Toyota Prius, Sedan Hybrid Nan Elegan

Mobil

Toyota Prius menawarkan pilihan mobil yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan namun tetap garang dijalanan dengan desain sporty-nya.

Baru-baru ini pamo mobil hybrid terus meroket. Teknologi hemat bahan bakar dan ramah lingkungan tersebut dinilai pas melaju di perkotaan yang sibuk dan padat kendaraan. Salah satu mobil hybrid yang jadi favorit pecinta otomotif adalah Toyota Prius. Sedan premium yang sudah didukung dengan teknologi futuristik.

Paduan energy listrik dan bensin dalam penggunaannya, membuat produk keluaran Toyota ini jadi tunggangan wajib bagi para pejuang lingkungan. Setidaknya, dapat mengurangi dampak polusi udara akibat pembakaran sisa bahan bakar. Tapi, tidak hanya itu yang menjadikan model ini populer dikalangan masyarakat Indonesia. Mari kita simak spesifikasi lengkapnya untuk menegaskan mengapa sedan elegan ini layak jadi tunggangan Anda.

Baca juga: Menyingkap Toyota Camry yang Futuristik dan Mewah

Spesifiksi Toyota Prius

Jika dibandingkan mobil-mobil kompon non hybrid, memang Toyota Prius ini terkesan kurang berenergi. Namun kekurangan tersebut tertolong denga mesin yang mulus, dengan handling dan transisi yang pas. Prius hadir dengan banyak fitur keselamatan standar, ruang kabin yang ramah untuk keluarga, dan ruang kargo lebih banyak daripada di kebanyakan mobil ukurannya.

Torsi Maksimum yang bisa dihasilkan Prius mencapai 99.3 Ps pada putaran 4000 rpm, dimensi 4,460X1,745X1,480MM membuatnya jadi sedan yang sporty namun tetap nyama dengan banyak muatan. Toyota memang menegaskan bahwa Prius ini sengaja dibuat Sporty dan ramah lingkungan sesuai dengan target pasar mereka yakni kalangan pekerja muda perkotaan.

Prius ditopang dengan mesin mesin 2ZR-FXE yang memiliki kapasitas mesin 1.8 liter dengan 4 silinder serta dual VVT-I . Pasokan bahan bakarnya menggunakan electronic fuel injection. Ada 3 metode berkendara yang bisa jadi pilihan yakni ECO, EV dan Power Mode.Uniknya, Anda dapat memilih salah satu atau menggabungkannya. Misalnya listrik saja, bahan bakar saja atau perpaduan keduanya.

Interior Toyota Priusspesifikasi toyota prius

 

Prius adalah hatchback empat pintu dengan ruang untuk lima orang. Besaran kursinya nyaman digunakan oleh orang dewasa. Joknya menggunakan pelapis standar yakni dari kulit sintetis dan pada bagian kursi depan terdapat kursi berpemanas. Disebut-sebut kursi Prius ini sudah standar sedan premium di kelas dunia.

Ada hal yang paling mencolok pada Prius 2019 dibanding tipe sebelumnya adalah penghapusan trim putih polos, yang sering digambarkan sebagai putih porselen. Sebagai gantinya adalah trim hitam. Secara keseluruhan bagian kabin Prius ini terlihat nyaman dan ada kesan elegan.

Prius memiliki jumlah ruang kargo yang mengesankan untuk mobil kompak. Sebagian besar penggerak roda depan memiliki 27,4 kaki kubik di belakang kursi. Ruang kargo menyusut sedikit menjadi 24,6 kaki kubik pada model all-wheel-drive. Dengan kursi belakang lipat split 60/40 standar, Anda dapat memperluas ruang ini lebih lagi.

Baca juga: Toyota Supra : Spesifikasi, Kelebihan, dan Harga

Eksterior

Khusus tampilan eksterior nampaknya Toyota ingin menonjolkan kesan sporty dan kekinian.  Sedan kompetitior CR-Z ini punya desain yang memungkinkannya melesat dijalanan. Didukung dengan grill radiator kecil dan desain lampu yang futuristik memberikan kesan sporty. Pada bagian depan Prius dilengkapi dengan projector lamp berjenis HID. Sementara bagian sampingnya terkesan sederhana, namun ada aksen chrome pada handle pintunya dan garis dari depan ke belakang pada sisi bawahnya. Kesannya jadi lebih elegan saja.

Dukungan Fitur Canggih

spesifikasi toyota prius

Di segi hiburan Anda akan dimanjakan dengan fasilitas Bluetooth, dan Navigasi. Sistem infotainment Entune di Prius dilengkapi dengan baik dengan tampilan layar sentuh 11,6 inci, pengenalan suara tingkat lanjut, dan tiga port USB. Menu cukup mudah dinavigasi setelah Anda terbiasa dengan sistem, dan grafiknya jernih. Tidak seperti kebanyakan mobil, yang memusatkan tampilan pengemudi di atas kemudi, Toyota menempatkan layar ini di atas layar infotainment.

Anda juga sudah bisa mengisi daya smartphone karena ada fitur pengisian nirkabel, tinggal diaktifkan dengan sekali sentuh.  Tambahan sistem audio JBL 10-speaker menambah kenyamanan bagi Anda yang penat dengan jalanan macet. Sayangnya Prius belum dilengkapi dengan Apple CarPlay, yang justru banyak ditemui pada varian Toyota lainnya.

Fitur Keamanan

Selain kamera spion, setiap Prius dilengkapi dengan Toyota Safety Sense. Rangkaian fitur keselamatan canggih ini punya sistem pra-tabrakan yang menggabungkan peringatan benturan maju dengan pengereman darurat otomatis dan deteksi pejalan kaki. Ini juga mencakup kontrol jelajah adaptif dan peringatan mobil untuk tetap berjalan di jalurnya.

Fitur keamanan yang tersedia termasuk bantuan parkir aktif, sensor parkir depan dan belakang, pemantauan blind spot, peringatan lalu lintas lintas belakang, wiper kaca depan pengindera hujan, lampu depan adaptif, dan tampilan head-up.

4 Varian Toyota Prius 2019

spesifikasi toyota prius

Demi memanjakan pelanggan setianya, Toyota mengeluarkan 4 seri Toyota Prius, berikut ulasannya:

 L Eco

Basis Prius L Eco ($ 23.770) hadir dengan kain pelapis, sistem infotainment dengan tampilan layar sentuh 6,1 inci, AC, kontrol iklim otomatis, sistem keyless, dan velg 15 inci. Fitur keselamatan standar mencakup sistem pra-tabrakan untuk memperingatkan kemungkinan tabrakan frontal dan memberikan pengereman darurat jika diperlukan. L Eco adalah pengganti Prius One.

LE

Sebelumnya dikenal sebagai Toyota Prius Two, LE hadir dengan bantuan parkir aktif, sensor parkir depan dan belakang, pemantauan blind spot, peringatan lalu lintas lintas belakang, dan penghapus jendela belakang. Harga mulai dari $ 24.980 atau Rp 350 juta untuk penggerak roda depan Prius LE dan $ 26.380 atau Rp 360 juta untuk penggerak semua roda.

XLE

Prius XLE adalah satu-satunya trim lain yang tersedia dengan all-wheel drive. Harga eceran mulai dari $ 27.820 atau sekitar Rp 380juta dengan penggerak roda depan, dan $ 28.820 atau sekitar Rp 400juta dengan penggerak semua roda. XLE menggantikan Toyota Prius Three. Muncul dengan upgrade megah seperti jok kulit sintetis, kursi depan berpemanas, dan pengisian nirkabel untuk smartphone. Wiper kaca sensor hujan dan velg 17 inci juga standar.

Prius Limited

Prius Limited yang dibanderol sekitar $ 32.200 atau Rp  600 jutaan menggantikan Prius Four sebagai trim high-end baru. Pembaruan penting meliputi sistem  JBL 10-speaker, layar sentuh 11,6 inci, navigasi, integrasi smartphone melalui aplikasi app Entune, radio satelit, Radio HD, lampu depan adaptif, dan tampilan head-up.

Harga yang diberikan Toyota rasanya tergolong murah jika melihat spesifikasi maupun fitur yang ditawarkan. Terlebih mobil ini lebih ramah lingkungan, sehingga dapat mengurangi polusi udara di Indonesia yang sudah makin gawat ini.

Baca juga: Toyota Majesty, Alphard yang Kelas Menengah

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.