Perhatikan Tips Memilih Jenis Helm Motor yang Tepat

Motor

Salah satu penunjang keselamatan utama bagi pengendara sepeda motor adalah helm. Itulah yang menjadi dasar bahwa memilih helm tidak boleh sembarangan.

Sadar akan keselamatan, pastikan Anda mematuhi hal-hal mendasar dalam berkendara terutama saat berkendara sepeda motor. Selain performa prima sepeda motor Anda, pastikan juga Anda memakai kelengkapan dasar berkendara, salah satunya helm motor.

Selain untuk menghindarkan diri dari tilangan polisi, penggunaan helm motor tentu untuk menunjang keselamatan. Tapi, jangan sembarang dalam memilih helm yang akan Anda gunakan, sebab ternyata tidak semua helm direkomendasikan dan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia atau SNI. Sebelum tahu tips memilih helm yang tepat, berikut jenis-jenis helm yang perlu Anda ketahui.

Jenis-jenis Helm

Helm Full Face 

Helm Motor Full Face

Helm jenis ini bisa dikatakan paling cocok digunakan untuk pengguna motor sport dan naked bike. Karena menutup semua bagian kepala, helm ini bisa di anggap helm yang paling menjaga keselamatan. Helm jenis ini cocok digunakan pengendara motor yang sering berkendara jarak jauh dan juga ngebut dalam kecepatan tinggi. Bentuknya yang aerodinamis dapat meminimalisasi hambatan angin, jadi cocok untuk balapan di atas aspal.

Baca Juga: Ingin Terhindar dari Pencurian Motor? Ini Caranya!

Helm Half Face

Helm half face paling banyak dan cocok dipakai pengguna motor bebek maupun skutik. Biasanya helm ini jadi helm standar yang diberikan oleh pabrikan maupun dealer kepada pembeli motor. Untuk masalah keselamatan, helm ini masih jauh dari keamanan bagi penggunannya dibanding full face. Namun, jensi helm tersebut banyak digunakan di Indonesia, karena harganya yang tidak mahal.

Helm Open Face

helm motor open face

Dari segi bentuk, helm ini hampir sama dengan helm half face. Hanya saja, helm ini tidak memakai visor yang terpasang di batok helmnya. Biasanya, banyak dipakai oleh peminat motor classic maupun custom yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia

Helm helm Off Road

 

Helm satu ini jelas hanya diperuntukkan untuk pengendara motor off road. Tidak dianjurkan bagi pengendara untuk melaju dengan kecepatan tinggi dengan menggunakan helm tersebut, karena dari sisi keamannanya yang kurang baik untuk dibawa ngebut dan bentuknya juga kiurang aerodinamis. Bila terkena kibasan angin yang cukup kencang, helm ini akan sangat mudah berubah posisi.

Tapi untuk sisi keselamatan, helm ini terbilang baik karena menutupi seluruh bagian kepala. Penggunaan helm ini bisa juga dipadukan dengan kacamata agar mata pengendara terlindungi. Saat ini sudah ada jenis helm perpaduan full face dengan off-road yang biasanya dipakai pengendara naked bike.

Saat Anda memakai helm ini, rasanya menambah kesan retro bagi penampilan Anda. Biasanya, pengendara akan memakai tambahan kacamata jika berkendara jarak dekat. Untuk jarak jauh, helm ini bisa dipasang goggles atau juga dilengkapi dengan masker agar bisa melindungi mata dan wajah rider.

Helm Modular atau Flip Up

Untuk tingkat keselamatan, helm modular atau flip up hampir mirip dengan helm full face. Helm tersebut sebenarnya merupakan perpaduan antara helm half face dan full face. Bagian rahang dan visornya bisa diangkat ke atas untuk membuka wajah pengendara agar terlihat. Helm ini sangat cocok digunakan untuk touring jarak jauh, cocok juga untuk motor full fairing maupun naked bike.

Baca Juga: Kredit Motor Syariah Kredit Bebas Bunga dan Riba

Helm Cetok

Dari sekian banyak jenis helm, inilah jenis helm yang paling tidak dianjurkan untuk dipakai. Dahulu, helm ini banyak dipakai pengendara sepeda motor di Indonesia yang umumnya memakai motor bebek maupun naked bike klasik. Salah satu faktornya mungkin karena harganya yang sangat terjangkau dan ringan di kepala.

Meski begitu, masih banyak dijumpai pengendara motor dan terutama perempuan muda dengan bentuk helm yang sudah diubah.

Kini, helm juga menjadi bagian dari style bagi penggunanya, tak heran banyak dijual berbagai jenis helm yang memiliki corak bervariasi dan juga minimalis. Namun, hal itu tentu bukan hal utama dalam memilih helm yang sesuai. Ada hal-hal lain yang harus diperhatikan juga agar tetap aman dan nyaman saat helm motor digunakan untuk berkendara. Berikut tips memilih helm yang wajib Anda ketahui.

Tips Memilih Helm Motor yang Aman dan Baik

Pilih Helm SNI

Syarat agar tidak ditilang oleh polisi saat berkendara di jalan raya menggunakan dengan sepeda motor, pengendara harus gunakan helm. Tapi perhatikan juga jenis helmnya, helm harus yang sesuai dengan peraturan pemerintah yaitu helm yang memiliki label Standar Nasional Indonesia atau SNI. Biasanya, label tersebut terdapat di sisi belakang helm dengan bentuk stiker ataupun emblem.

Selain SNI, adapula helm yang berlabel DOT (Department of Transportation) yang merupakan label standar yang digunakan di luar negeri. Helm ini sama amannya dengan yang berlabel SNI. Label ini juga ada di beberapa helm produksi luar negeri. Jadi, jangan lupa periksa label pada helm sebelum membeli.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum Anda membeli helm, terlebih dahulu untuk tentukan jenis helm yang sesuai dengan kebutuhan. Merujuk pembahasan di atas tentang jenis-jenis helm, Anda bisa sesuaikan jenis helm yang akan dibeli dengan jenis sepada motor yang Anda miliki.

Pilih Helm sesuai Ukuran Kepala

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sebuah helm adalah ukuran yang pas. Sesuaikan ukuran helm dengan ukuran kepala Anda. Jangan sampai kekecilan atau bahkan kebesaran karena akan mengurangi kenyamanan saat berkendara. Jika tidak nyaman menggunakan helm, konsentrasi pun akan terganggu dan berbahaya bagi keselamatan diri sendiri dan pengendara lain di jalanan.

Di pasaran saat ini ada beberapa ukuran yang bisa Anda pilih. Seperti halnya ukuran pakaian, ukuran helm dimulai dari S, M, L, dan XL. Usahakan untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli dan membayar helm yang dipilih.

Pilih Helm yang Memiliki Strap

Satu faktor yang tak boleh dilewatkan adalah memilih helm yang memiliki tali pengikat atau strap yang kuat. Selain label SNI dan ukuran helm , tingkat kenyamanan saat menggunakan helm juga dipengaruhi oleh strap atau tali pengikat yang ada pada helm. Carilah strap helm yang tidak terlalu mencekik dan longgar. Di helm yang berlabel SNI, kelonggaran strap bisa diatur.

Baca Juga: Sebelum Membeli Asuransi Motor, Ketahui Hal Ini!

Selain itu, pilih juga helm yang memilik talii pengait atau strap yang kuat. Tujuannya, agar strap tidak mudah putus atau rusak. Ini berpengaruh pada keamanan saat menggunakan helm.

Pilih Helm yang Memiliki Perlindungan Ekstra

Pada beberapa merk helm ternama, mereka memiliki fitur ekstra untuk menunjang keamanan helm. Salah satunya adalah adanya gembok atau tali pengaman helm. Fitur ini berguna untuk menjaga keamanan helm selama di parkiran. Anda bisa ikat helm di sepeda motor dengan adanya fitur tambahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah mendapatkan helm yang sesuai dengan kebutuhan, standar peraturan yang ada, dan nyaman digunakan, jangan lupa untuk tetap berhati-hati selama berkendara, Hindari kebut-kebutan dan patuhi rambu lalu lintas yang ada. Selamat berkendara!

Comments are closed.