Honda Forza 250, Motor Metic Modern dan Sporty

Motor

Honda Forza 250 diciptakan untuk mewadahi keinginan milenial yang mengharapkan skuter matic bongsor namun mengusung tema dinamis dan futuristic.

Popularitas skuter matic di Indonesia semakin tinggi. Kini para produsen sepeda motor berloma menciptakan stuker terbaik mereka dengan bawaan mesin besar. Ada yang menawarkan kehandalan mesin, dilain merek menawarkan keunggulan desain yang moderen dan sebagian menawarkan tunggangan dengan fitur futuristik.

Salah satu produsen otomotif ternama tanah air yang intens dalam persaingan skuter matic bongsor adalah Honda. Pabrikan Jepang ini menciptakan produk andalan mereka yang terbaru yakni Honda Forza 250 yang diklaim menjadi yang terbaik dikelasnya karena didukung dengan kekuatan mesin paling sempurna.

Banderolnya sendiri jika dirupiahkan bisa mencapai Rp 80 jutaan lebih. Namun katanya angka ini sepadan dengan fitur-fitur yang diberikan dan kenyamanan yang ditawarkan. Mau diajak berkeliling kota, bepergian maupun menjadi moda transportasi harian Honda Forza 250 selalu bisa jadi Andalan.

Baca juga: Waktunya Servis Motor, Ini Komponen yang Wajib Diperiksa

Namun ketika memilih tunggangan yang satu ini pastikan sudah dilengkapi dengan asuransi motor. Sebab, Honda Forza ini masuk ke dalam jajaran motor mahal yang rentan menjadi target kejahatan. Keberadaan asuransi dapat memberikan rasa aman karena dapat meminimalisirkan akibat risiko tak terduga.

Spesifikasi Honda Forza 250

Motor yang mengusung konsep sporty mirip Yamaham Xmax ini memiliki spesifikasi yang dikatakan lebih baik. Sudah dilengkapi dengan berbagai fitur modern seperti speedometer digital yang sangat informatif dan body yang sangat nyaman dikendarai untuk perjalanan panjang.

Tersedia dalam 3 pilihan warna yakni Mat Gunpowder Black Metallic, Pearl Horizon White dan Sword Silver. Honda Forza 250 ini ditenagai oleh Mesin Bensin 249 cc dengan sistem PGM-F dengan Single Cylinder, 4-Stroke, 4-Valve SOHC Engine. Forza 250 Standard dipasangkan dengan transmisi CVT Variable Speed.

Honda Forza dibekali mesin dengan kapasitas 249,01 cc dan sistem suplai bahan bakar menggunakan teknologi Fuel Injection (PGM-FI). Sehingga membuatnya lebih hemat bahan bakar. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 17,3 kW / 7.500 rpm dengan torsi maksimal mencapai 24 Nm / 6.250 rpm.

Spesifikasi Honda Forza 250

Source: gridoto.com

Desain

Dari sisi desain Honda Forza 250 ini sangat futuristik dengan tambahan dua headlamp yang menampikan kesan tajam dan garang. Bagian joknya pun dibuat sangat dinamis dengan bagian belakang menjorok lebih tinggi, membuat penumpang dibadian belakang tetap nyaman mesi dibawa berkendara dalam jarak jauh.

Pada bagian belakang motor ini juga sudah dilengkapi dengan stop lamp modern yang populer digunakan skutik masa kini dan mengusung konsep lampu berteknologi LED. Varian yang juga dipasarkan di Eropa ini mengusung konsep skutik sporty karena itulah bentuknya sangat lebar dengan dimensi panjang 2142 mm dan lebar 754 mm. Sementara bobot totalnya tercatat mencapi 182 kg.

Baca juga: Yamaha Tricker 250: Motor Nyaman di Segala Medan

Honda nampaknya masih menjadikan Asia sebagai pasar utama, terbukti dengan tinggi tempat duduk atau tinggi jos Forza yang dibuat pas bagi tubuh orang Asia yang mungil yaki berukuran 715 mm. Angka ini dinilai sebagai ukuran paling ideal untuk postur tubuh masyarakat Asia khususnya Asia tenggara. Sehingga menjadikan tunggangan ini super nyaman.

Fitur

Karena masuk dalam kategori motor mewah tidak heran jika fitur yang disematkan pada motor ini sangat canggih. Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat pada Honda Forza 250.

desain honda Forza 250

Source: detikoto.com

Panel Analog Digital

Panel analog-digital ini memperlihatkan beberapa informasi penting melalui layar LCD background biru, mulai dari jam digital, suhu, sisa bahan bakar, jarak tempuh hingga voltase aki. Dilengkapi juga dengan dua panel analog pada sisi kanan kiri  LCD. Panel ini menampilkan info terkait kecepatan Km/jam dan rpm motor yang tengah dikendarai. Menariknya beberapa lampu indikator motor juga ditampilkan di bawah layar LCD. Tujuannya tentu saja agar pengemusi lebih mudah mencari informasi mengenai kondisi tunggangan mereka.

Honda Selectable Torque Control

Ini merupakan salah satu fitur asli Honda yang berperan untuk mencegah terjadinya ban slip terutama ketika pengendara melakukan pengereman mendadak, atau ketika motor melewati medan yang licin dan berpasir. Keberadaannya memudahkan pengendara mengontrol kemudi untuk menghindari resiko jatuh karena ban slip.

Box Extra Large

Seperti skutik bongsor pada umumnya, Honda Forza 250 ini juga dilengkapi dengan bagasi atau jok yang sangat besar, yang dapat memuat dua helm full face. Andapun bisa membawa berbagai perbekalan kedalam bagasi ketika melakukan perjalanan panjang. Jangan khawatir, karena material jok dan box dibuat dari bahan-bahan berkualitas barang-barang yang Anda simpan didalamnya dipastikan aman dan terlindungi. Bahkan ada tambahan kompartemen dibagian dasbor yang cukup untuk menyimpan ponsel, dompet atau pemutar MP3 Anda.

Electrically Adjustable Wind Screen

Fitur ini hadir untuk membantu pengendara mengatur ketinggian kaca depan yang berfungsi menghalau angin dari sisi depan. Proporsi eksterior motor ini yang berbentuk trapesium memberikan pengendara perlindungan maksimal dari serangan angin kencang di malam hari, namun tetap menghadirkan desain atau penampilan yang chic dan sporty.

itulah beberapa fitur moderen yang disematkan pada Forza 250. Sementara mengenai harga On The Road tunggangan berkapasitasn mesin 250 cc tersebut dibanderil mulai dari Rp 80 jutaan. Diketahui bahwa banderolnya menjadi yang termahal untuk motor dikelas 250 CC yang umumnya di Indonesia dijual pada angka Rp 60 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Forza 250

Kelebihan dan Kekurangan Honda Forza 250

Source: oto.com

Bagi Anda yang berminat memboyong skuter matic bongsor yang satu ini, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan lagi soal kelebihan dan kekurangannya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kelebihan:

  • Desain sangat kekinian
  • Sudah didukung dengan teknologi lampu LED
  • Dilengkapi dengan Rem ABS yang dapat mencegah ban slip
  • Panel Analog Digital
  • Torsi besar

Kekurangan:

  • Harganya relative mahal karena diimpor dari Thailand
  • Bahan jok kurang empuk, sehingga cukup tidak nyaman jika berkendara terlalu lama dalam kondisi macet
  • Bobotnya terlalu berat yakni mencapai 182 kg, sehingga kurang nyaman jika tengah dikendari dalam posisi macet
  • Tangki bahan bakar kecil yakni hanya 11,5 liter

Baca juga: 8 Motor Retro Terbaik dan Kisaran Harganya

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Honda Forza 250. Jika sudah yakin ingin memboyong roda dua yang satu ini siapkan kocek tebal ya karena biaya perawatannya tidak murah. Atur kondisi keuangan Anda agar tetap stabil meski tunggangan Anda menyedot biaya yang tidak murah.

Comments are closed.