Warna Cat Mobil Menentukan Kepribadian Pemilikinya

Mobil

Warna cat mobil sejatinya tidak hanya pemanis eksterior saja. Lebih dari itu, warna tersebut mewakili kepribadian pemiliknya.

Bisa dibilang, mobil yang kita gunakan merepresentasikan diri kita. Tentu, hal ini terlepas dari mobil apa yang digunakan, baik mobil LCGC yang berharga murah ataupun jenis mobil lain yang harganya mahal. Hal-hal yang dimaksud merepresentasikan diri kita adalah segala hal yang ada pada mobil tersebut, mulai dari aksesori hingga warna cat mobil.

Bicara soal warna cat mobil, saat ini ada sangat banyak warna yang disuguhkan oleh produsen mobil. Mulai dari yang gelap hingga warna cerah, semua ada. Tapi, jika mobil yang ingin kita beli hanya memiliki warna dasar saja, tentu kita dapat mengubah warna catnya, tapi dengan biaya tambahan yang cukup besar.

Umumnya, warna yang kita pilih menggambarkan kepribadian kita. Pastinya, setiap warna memiliki definisi yang berbeda. Namun, selain itu, setiap warna juga memiliki masalahnya tersendiri. Penasaran? Yuk, simak penjelasan warna cat mobil di bawah ini!

Baca juga: Agar Tetap Prima, Ini Cara Merawat Mobil Injeksi

Beragam Warna Cat Mobil dan Kendalanya

Hitam

Warna hitam menjadi warna favorit lantaran mampu menyuguhkan keanggunan pada sebuah mobil. Warna hitam dikatakan paling susah dalam hal perawatan, karena cat ini paling sensitif terhadap debu dan bahkan goresan halus. Selain itu, jamur dengan mudah terlihat di atas permukaan cat hitam.

Supaya mengembalikan warna seperti kondisi semula, disarankan untuk sering melakukan pemolesan cat. Meski begitu, tentunya hal ini menimbulkan risiko lain, yakni cat lebih cepat tipis. Kondisi ini juga mudah dialami pada cat berwarna biru tua atau warna gelap lainnnya.

Putih

Putih telah menjadi warna idola baru dalam satu dekade belakangan ini. Putih memberi kesan resik dan mewah. Namun warna ini reaktif terhadap sinar matahari dan perubahan cuaca. Dampak yang terlihat adalah warna putih yang perlahan menguning.

Oleh karena itu, disarankan bagi pengguna mobil putih untuk parkir di tempat yang relatif teduh atau menyediakan cover mobil saat memarkir mobil di tempat terbuka.

Silver

Warna ini memberi kesan modern dan juga mewah. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa warna silver merupakan warna paling mudah dipelihara dan tidak mudah kotor.

Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab warna silver memang memiliki karakter menyarukan goresan dan kotoran ringan sehingga sekilas tidak nampak oleh mata. Untuk merawatnya, cukup mudah dan tidak terlalu membutuhkan kiat khusus.

Perawatan cat berkala dengan memolesan dianjurkan untuk menjaga kecermerlangan cat. Warna ini ada sedikit kesamaan dengan putih. Silver perlahan sedikit menguning terlebih jika sering dijemur di bawah sinar matahari.

Namun perlu diwaspadai, silver merupakan warna yang paling susah disamakan catnya apabila hendak melakukan cat hanya sebagian bodi mobil.

Abu-abu

Abu-abu memberi kesan modern dan juga elegan. Warna abu-abu memiliki sifat yang hampir sama dengan silver. Lantaran lebih gelap, maka warna ini lebih sensitif terhadap goresan dan jamur dibandingkan silver. Tip dan kiat yang diberlakukan pun sama dengan cat silver.

Merah

Warna merah memberikan kesan eksotik dan berani pada mobil yang dilapisi dengan warna ini. Merah termasuk sensitif terhadap sinar matahari dan juga perubahan cuaca walau tidak sesensitif warna putih.

Cat merah berpotensi terjadi belang di area yang terkena sinar matahari secara vertikal. Disarankan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh. Warna merah merupakan disebut warna yang mahal dan sulit untuk melakukan pengecatan ulang.

Baca juga: Mesin DOHC vs SOHC, Lebih Bagus Mana?

Tip Menjaga Warna Cat Mobil

Apa pun warna catnya, tentu semua orang ingin warna mobil terlihat menarik dan seperti baru. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kualitas warna cat terjaga dan terhindar dari kerusakan. Berikut ada beberapa tip yang dapat diterapkan bagi seluruh pemilik mobil yaitu:

Cuci Mobil Secara Rutin

Cucilah mobil Anda secara teratur agar mobil tetap bersih dan tidak terkontaminasi dengan kotoran. Mobil juga membutuhkan perawatan seperti manusia, harus dicuci setiap usai digunakan atau paling tidak setelah terkena air hujan.

Mobil bisa langsung dicuci agar air hujan tidak membuat warna cat pada mobil baru memudar. Jika Anda tidak ada waktu untuk membersihkannya, maka gunakan saja jasa cuci mobil. Dan akan jauh lebih baik jika mobil dibersihkan setiap pagi ketika akan dipakai daripada tidak sama sekali.

Pilih Tempat Parkir yang Baik

Sebaiknya Anda merawat mobil sejak dini, baik dari mesin, cat, serta bagian interiornya. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari masalah yang sering terjadi pada kendaraan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tempat parkir kendaraan Anda. Parkirkan mobil Anda di tempat yang teduh agar mobil berhenti dan berada dalam kondisi yang dingin.

Memarkirkan mobil di tempat yang sejuk dapat membuat mobil Anda lebih cepat dingin, termasuk juga mesinnya, sehingga tidak panas terus menerus. Cat mobil pun bisa lebih awet dan bagus, ketimbang jika mobil selalu di parkir di tempat yang panas.

Gunakan Produk Perawatan Berkualitas

Gunakanlah jenis produk sabun, sampo, atau pembersih apapun itu dengan kualitas bagus untuk mobil Anda. Jangan tergiur dengan harga murah, namun pada akhirnya membuat mobil Anda malah rusak dan catnya memudar. Cari ulasan mengenai produk yang hendak dibeli agar nantinya tidak menyebabkan kerusakan pada mobil.

Ada baiknya jika Anda menggunakan produk yang umum dan sudah terpercaya saja daripada harus menggunakan produk yang masih belum jelas hasilnya.

Baca juga: Sunroof: Salah Satu Fitur Mobil Terkini

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Hati-hati dalam Menggunakan Penutup Mobil

Menggunakan penutup mobil boleh dilakukan di siang dan malam hari. Namun satu hal yang harus Anda ingat, jika menutup mobil ketika kondisinya masih basah dapat mengubah warna cat mobil, menyebabkan mobil mudah berkarat, jamuran, dan beberapa masalah lain pada cat mobil.

Jika Anda memang tidak memiliki garasi dalam rumah dan ingin menggunakan penutup mobil di malam hari, maka sebaiknya pastikan dulu bagaimana kondisi mobil Anda. Jika Anda menutup mobil dalam keadaan basah, maka bisa jadi cat mobil akan memudar sedikit demi sedikit.

Jika warna cat mobil yang Anda miliki sudah mewakili kepribadian Anda, tentu Anda perlu menjaganya agar warnanya tetap baik dan tidak mengalami kelunturan atau masalah lainnya. Jadi, warna apa yang sangat sesuai dengan diri Anda?

Comments are closed.