Keuntungan Bepergian Menggunakan Transportasi Umum

Mobil

Tidak perlu takut lagi menggunakan transportasi umum untuk mengatarkan ke berbagai tempat, karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan.

Transportasi umum atau yang dikenal dengan sebutan transportasi massal adalah layanan angkutan penumpang yang disediakan untuk masyarakat umum dengan rute dan biaya yang sudah ditetapkan. Moda transportasi ini bisa mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Ada beberapa moda transportasi umum ini yang bisa digunakan masyarakat, seperti bus kota, angkutan umum, kereta api, bajaj, bemo, becak, ojek, pesawat, dan masih banyak lagi.

Namun, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang merasa bahwa transportasi massal masih jauh dari kata aman. Masih banyak pencopetan dan kejahatan lainnya yang terjadi di dalam transportasi massal. Meskipun begitu, pemerintah tidak pernah tinggal diam dan selalu berupaya untuk meningkatkan kemanan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan moda transportasi tersebut.

Hal ini terlihat dari berbagai keuntungan yang bisa Anda rasakan jika bepergian menggunakan transportasi massal. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa keuntungan menggunakan transportasi massal.

Keuntungan Bepergian Menggunakan Transportasi Umum

Bepergian menggunakan transportasi massal tidak semenakutkan itu. Masih ada keuntungan-keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan moda trasportasi tersebut. Apa saja itu?

Pengeluaran Jadi Lebih Hemat

Salah satu keuntungan menggunakan angkutan massal adalah lebih menghemat pengeluaran. Biaya transportasi bila Anda menggunakan angkutan umum tentunya berbeda jika menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini karena tarif angkutan umum yang cukup murah dan terjangkau.

Misalnya, jika Anda memilih menggunakan KRL (kereta api listrik), tarifnya hanya Rp3.000,00 per 1-25 km pertama, dan selebihnya kelipatan Rp1.000,00 untuk setiap 10 km berikutnya. Sedangkan bus Transjakarta hanya sebesar Rp3.500,00 dan bebas transit ke mana saja.

Tentu saja hal ini akan menekan pengeluaran Anda sehari-harinya jika dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi, bukan? Sebab selain bensin, Anda juga mesti menyiapkan uang untuk biaya spare part dan perawatan kendaraan.

Tidak Pusing-Pusing Cari Lahan Parkir

Punya kendaraan pribadi, artinya Anda harus siap juga dengan ketersediaan lahan parkirnya. Jangan sampai kendaraan yang kita miliki justru mengganggu orang lain karena menggunakan lahan/jalan milik umum.

Hal ini berbeda bila Anda mengandalkan transportasi umum. Anda tidak perlu pusing-pusing menambah area atau membeli sebidang tanah untuk lahan parkir kendaraan, bukan?

Selain itu, kemudahan lainnya adalah ketika tetiba ingin mampir ke suatu tempat di tengah-tengah perjalanan, tinggal turun dari angkutan umum saja tak perlu bingung dan pusing mencari tempat parkir sebentar.

Hemat Tenaga Sehingga Tidak Terlalu Lelah

Tentu saja, menyetir atau mengendarai kendaraan pribadi tentunya lebih menguras tenaga ketimbang hanya duduk manis di angkutan umum yang sudah dikendarai oleh sang sopir atau masinis.

Belum lagi bila dihadapkan dengan kemacetan, mengendarai kendaraan pribadi hanya akan semakin melelahkan saja. Namun, jika menggunakan angkutan umum, Anda cukup tinggal duduk santai sebagai penumpang dan menunggu sampai tujuan.

Mendukung Lingkungan yang Bersih dan Sehat

Dengan menggunakan angkutan umum, secara tidak langsung Anda dapat membantu mendukung program mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. Misalnya, program Go Green. Dengan menggunakan angkutan umum, tentu saja Anda akan mengurangi potensi peningkatan polusi udara. Selain itu, program lainnya seperti mengurangi tingkat kemacetan juga menjadi keuntungan dari menggunakan angkutan umum. Tak hanya itu, Anda juga dapat membantu Pemerintah untuk mengoptimalkan subsidi bahan bakar. Sangat membantu, bukan?

Sebagai Ajang untuk Bersosialisasi

Transportasi umum tentunya digunakan banyak orang. Dengan begitu, secara otomatis dapat Anda jadikan ajang untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lainnya yang ikut menggunakan kendaraan umum. Bukan tidak mungkin koneksi Anda menjadi bertambah karena menaiki angkutan umum.

Membuat Anda Lebih Banyak Bergerak

Dimulai dengan berangkat dari rumah dan kemudian menuju terminal, halte, hingga stasiun. Setelah itu, barulah tiba di tempat tujuan. Proses ini tentunya membuat Anda lebih banyak bergerak dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Banyaknya proses ketika menuju tempat tujuan inilah yang secara tidak langsung membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang kurang memiliki waktu untuk olahraga. Bukankah banyak pakar kesehatan menyarankan untuk melakukan aktivitas berjalan minimal 30 menit per hari? Nah, inilah kesempatannya.

Bisa Mengamati Perubahan atau Tren Terbaru

Saat menggunakan angkutan umum, secara tidak langsung Anda akan sering mengamati perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar. Mulai dari tren busana hingga perilaku masyarakat.

Lebih Aman dan Nyaman

Dengan semakin berkurangnya jumlah kendaraan yang ada di jalanan, tentu saja membuat tingkat kecelakaan juga semakin rendah. Jika angka kecelakaan menurun, segala kerugian yang dialami sebuah kota tentu akan semakin berkurang. Oleh karena itu, secara tidak langsung menggunakan kendaraan umum akan membuat Anda akan lebih aman dan nyaman.

Selain berbagai keuntungan itu semua, tentunya Anda juga harus memahami bahwa angkutan umum merupakan saran publik. Jadi, Anda akan berhadapan dengan banyak sekali orang dari berbagai tempat. Toleransi dan sikap yang baik terhadap pengguna lainnya pun harus diperhatikan. Intinya, kenyamanan bersama harus selalu diprioritaskan, bukan hanya kenyamanan dan keinginan pribadi saja.

Anda juga berhak menegur orang lain, bila memang Anda rasa orang tersebut tidak bijak menggunakan berbagai fasilitas yang ada saat menggunakan transportasi umum. Dengan begitu ia tahu bahwa apa yang ia lakukan kurang laik. Selalu jaga keselematan Anda ya selama perjalanan.

Comments are closed.