Yuk, Ikuti Langkah Mudah Membersihkan Grill Mobil

Mobil

Grill mobil memang seringkali dianggap sepele oleh para pengguna mobil. Padahal, komponen satu ini bisa sebabkan masalah besar jika tidak dirawat.

Setiap bagian mobil pasti diciptakan dengan fungsinya. Besar atau kecil, tentu fungsi yang ada pada setiap komponen sangatlah penting bagi mobil. Banyak sekali orang memberi perhatian lebih pada bagian-bagian vital seperti mesin dan kaki-kaki.

Padahal, setiap komponen sejatinya harus diperhatikan dan dijaga kondisinya agar tetap prima. Satu komponen yang sering terlewat oleh orang-orang tak lain adalah grill mobil. Grill mobil adalah komponen yang terletak di bagian luar mobil yang berbentuk seperti ventilasi di bagian depan.

Grill merupakan pelindung atau filter di bagian depan mobil sekaligus komponen yang membuat mobil terlihat lebih menarik. Maka dari itu, kondisi grill haruslah terjaga dan kalau bisa terhindar dari karat dan kotoran yang menumpuk.

Jika Anda seorang yang rutin membersihkan mobil, jangan lewatkan untuk membersihkan grill mobil agar tetap terlihat bersih. Mari kita simak langkah membersihkan grill mobil di bawah ini!

Baca juga: Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil

Langkah-langkah Membersihkan Grill Mobil

Umumnya, grill menjadi kotor karena debu yang menempel dan juga kotoran dari hujan. Jika tidak dibersihkan secara rutin, bukan tak mungkin grill akan cepat terlihat kusam. Maka dari itu, sudah seharusnya kita bersihkan grill terutama saat cuaca tak menentu. Langkah-langkah dalam membersihkan grill antara lain:

Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Bahan yang diperlukan dalam membersihkan grill tidak jauh berbeda dengan bahan-bahan untuk membersihkan atau mencuci mobil pada umumnya, yaitu kain katun, sikat gigi, kuas, sampo mobil, dan wax. Bahan ini dibutuhkan untuk mengelap dan menghilangkan noda, debu, dan kotoran yang menempel di grill.

Campur Air dengan Sampo Mobil

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan sampo mobil dengan air. Perhatikan perbandingan sampo dengan air. Paling tidak, perbandingannya 1:3 untuk sampo dan airnya. Fungsi dari sampo mobil ini tak lain untuk mengangkat kotoran yang menempel di bagian grill.

Oleskan Campuran Air dan Sampo Mobil ke Grill

Jika air dan sampo mobil telah tercampur, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memoleskan cairan tersebut ke bagian grill mobil. Cara memoleskannya tak perlu disiram, melainkan menggunakan sikat kecil atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Oleskan ke seluruh bagian grill hingga ke bagian yang sulit terjangkau.

Dengan begitu, setidaknya seluruh bagian grill sudah terkena cairan sampo. Sampo ini akan membuat kotoran dan debu menjadi terlepas dari bagian grill.

Sikat dengan Sikat Gigi

Setelah teroleskan di seluruh bagian grill, saatnya menggosok seluruh bagian grill. Sikat yang dapat Anda pakai dalam membersihkan grill tak lain adalah sikat gigi. Sikat perlahan dan tidak perlu terlalu keras di seluruh bagian grill.

Pastikan tak ada satu bagian pun yang terlewat saat Anda menyikat. Sebab, bagian yang tidak tersikat akan membuat debu dan kotoran tidak terlepas dari bagian tersebut sehingga grill tidak menjadi bersih sempurna.

Lap dengan Kain Katun

Langkah selanjutnya untuk membuat grill mobil menjadi bersih adalah mengelap dengan kain katun. Dari sekian banyak jenis kain, mengapa hanya kain katun yang dianjurkan? Sebab, kain katun memiliki tekstur dan permukaan yang lembut serta memiliki daya serap yang baik.

Jadi, grill tidak akan tergores saat dilap dengan kain katun. Selain itu, bagian yang sebelumnya sudah dioles dan disikat akan lebih mudah dibersihkan dan diserap oleh kain ini.

Oleskan Wax

Inilah langkah terakhir dalam membersihkan grill, yaitu mengoleskan wax. Wax berfungsi untuk membuat bagian yang dioles menjadi lebih mengkilap dan tidak mudah kotor. Oleskan wax di seluruh bagian grill agar kebersihan dan kilapnya terjaga hingga berhari-hari sampai waktunya grill dibersihkan kembali.

Baca juga: Cara Mencuci Mesin Mobil dengan Benar

Dampak Grill Mobil Jarang Dibersihkan

Grill adalah bagian yang langsung menutupi mesin. Jadi, bisa dibilang, grill adalah bagian yang penting. Jika grill tidak dijaga kebersihannya, tentu akan ada beberapa masalah yang mungkin akan dihadapi oleh pemilik mobil. Apa saja masalah yang dapat timbul karena grill mobil yang kotor? Ini dia!

Grill Terlihat Kusam

Jika jarang dibersihkan, masalah yang akan sangat terlihat pada grill tak lain adalah grill terlihat kusam. Hal ini tak lepas dari banyaknya debu, kotoran, dan bahkan jamur yang menempel pada jamur dan hal ini berlangsung dalam waktu lama.

Faktanya, debu, kotoran, dan jamur dapat mengikis bagian yang mengkilap dari grill. Jadi, jangan heran jika grill akan terlihat redup dan tidak mengkilau. Hal tersebut terjadi karena pemilik mobil jarang membersihkan grill.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Membuat Mesin Kotor

Kita tahu bahwa di belakang grill mobil terdapat mesin. Nah, jika grill tidak rajin dibersihkan, bukan tidak mungkin debu, kotoran, dan jamur yang menempel akan mengotori mesin. Nah, mesin yang kotor tentu akan menyebabkan banyak hal buruk, seperti tarikan tidak maksimal hingga yang terburuk adalah turun mesin.

Jadi, sudah seharusnya kita rutin membersihkan grill, bukan hanya untuk penampilan mobil kita, melainkan juga untuk menghindari tercemarnya mesin akibat kotoran yang menempel pada grill.

Sekarang Anda sudah tahu betapa pentingnya menjaga kebersihan grill mobil. Memang, kadang orang tak sadar bahwa mobil tak melulu soal mesin saja. Bahkan, hal-hal kecil pada mobil dapat berdampak besar jika tidak dijaga dengan baik kebersihan dan kondisinya. Jadi, mari kita mulai taruh perhatian kita pada hal kecil di mobil seperti grill.

Comments are closed.