Yuk, Kenali Warna Asap Knalpot Mobil!

Mobil

Mengenali warna asap knalpot mobil itu sangat penting sekali, sehingga Anda bisa mengindentifikasi dari awal gejala apa saja yang sedang dialami mobil Anda.

Dari asap mobil, Anda bisa mengindikasikan kondisi mobil. Warna asap knalpot mobil itu merupakan tempat pembuangan dari pembakaran, sehingga mengeluarkan asap. Nah, asap mobil yang keluar dari knalpot mobil itu akan mengeluarkan warna. Sudah seharusnya, Anda juga harus mengenali warna asap knalpot mobil. Itu akan mengindikasikan, seperti apa kondisi mobil Anda saat itu.

Asap Berwarna Kebiruan

Warna asap knalpot mobil berwarna biru, menandakan bahwa mesin mobil Anda membakar oli mesin. Itu bisa terjadi karena katup sil atau ring piston yang telah aus dan menjadi bocor. Jika sudah begini, segera periksa oli mobil Anda secara teratur. Sebaiknya jangan sampai lalai karena akan membutuhkan biaya banyak nantinya.

Asap Berwarna Abu-abu

Berikutnnya dalam mengenali warna asap knalpot mobil berwarna abu-abu, ini cukup sulit di diagnosis penyebabnya. Umumnya asap abu-abu disebabkan dengan penyebab yang sama yakni pembakaran oli yang bocor dan kinerja turbo yang buruk.

Jika mobil Anda memiliki transmisi otomatis dan mengalami oli persenelingnya terbakar di mesin, ini juga akan mengeluarkan asap abu-abu. Modulator pada vakum perseneling juga bisa rusak karena hal ini, dimulai dengan oli perseneling yang tersedot ke dalam mesin dan jadi terbakar.

Knalpot mobil yang mengeluarkan asap abu-abu juga bisa diartikan katup PCV macet, sistem PCV (Positive Crankcase Ventiation) bisa menguransi emisi berbahaya untuk mendaur ulang kembali ke ruang pembakaran.

Asap Berwarna Putih

Bila kendaraan Anda mengeluarkan asap warna putih selama sifatnya masih tipis itu masih normal. Asap putih jenis ini, dapat menghilang dengan cepat. Namun, jika sifatnya tebal berarti ini merupakan masalah serius. Biasannya ini disebabkan oleh mesin yang membakar coolant. Ini bisa menyebabkan kerusakan serius pada packing head, silinder head, atau blok mesin yang retak dan semuanya butuh perbaikan yang mahal. Untuk kondisi seperti ini, jangan pernah mengabaikannya.

Asap berwarna hitam

Warna asap knalpot mobil warna hitam bisa diartikan mesin membakar bahan bakar terlalu banyak, yang diartikan boros. Hal yang harus Anda periksa yaitu filter udara dan komponen lainnya seperti sensor, bahan bakar dan fuel presssure regulator. Asap hitam seperti ini biasanya mudah untuk diketahui, tpai untuk borosnya bahan bakar akan merugikan Anda juga.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Supermarket Asuransi

Comments are closed.