Biaya Servis Moge, 3 Jenis Moge Populer di Indonesia!

Motor

Berniat memiliki motor gede, ketahui dahulu pasaran biaya servis moge yang populer di kalangan bikers Indonesia, penasaran?

Memiliki motor gede memang jadi impian banyak lelaki, tampilannya yang gagah sejatinya mampu merepresentasikan gaya seorang lelaki. Namun, bukan hanya dari segi penampilan, kekuatan yang dimiliki moge jugalah yang membuat banyak pria bersemangat untuk bisa memiliki kendaraan keren ini.

Tenaga berlimpah dengan deru knalpot menggelegar, membuat siapa saja terpesona dengan sosoknya. Banyak orang Indonesia menilai jika ingin memiliki motor gede atau moge haruslah memiliki kocek cukup dalam dalam hal biaya perawatan. Benarkah demikian? Di bawah ini pemaparan biaya servis beberapa moge yang populer di Indonesia.

Baca juga: 6 Motor Yamaha Terlaris di Indonesia 2020

Moge Yamaha P900

berapa biaya servis moge

Kepolisian Republik Indonesia diketahui menggunakan beberapa jenis motor berkubikasi besar alias moge untuk kendaraaan dinasnya. Di antara moge yang dipakai polisi, Yamaha P900 dinilai merupakan motor yang paling gesit. Selain gesit, moge jenis ini dikenal jarang bermasalah dan memiliki biaya servis moge yang cukup murah.

Menurut beberapa ahli perbengkelaan, menyebutkan bahwa biaya servis berkala untuk P900 biasanya dikenakan biaya mencapai kurang lebih Rp350 ribu. Biaya yang dibutuhkan bertambah menjadi sekitar   Rp800 ribu bila ditambahkan dengan ganti oli, tune-up, dan pergantian filter oli. Sedangkan, apabila moge ini harus ditambah oli primary dan oli transmisi biaya pub naik lagi menjadi sekitar Rp1 juta. Namun, apabila P900 ini bermasalah pada pelat koplingnya maka pergantiannya bisa mencapai sekitar Rp1,4 juta.

Moge Aprilia dan Shiver Piaggio

PT Piaggio Indonesia selaku APM dari Aprilia resmi meluncurkan moge terbarunya, Shiver 900 pada tahun 2019 lalu. Sepeda motor yang masuk dalam kategori moge ini punya spesifikasi yang cukup menggoda. Bagian dapur pacu, Shiver 900 menggunakan mesin berkapasitas 896 cc twin cylinder dengan konfigurasi V-Twin 90 derajat, berpendingin cairan, dan dibekali 4-katup pada setiap silindernya.

harga biaya servis moge

Sebelum dipegang secara resmi oleh Piaggio Indonesia, motor ini sebenarnya sudah banyak masuk ke Indonesia melalui importir umum. Kini, pengguna Aprilia yang membeli motornya di importir umum bisa memanfaatkan layanan purna jual dari Piaggio Indonesia. Menawarkan motor bertipe sport fairing dan naked yang diimpor secara utuh ke Indonesia, moge yang bergabung dengan Piaggio ini memiliki biaya servis yang terbilang lumayan.

Untuk biaya servis rutin dikenakan biaya sekitar Rp850 ribu diluar penggantian oli dan spare part. Interval penggantian oli Aprilia Shiver 900 ini juga berbeda dari motor lainnya. Untuk Aprilia Shiver 900, interval penggantian oli disarankan tiap 20.000 km sekali. Akan tetapi kalau motor sering dipakai, disarankan penggantiannya lebih cepat. Karena apabila motor yang sering dipakai hard braking atau kena macet-macetan, kondisi mesinnya berbeda dengan motor yang penggunaannya ringan.

Keperlian oli untuk jenis moge ini yaitu sebanyak tiga liter dengan menggunakan oli yang berspesifikasi 15W-50.

Saat penggantian oli, Anda akan dianjurkan untuk sekaligus mengganti filter oli dan businya. Untuk reekomendasi periode servis dari bengkel resmi untuk Aprilia di Indonesia, dipatok setiap 10 ribu km atau 6 bulan pemakaian motor. Aprilia Shiver 900 menggunakan mesin V-Twin 90 derajat sehingga seperti motor pada umumnya, jadwal tersebut dipatok berdasarkan mana yang tercapai lebih dulu.

Moge Royal Enfield

Sebagai salah satu motor gede legendaris, Royal Enfield tentu menjadi brand yang diminati oleh semua riders di dunia, termasuk di Indonesia. Mengingat kebanyakan motor moge memiliki biaya perawatan yang cukup mahal. Jika Anda sedang berencana untuk memiliki moge Royal Enfield ini, selain harga beli yang juga harus Anda pertimbangkan adalah biaya servis motor gede satu ini.

Baca juga: Ingin Terhindar dari Pencurian Motor? Ini Caranya!

Informasi yang tak kalah penting, jasa servis motor gede ini berbeda dengan motor yang lainnya. Biaya jasa servis dihitung dengan menggunakan patokan jam pengerjaan. Biasanya waktu pengerjaan servis satu unit motor bisa menghabiskan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam.

Pada servis berkala pertama dan kedua pemilik moge Royal Enfield ini akan mendapatkan free jasa, tentu dengan syarat selama motor dalam kondisi standar tidak ada perubahan di knalpot dan kelistrikan. Untuk biaya selanjutnya, Anda akan dikenakan biaya jasa servis per jamnya yaitu Rp110 ribu sudah termasuk PPN.

Pihak dealer juga menawarkan berbagai jenis oli, Mulai dari yang berkapasitas 0,8 liter seharga Rp104.500 hingga ukuran satu liter seharga Rp121.000. Untuk oli yang tipe klasik butuh oli 2,8 liter atau setara dengan 3 botol oli, untuk yang Himalayan lebih sedikit kebutuhannya yaitu hanya 2 liter. Dari harga tersebut, Anda butuh mempersiapkan biaya ganti oli keseluruhan kira-kira sekitar Rp350 ribu dengan menggunakan oli yang sudah direkomendasikan khusus untuk motor Royal Enfield.

Pada saat servis rutin, pemilik kendaraan Royal Enfield juga disarankan mengganti part filter oli mesin yang dijual dengan harga di bawah Rp100 ribu. Untuk interval servis berkala motor Royal Enfield mulai dari 500 km pertama, lalu dilanjutkan pada 3.000 Km, hingga seterusnya di kelipatan 3000 km atau paling lama 3 bulan.

Ada beberapa bagian yang akan diperiksa pada saat konsumen melakukan servis rutin. Mulai dari pengecekan baut-baut, tekanan angin, pengecekan suspensi depan-belakang, kelistrikan, komstir dan pastinya pengecekan mesin. Soal spare part, di Royal Enfield sendiri juga mudah di dapat untuk fast moving dan harganya terjangkau.

Untuk fast moving beberapa parts yang harus diganti yaitu kanvas rem depan-belakang, kabel gas, kabel speedometer, dan kabel kopling. Adapun harga dari tiap suku cadangnya yaitu kanvas depan-belakang itu sekitar Rp200 ribu, kabel gas untuk injeksi Rp90 ribu, kabel kopling Rp40 ribu, filter oli Rp38 ribu. Dengan harga tersebut, biaya perawatan Royal Enfield bisa dibilang cukup terjangkau dan tak terlalu menguras isi dompet.

besaran biaya servis moge

Biaya perawatan Royal Enfield tersebut adalah kisaran untuk model Classic dan Bullet. Kedua model ini memang bisa dibilang serupa dan memiliki common parts yang dapat dipakai bersama. Untuk model Himalayan, spare part-nya cukup berbeda sehingga tidak bisa dilakukan substitusi.

Biaya servis motor gede yang harus dikeluarkan bagi pemilik moge memang beraneka ragam tergantung jenis dan mereknya. Banyak orang beranggapan moge keluaran Eropa memang memiliki harga beli dan perawatan yang lebih tinggi dibandingkan moge keluaran Jepang. Nah, bagi Anda yang baru berencana ingin memiliki moge, informasi di atas bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jenis moge yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tentu kocek Anda. Tapi, dari tiga jenis moge di atas, kira-kira mana yang paling sesuai untuk Anda?

Baca juga: Beli Motor Bekas atau Baru? Ini Tipnya!

Comments are closed.