sama seperti pada Celica SS-I dan Corolla Altis.

Varian Sport Coupe Buatan Toyota Lainnya

Selain MR2, Toyota juga mempunyai satu varian sport coupe legendaris lainnya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Toyota Supra

Toyota Supra awalnya berasal dari pengembangan Toyota Celica sehingga pada generasi ke-1 mobil ini disebut dengan nama Toyota Celica XX lalu menjadi Toyota Celica Supra di generasi ke-2. Supra memiliki kaitan erat dengan Toyota 2000GT karena pada dua generasi awal tersebut, Supra menggunakan mesin M Engine kepunyaan 2000GT.

Hal inilah menambah nilai sejarah Supra karena 2000GT merupakan mobil sport klasik legendaris yang sering disebut sebagai mobil supercar pertama Jepang dan menjadi collectible car yang berharga sangat mahal.

interior toyota mr2

Pada generasi ke-3 yaitu di tahun 1986, Toyota memutuskan hubungan antara Supra dan Celica sehingga keduanya menjadi dua jenis model mobil yang berbeda. Celica kemudian berubah menjadi menggunakan layout FWD, sementara Supra tetap menggunakan layout RWD. Dari generasi ke-3 ini, Supra pun secara resmi memiliki nama yang berdiri sendiri sebagai Toyota Supra.

Itulah informasi lengkap seputar sport coupe legendaris buatan Toyota yang bernama Toyota seri MR2. Apakah Anda sempat mengendarai mobil tersebut?

Baca juga: Menyingkap Toyota Camry yang Futuristik dan Mewah

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.