Honda Sonic: Motor Bebek yang Modern dan Tangguh

Motor

Didukung dengan kecanggihan, Honda Sonic menjadi salah satu sepeda motor yang mampu menyita perhatian masyarakat Indonesia.

Tidak dipungkiri jika Honda termasuk salah satu produsen motor terbesar di dunia. Garapan dari negeri sakura ini, setiap kali mengeluarkan jenis motor baru, pasti menyita perhatian masyarakat. Salah satu jenis motor bebek yang yang menarik perhatian masyarakat Indonesia adalah Honda Sonic 150R. Motor ini dibekali dengan spesifikasi mesin yang benar-benar ‘sport’. Hal ini bisa dilihat dari basis mesin yang digunakan oleh Honda pada Sonic 150R.

Pabrikan dengan logo sayap mengepak itu menanamkan mesin DOHC 4-Valve yang memiliki kubikasi sebesar 149,16 cc. Selain itu, Honda pun menggunakan teknologi andalan Programmed Fuel Injection (PGM-FI) yang akan meningkatkan efisiensi pembakaran serta menciptakan gas emisi yang ramah lingkungan. Untuk lebih lengkap spesfikasi dari motor ini, berikut ini ulasan yang lebih rinci.

Spesifikasi Lengkap Honda Sonic

spesifikasi honda sonic

Motor Bebek dengan Desain Modern dan Stylish

Sonic 150R ini mengangkat tema futuristic light sport. Tidak dipungkiri jika di bagian desain bodi memang terlihat kaku. Hal ini bisa dilihat dari headlamp berbentuk ‘V’ ala wajah robot Transformers. Namun, justru itulah yang menguatkan image sebagai motor bebek sport yang fituristik. Pada bagian kemudi, Honda pun menggunakan setang jepit yang memang cocok untuk motor tipe ‘ayam jago’.

Bergerak ke samping, bodi Honda Sonic 150R ini juga nampak sytylish dengan semacam ‘undakan’ yang memisahkan bodi dengan cover mesinnya. Kenyamanan berkendara pun juga diperhatikan oleh Honda. Sepeda motor ini memiliki jok yang cukup lebar dan empuk sehingga kenyamanan pengendaranya tetap terjaga. Masih di bagian samping, Sonic 150R ini juga memiliki desain half fairing berkonsep tegas dan modern yang menutup mesinnya. Beda halnya pada bagian belakang, buritan Honda Sonic 150R mengusung desain lampu belakang yang menyatu dengan lampu sein, berpadu dengan back tail yang berbentuk lancip. Secara umum, spesifikasi Honda Sonic 150R pada bagian bodi ini memang terlihat sedikit kaku. Namun lagi-lagi, hal itu justru menguatkan aura sporty nan futuristik pada motor ini.

Baca juga: Seberapa Penting Asuransi Motor? Ketahui Hal ini!

Panel Honda Sonic Dashboard  Futuristik Multifungsi

spesifikasi honda sonic

Masih berbicara desain, namun kali ini kita akan membahas desain spesifikasimotor ini pada bagian panel dashboardnya. Selain pada bagian bodi, konsep futuristik pun juga terlihat pada panel dashboard Sonic 150R ini. Panel dashboard motor memiliki bentuk trapesium dengan indikator serba digital. Pada panel utama ditempati oleh indikator speedometer digital dan juga trip meter. Pada sisi sebelah kiri, panel dashboard diisi oleh indikator bahan bakar yang berbentuk tegak.

Beda halnya pada bagian indikator gigi netral, lampu sein dan lampu utama serta indikator minyak pelumas tertata rapi di bagian atas. Kemudian, penempatan ruang kunci atau key shutter pada motor ini mengambil tempat di bawah panel dashboardnya, tepat di tengah-tengah. Meski kesan kaku juga nampak pada bagian dashboard motor ini, namun indikator-indikator yang ada tetap user friendly dan pastinya fungsional.

Dimensi Bodi Ramping dan Mudah Dikendalikan

Secara fisik, spesifikasi motor ini ini memang sangat cocok untuk kehidupan urban masa kini. Bodinya yang ramping namun tangguh pastinya sangat cocok digunakan untuk melaju di jalanan yang ramai. Sonic 150R sendiri memiliki ukuran tubuh 1.944 x 669 x 977 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 1.275 mm. Dengan ukuran tersebu, Sonic 150R akan mudah dikendalikan, baik saat lambat atau melaju kencang. Selain itu, sepeda motor ini juga memiliki bobot yang cukup ringan namun mantap, yaitu 114 kg. Honda sendiri menggunakan jenis rangka Twin Perimeter Frame guna membangun Sonic 150R. Rangka tipe perimeter frame tersebut merupakan material yang ringan namun sangat kokoh. Hal ini akan meningkatkan kemampuan handling dan manuver motor ini. So, baik untuk jalanan berkarakter lambat atau cepat, motor ini tetap enak dikendalikan. Lalu, Honda melengkapi spesifikasi Sonic 150R dengan tangki BBM yang mampu menampung kapasitas 4 liter.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda CBR 150, Lebih Gahar!

Handling Mantap dengan Dukungan Suspensi Tangguh

Selain rangka perimeter frame yang kokoh, spesifikasi motor keluaran Honda ini  juga didukung oleh kaki-kaki yang tangguh pula. Untuk suspensi depan, Honda menggunakan sistem telescopic suspension yang akan memberikan kenyamanan dan handling mantap pada pengendaranya. Sedangkan untuk bagian belakang, Motor ini mengusung suspensi monoshock yang dikombinasikan dengan lengan ayun adaptasi dari Honda CB150R Streetfire. Departemen pengereman, baik rem depan maupun rem belakang, diserahkan pada cakarm hidrolik yang akan memberikan cengkeraman kuat saat motor ini berhenti secara mendadak. Untuk menambah kenyamanan, spesifikasi Sonic 150R pada bagian kaki-kaki pun dipersenjatai dengan velg 17 inci yang dibalut dengan ban depan berukuran 70/90 serta ban belakang berukuran 80/90.

Kompresi Mesin Tinggi yang Galak di Putaran Bawah

spesifikasi honda sonic

Saatnya mengulas dapur pacu dari spesifikasi motor ini ini yang ternyata mengadopsi mesin dari Honda CB150R sehingga akan sangat bertenaga. Meskipun begitu, ternyata karakter mesin motor ini berbeda dengan Honda CB150R, karena motor ini dikhususkan untuk jalanan dalam kota maka torsinya lebih galak sehingga memberikan performa akselerasi lebih baik. Untuk spesifikasi Sonic 150R pada dapur pacunya mengandalkan mesin 4-langkah DOHC 4 katup dengan silinder tunggal yang berkapasitas 149,16 cc. Dengan memiliki rasio kompresi 11,3:1 mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 11,8 kW atau 16 Ps pada 9.000 RPM dengan torsi maksimal 13,5 Nm pada 6.500 RPM.

Untuk menggerakkan mesinnya, Honda membekali motor ini  dengan transmisi manual enam percepatan. Dengan mengandalkan sistem Programmed Fuel Injection (FI), mesin Sonic 150R pun akan mampu menyuplai bahan bakar dengan lebih baik. Bahkan, diketahui motor ini telah lolos standar emisi gas buang Euro 3 yang ramah lingkungan dan efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Honda mengklaim bahwa motor ini mampu melibas jarak 0-200 meter dengan catatan waktu 10,6 detik saja, dengan kecepatan maksimal 124,1 km/jam. Hal ini lah yang membuat Sonic 150R diklaim memiliki karakter mesin yang gahar pada putaran bawah karena kompresinya cukup besar. Selain kencang, spesifikasi motor ini juga memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang tergolong irit, perbandingannya 45 kilometer per liter.

(Sumber Foto: Astra Honda)

Comments are closed.