Volvo Indonesia: Primadona dari Skandinavia

Mobil

Gaya khas Skandinavia dan teknologi yang serba futuristik membuat Volvo jadi incaran. Dari era 90-an sampai 2000-an inilah deretan mobil keluaran Volvo Indonesia yang masih jadi primadona.

Dikenal sebagai mobil kelas dunia, Volvo Indonesia hadir dengan fitur-fitur mewah yang sulit ditemukan pada mobil lain. Banyak orang menyukai mobil Eropa tersebut karena  desain Skandinavia-nya yang otentik. Mulai dijual di pasaran dunia pada 1927, mobil Skandinavia ini langsung merajai pasar kala itu. Ketika perang dunia II tunggangan ini mulai merambah ke Asia, dan hadir juga di Indonesia.

Meski Indonesia masih didominasi oleh pabrikan Jepang. Nyatanya, Volvo yang diproduksi Swedia ini tetap punya fans tersendiri. Harganya yang mahal juga tidak menyurutkan langkah penggemar untuk membawa pulang mobil garapan Gustav Larsson dan Assar Gabrielsson tersebut.

Lantas sejauh ini sudah berapa Volvo yang hadir di industri otomotif Indonesia? setidaknya, sudah ada 10 mobil seri ini yang dianggap terbaik datang ke Indonesia. Ini ulasannya:

Baca juga: Ini 3 Brand Mobil China yang Eksis di Indonesia

Deretan Mobil Volvo Terbaik di Indonesia

produk Volvo Indonesia

Volvo SUV

Ini merupakan Volvo dengan tipe SUV yang memiliki kapasitas mesin mulai dari 1500 cc hingga 1969 cc.  Ada tiga varian di seri ini yaitu XC90, XC60 dan The New XC40. Masuk kategori SUV mewah dan bagus, SUV satu ini juga hemat bahan bakar karena sudah menggunakan tekhnologi hybrid. Menawarkan interior yang luar biasa dengan bahan luxe, kursi baris pertama dan kedua yang lapang, dan area kargo yang sangat luas. Juga dilengkapi dengan fitur hiburan serta keselamatan standar. Mobil ini dibanderol mulai dari Rp 500 juta-1,3 miliar.

Volvo Estate

Kenyamanan dalam kemudi adalah konsep utama yang dihadirkan pada seri Estate ini. Tergolong salah satu mobil canggih Anda akan menemukan berbagai fitur futuristik didalamnya. Menampilkan gaya furnitur khas Skandinavia dengan menyajikan bahan jok yang lembut dan warna-warna hangat seri Estate ini memanjakan penumpangnya dengan layar beresolusi tinggi untuk sistem hiburannya. Mobil ini bisa Anda dapatkan mulai harga Rp Rp 600 juta-1,3 miliar.

Volvo Sedan

Hadir dengan tampilan eksterior yang stylish dan aerodinamis, seri sedan ini coba menampilkan sosok yang lebih moderen. Cocok untuk kalangan muda atau keluarga muda. Tersedia dalam tiga tipe yakni  S90, S60 dan juga S60 Classic. Harganya dibanderol mulai dari Rp 770 juta-1,3 miliar. Sama seperti seri yang lain, varian sedan ini juga mengedepankan ras Skandianvia yang tercermin dalam kabinnya, dengan material-material nyaman khas Swedia.

Cross Over

Tersedia dalam satu seri yakni Volvo V40 , merupakan hatchback premium ringkas yang sangat cocok untuk kehidupan modern. Garis yang bersih, kontemporer, dan karakter muda membuat V40 mobil sangat moderen dengan teknologi pintar yang mendukung setiap aktifitas mengemudi jadi lebih muda. Sasis responsif membuat pengemudi lebih dapat mengontrol setir. Sementara bagian kabinnya sangat lapang dan nyaman dengan desain yang pas. Anda bisa membawanya pulang dengan harga mulai Rp 600 juta.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Volvo S90, Tertarik untuk Beli?

Volvo 264 GL

Merupakan seri lawan yang masuk ke pasar Indonesia pada akhir 1970-an. Kala itu mobil nyentrik tersebut menjadi tunggangan para pejabat dan menteri. Eksteriornya didukung dengan tampilan klasik, merupakan pengembangan dari 264 DL yang didesain Jan Wilsgaard. Mesin yang digunakan PRV Automatic 2.664 cc dengan 6 silinder. Saat itu mobil ini dikenal sebagai kendaraan para pejabat. Saat ini seri ini sudah sulit dicari versi bekasnya. Kalaupun ada onderdilnya sudah sangat rentan dan sulit untuk di modifikasi.

Seri Volvo 960 Royal 1995

Diperkenalkan pertama kali pada awal 90-an oleh Volvo Indonesia, ini adalah seri pengganti mobil pejabat. Hadir dalam dua seri yakni S90 dan V90 dengan penggerak roda belakang (RWB). Performa mesinnya menggunakan modular 6 silinder dengan tipe B6304S. Dengan kapasitas mesin 3.0 liter, bisa menghasilkan tenaga kuda mencapai 6000 RPM. Tersedia dalam transmisi otomatis.Masih mengusung tema mobil mewah, generasi 95 ini dimanjakkan dengan nuansa klasik dan eksklusif.

Perawatan Volvo yang Murah

produk Volvo Indonesia

Seperti kita tahu mobi Skandinavia ini masuk kategori premium dan cukup langka. Karena hanya diproduksi di Swedia dan dealer belum begitu banyak di Indonesia, maka perawatan yang benar wajib dilakukan. Kabar baiknya menurut para pakar otomotif, biaya perawatan mobil volvo cenderung lebih murah dibanding mobil merek mewah lainnya.

Jika dirata-ratakan biaya pemelihataan tiap sekali service mencapai Rp 1,5 jutaan. Harga ini lebih murah jika dibanding mobil-mobil dikelasnya seperti BMW, Mercedes-Benz atau Cadillac. Volvo juga terbilang awet dibanding mobil lain. Repairpal.com pernah melakukan riset dengan membandingkan 345 model mobil di 32 merek.

Mereka mencatat bahwa model ini hanya dibawa ke bengkel rata-rata 0,6 kali setahun, dan hanya 6% dari perbaikan yang dianggap parah dibandingkan dengan 11% dari perbaikan untuk merek lain. Nah jika Anda punya mobil ini dirumah gunakan Volvo Lifetime Replacement Parts ketika melakukan service untuk mendapatkan suku cadang asli.

Service yang dilakukan biasanya mencakup pemeriksaan dan penggantian Baterai (termasuk entri keyless jarak jauh), Sabuk, Bantalan rem, Lapisan kopling, Filter, Sekring, Rotor (tidak termasuk kehabisan), Busi, Timing Belt, Pelapis / permadani, Bilah penghapus dan ban.

Kelebihan dan Kekurangan Volvo Bekas

produk Volvo Indonesia

Karena punya track record yang baik selama beredar di Indonesia. Mobil klasik ini banyak dicari orang untuk seri old-nya. Menurut pendapat penggemarnya mobil dari benua biru ini layak dijadikan kendaraan favorit karena punya keunikan tersendiri, tak heran jika seri bekasnya juga masih banya di pasaran. Namun, namanya bekas pastilah sudah banyak kerusakan.

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan beli Volvo bekas, cobalah pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya seperti dibawah ini:

Kelebihan:

Harga bekas sangat murah sekitar 30-40 jutaan, tapi masih memberikan kenyamanan tinggi. Salah satunya karena penggunaan jos kulit elektrik dan sudah dilengkapi dengan sun roof. Juga biasanya bagian head unit dan audio-nya sudah kelas premium dengan dukungan suspensi nyaman. Mesinnya sangat bertenaga dan paling penting jarang rusak.

Kekurangan:

Modelnya sangat old untuk masa kini sehingga membuat pengendara terkesan kuno. Suku cadanganya ini sudah sulit didapat, jadi Anda harus bekerja keras mencari lewat berbagai situs penjualan online, itupun biasanya bersifat pre-order. Anda juga harus menyiapkan kocek tebal, lantaran mesin lawasnya memakan bahan bakar tinggi.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Teknologi Mobil Autonomous untuk Transportasi Masa Depan

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.