Spesifikasi dan Harga Honda CBR 150, Lebih Gahar!

Motor

Honda CBR 150 hadir kembali dengan perubahan total dari setiap bagiannya. Seberapa gagahkah keluaran terbarunya dibandingkan dengan generasi terdahulu?

Bagi Anda pecinta motor sport, rasanya nama Honda CBR 150 tidak mungkin terlewat dari pikiran Anda. Ya, motor ini merupakan salah satu pionir motor sport garapan pabrikan asal Jepang yang notabene laris pada generasi pertamanya.

Ingin mengulang kesuksesan yang sama, AHM sebagai induk dari Honda Indonesia pun akhirnya merilis kembali Honda CBR 150 dengan nama All New CBR 150. Tentu, banyak sekali perubahan pada keluaran terbaru ini dan jelas lebih baik dibanding generasi terdahulunya. Penasaran semenarik apa motor ini? Mari kita simak spesifikasinya di bawah ini!

Baca juga: Suzuki Bandit 150: Motor Touring yang Gagah dan Modern

Spesifikasi Lengkap Honda CBR 150

Tampilan Lebih Agresif dan Sporty

spesifikasi honda cbr 150

Menengok sektor tampilannya, bisa dikatakan CBR 150R kali ini membawa desain yang benar-benar baru. Dirancang lebih tajam di bagian front crowl dan body belakang, kesan sporty langsung kentara pada motor baru ini. Pada varian terbarunya ini, AHM memang mengejar desain yang lebih racing setelah menerima masukan dari konsumennya. Bahkan, bisa dibilang untuk sektor tampilan, AHM telah melakukan perubahan besar-besaran alias major change.

Mulai dari bagian lampu depan yang kini dibuat menyipit atau V-shape dengan teknologi LED, sekilas cukup mirip dengan desain lampu Honda CBR500RR. Sementara untuk bagian tangkinya, kini terlihat jauh lebih ideal dengan dimensi yang tak terlalu besar ataupun kecil.

Menarik melihat sektor jok pada motor besar ini, ternyata AHM benar-benar mempertimbangkan masukan publik dengan mengaplikasikan jok model split atau terpisah dengan model bertingkat. Begitu pun untuk bagian belakang jok kini tak ada lagi handle grip, sehingga kesan sporty-nya lebih dapat. Sedangkan untuk sektor buritannya tampak sudah simetris dengan model LED Stoplamp yang dikaloborasikan dengan spakbor model gantung.

Untuk impresi fisik terlihat bahwa motor sport ini membawa model yang lebih ramping dengan karakter sporty lebih kuat jika dibandingkan seri lamanya, di mana untuk varian yang lawas terlihat lebih gambot dan kalem. Jadi, melihat desainnya secara keseluruhan, kali ini AHM telah melakukan lompatan jauh dengan mengejar tampilan fisik yang lebih ‘racing look’ dan berani.

Indikator Full Digital pada Honda CBR 150 yang Modern dan Informatif

Puas dengan desain tampilan yang ditawarkan motor ini, kali ini pecinta motor sport kembali dibuat terpesona oleh speedometernya. Layaknya motorsport high-end keluaran pabrikan besar, motor ini juga sudah membawa panel instrumen full digital di bagian konsol meternya.

Membawa desain asimetris single cluster di bagian konsol meternya yang dibingkai dengan frame metalik, justru berhasil memperlihatkan kesan futuristik dan modern. Intsrumen panelnya yang terdiri dari speedometer, odometer, tripmeter, fuel meter dan lain-lain ini juga diracik dengan cukup informatif dan mudah dipantau dengan lampu latar berwarna biru.

Pastinya datang dengan panel konsol serta kelengkapan instrumen yang dimilikinya, bisa jadi untuk sektor yang satu ini, CBR 150 sudah cukup ideal di kelasnya karena mampu menawarkan nilai lebih dan tingkat akurasi yang baik sebagai indikator berkendara.

Baca juga: KTM Indonesia dan Varian Motor Terlarisnya di Tanah Air

Dimensi Ramping untuk Kenyamanan Lebih Saat Handling

spesifikasi honda cbr 150

Secara dimensi, motor ini memang sudah ideal untuk mengisi segmen motorsport kelas ringan, di mana  kali ini memiliki dimensi berupa panjang x lebar x tinggi = 1.983 x 694mm x 1.038 mm. Sedangkan untuk bobot kosongnya hanya berkisar 135 kg saja. Memiliki ground clearance 166 mm dan ketinggian jok 787 mm, motor ini mampu memberikan tingkat pengendalian yang baik.

Begitu pun untuk melesat di jalanan, dengan sasis barunya (Diamond Trust Frame), motor ini mampu memberikan tingkat handling yang lebih maksimal. Dengan dimensi lebih kompak dan ramping, bisa dikatakan motor sport ini sangat asyik untuk diajak berkendara di jalan raya begitu pun untuk riding jarak jauh.

Selain itu, AHM juga sudah memastikan bahwa motor ini sangat cocok untuk kendaraan harian karena menawarkan tingkat pengendalian yang mudah plus dimensi fisik yang kini lebih ramping dan kompak.

Suspensi Berkualitas untuk Berkendara Lebih Stabil

Dilahirkan dari gen Honda CB yang melekat kuat sebagai identitas motorsport kebanggaan Honda, AHM tak luput menyematkan piranti suspensi berkualitas pada motor ini, karena performa berkendara yang baik juga turut dipengaruhi oleh dukungan piranti suspensi yang cocok melibas jalanan Indonesia.

Menyeimbangkan dengan spesifikasi dimensinya, motor ini membawa komponen suspensi teleskopik untuk bagian depan dan suspensi belakang berupa monoshock (sistem Pro-Link). Kombinasi dua suspensi pada motor satu ini sudah disesuaikan untuk menghasilkan cornering atau sudut menikung yang lebih mantap. Terlebih jika melihat lebar lengan ayun yang melar 13 mm, membuat motor ini menawarkan performa riding yang lebih baik dibandingkan generasi terdahulu.

Beranjak untuk sektor pengereman, motor sport ini hadir dengan model pengereman khas motorsport 150cc yaitu rem cakram hidrolik bagian depan dan belakang. Terakhir, sebagai media penggetrak, AHM juga telah meng-upgrade bagian kaki-kaki motor ini lewat velg model baru. Jika sebelumnya velg bermodel flat, maka kali ini CBR 150 membawa desain bercabang yang menampilkan kesan dinamis dan cepat. Kedua velg berdiameter 17 inchi tersebut lantas dibalut dengan ban lebar berukuran 100/80-17 52P (Tubeless) di bagian depan dan 130/70-17 62P (Tubeless) di bagian belakang.

Performa Mesin Lebih Gahar dan Hemat Bahan Bakar

spesifikasi honda cbr 150

Datang dengan membawa perubahan total, untuk sektor mesinnya, motor ini juga turut dipermak demi mengejar performa yang lebih gahar lagi. Mengusung mesin baru berupa mesin DOHC 4-Valve berkapasitas 150cc yang dipadukan sistem transmisi 6 percepatan dan pendingin cairan (Liquid Cooled with Auto Fan), motor ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 17,1 PS/9.000 rpm dan torsi 13,7 Nm/7.000 rpm.

Mesin pada generasi terbaru ini merupakan generasi mesin baru dari Honda yang diracik dan diimbangi dengan efisiensi bahan bakar. Dengan model penyuplaian bahan bakar berpengabut PGM-FI (Injeksi) plus pemrograman khusus, motor ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 39,72 km/liter. Tak hanya itu saja, mesin baru ini telah mendapatkan setelan khusus yang mampu menyalurkan tenaga lebih dinamis, di mana torsi besar di awal tarikan sampai menengahnya lebih powerful. Sedangkan ketika digeber dalam putaran tinggi, motor ini juga terasa lebih galak berkat settingan engine mount bersudut 40 derajat dan pembesaran throttle body untuk efisiensi intake, serta rasio kompresi 11.3 : 1.

Lewat mesin baru ini, ketika dilakukan tes, motor ini dapat melaju dengan top-speed mencapai 130km/jam. Sehingga bisa dikatakan, jika AHM telah berhasil merevolusi total mesin motor ini menjadi lebih cepat tanpa mengesampingkan tingkat efisiensi bahan bakar.

Melihat spesifikasi Honda CBR 150 di atas, kira-kira berapa harga yang ditawarkan oleh AHM untuk motor ini? Harganya berkisar Rp32 jutaan, tak berbeda jauh dengan generasi terdahulu saat pertama kali dirilis. Tertarik?

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Suzuki Satria F150 FI

Sumber gambar: hondacengkareng.com

Comments are closed.