Toyota Sienta: Mobil MPV dengan Konsep Desain Elegan!

Mobil

MPV satu ini telah lama ditunggu oleh pecinta otomotif. Seperti apa spesifikasi lengkap dari Toyota Sienta?

Toyota Sienta hadir di Indonesia dengan beberapa tipe. Kehadirannya membuat pecinta otomotif merasa lega. MPV yang ditunggu ini benar-benar memiliki tampilan istimewa.

PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan suguhan kendaraan roda empat yang benar-benar dibutuhkan masyarakat Indonesia. Mobil berkapasitas standar tujuh orang didatangkan. Menariknya, spesifikasinya juga sangat bagus.

Tampilan luar maupun dalam benar-benar merepresentasikan kemoderanan. Apalagi ditunjang dengan fitur-fitur yang canggih. Tidak salah bila pecinta otomotif merasa beruntung telah menunggunya.

Nah, seperti apa spesifikasi dari Toyota Sienta ini? Mari temukan jawabannya beserta taksiran harga dari mobil tersebut di bawah ini.

Baca juga: Penuh Kontroversi, Inilah Fakta di Balik Mobil Esemka!

Spesifikasi Lengkap Toyota Sienta

Dapur Pacu Toyota Sienta

Bentuk dari mobil ini terlihat bongsor. Ini dilatarbelakangi oleh dimensinya yang cukup besar. Yakni memiliki panjang sekitar 4.235 milimeter dan lebar 1.695 milimeter serta tinggi 1.675 milimeter.

Meskipun bongsor, kendaraan ini sangatlah nyaman. Suspensi yang disematkan cukup empuk. Pengendara bisa menikmati perjalanan di berbagai medan dengan nyaman. Tidak terpengaruh dengan goncangan yang seberapa.

Untuk tenaganya, mobil ini juga sangat lumayan. Mobil ini dibekali dengan mesin L4 DOHC 16 VALVE VVT IE. Kapasitas silindernya sekitar 1.496 cc yang mampu menghasilkan tenaga sampai 109 PS dari putaran 6000 rpm.

Tenaga yang besar ini akan membuat kendaraan bisa berjalan dengan stabil. Setidaknya, kekuatannya bisa menopang berat kendaraan. Dan pastinya bisa berjalan maksimal di berbagai medan.

Menariknya, tenaga besar ini nyatanya tidak menguras bahan bakar. Secara standar, Toyota Sienta butuh satu liter bahan bakar untuk menempuh jarak sekitar 20 kilometer. Hal ini disebabkan oleh penyematan full injeksi di dalamnya.

Eksterior

Tampilan sebuah kendaraan memang menarik minat dari pecinta otomotif. Tampilan yang menawan akan membuat pemiliknya lebih percaya diri ketika mengendarainya. Beruntungnya, mobil MPV ini sesuai dengan harapan Anda.

Sienta memiliki eksterior yang menawan. Konsep desain eksteriornya lebih kekinian. Bisa dilihat dari bagian depan, samping, dan belakang kendaraan.

Untuk bagian depan kendaraan, Toyota ini telah dilengkapi dengan grill berbentuk trapesium yang modern. Kemudian headlamp-nya menggunakan LED dengan leveling. Kemodernan ini semakin terlihat jelas dengan penempatan foglamp berbentuk bulat yang saling mengimbangi kemewahan dengan bumper dan grill depan.

Pada bagian belakang, lampu LED dibuat horizontal. Lampu ini dipadukan dengan stop lamp merah. Paduan lampu ini cukup bagus untuk menambah kesan tampilan yang kekinian.

Untuk mempertegas kesan mewah, bagian samping mobil juga cukup menarik. Kendaraan ini disematkan pintu sliding door. Pintu ini telah dilengkapi dengan dual power yang berguna untuk memudahkan dalam membuka pintu tersebut.

Baca juga: 9 Mobil Terbaik dari Hyundai di Indonesia

Interior Mobil Sienta

Penampilan kece dari tampilan luar kendaraan berbanding lurus dengan tampilan interior. Interior kendaraan Toyota ini bisa dibilang sangat baik. Salah satunya adalah tampilan kabin yang terlihat simpel dan minimalis.

Pada bagian dashboard-nya dibuat berlapis. Dari bagian ini terdapat banyak fitur yang disematkan ke dalamnya. Dia ntaranya adalah dudukan head unit, fin AC, tombol start sampai panel instrument lainnya.

Untuk head unit-nya dilengkapi dengan touch screen yang berukuran 4,2 inci. Keberadaannya membuat urusan pengemudi semakin mudah. Pastinya lebih memberikan kenyamanan.

Tidak hanya itu saja, mobil satu ini juga dilengkapi dengan power steering pada sistem kemudinya. Sistem ini dilengkapi dengan layar TFT multi information display. Layar ini yang akan menunjukkan banyak hal pada pengemudi.

Kekurangannya terletak pada ruang di bagian belakang kendaraan. Kendaraan ini dinilai masih kurang luas. Karena memang bodinya lebih simple, dan memiliki kemampuan untuk menampung sekitar 7 orang.

Fitur Keselamatan yang Disematkan

Sebagus dan semodern apa pun kendaraan, apabila fitur keselamatannya masih minim masih sangat berisiko. Pecinta otomotif tahu betul kendaraan yang terbaik untuk dikendarai. Makanya, pabrikan Toyota tidak ingin merilis kendaraan yang biasa-biasa saja.

Sienta dibuat dengan mengedepankan kemodernan tampilan dan keamanan dalam berkendara. Untuk urusan tampilan, Anda sudah mengetahuinya dari ulasan di atas. Lalu, bagaimana dengan keamanannya?

Pecinta otomotif Indonesia patut berbangga dengan kedatangan rilisan Toyota ini. Meskipun telah dirilis beberapa tahun silam, tetapi kendaraan jenis MPV ini masih laik untuk dimiliki. Fitur keselamatan yang disematkannya memang cukup mumpuni.

Fitur pertama untuk menjamin terhindarnya cedera dari benturan kendaraan ataupun kecelakaan adalah airbag. Di kendaraan ini terpasang dua buah air bag. Fungsinya jelas untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Fitur kedua yang sangat berperan adalah fitur PCS (Pre-Collision System). Fitur ini punya fungsi untuk mengatur sistem pengereman. Pengendara akan terbantu dengan sistem tersebut. Khususnya untuk menghentikan laju kendaraan yang sangat kencang.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda HR-V, Sepadankah?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Harga

Perlu diingat bahwa Sienta yang dirilis di Indonesia hanya ada beberapa serie saja. Diantaranya adalah seri E, G, V, dan Q. Kesemuanya bisa didapatkan di dealer-dealer resmi Toyota yang tersebar di nusantara.

Dari seri di atas, seri Q yang termahal. Kisaran harga saat ini di berbagai kota mencapai Rp295 juta. Mahalnya seri ini tak lain dari penyematan transmisi yang lebih kekinian.

Sementara untuk harga Sienta dari berbagai seri, kisarannya di antara Rp230-275 juta. Harga ini merupakan harga standar yang didapatkan dari berbagai kota. Meskipun begitu, kadang Anda akan menemukan selisih yang masih dianggap normal.

Nah, apabila Anda ingin memiliki kendaraan dengan tampilan elegan dengan harga masuk akal, Sienta ini bisa menjadi pilihan menarik. Jadi, sudah siap untuk mendapatkan seri Sienta tahun ini?

Comments are closed.