Honda Zoomer, Si unik Nan Irit

Motor

Mengusung mesin 110cc, Honda Zoomer punya kelebihan berupa tangki bahan bakar yang berada di bawah dek dan bagasi yang luas hingga mampu menampung satu helm full face.

Baru-baru ini para pecinta motor matic tengah gandrung kehadiran Honda Zoomer. Masuk kategori motor matic, motor keluaran pabrikan Honda ini menyita perhatian karena desainnya yang unik, yakni memadukan antara gaya motor trail yang garang dengan matic yang feminin. Melihat dari desainnya, jelas ya siapa target atau pangsa pasar motor ini. Yakni kaum muda yang senang hal-hal berbau eksentrik.

Tampilan unik tidak serta merta membuat Honda melupakan spesifikasi yang baik. Terbukti sudah banyak tekologi terbarukan yang disematkan pada roda dua tersebut. Penasaran apa saja kelebihan motor pik ini? Mari kita kupas spesifikasinya satu persatu:

Baca juga: Jenis-jenis Motor Trail Terbaru Tahun Ini!

Spesifikasi Honda Zoomer

spesifikasi honda zoomer

Berbicara spesifikasi nampaknya Honda Zoomer sudah lebih unggul dibanding para pesaingnya. Terutama dari mesin dan beberapa teknologi tambahan. Buktinya, skuter matic ini telah dilengkapi dengan teknologi injeksi terbaru, yang membuatnya jadi lebih hemat bahan bakar tampi tidak lemot dalam soal kecepatan.

Bahan bakarnya sudah ditambah dengan sistem suplai bahan bakar PGMFI dipadukan dengan mesin berkapasitas silinder 110 cc.  Sebenarnya ketika melihat bagian dapur pacunya, ingatan kita akan mengarah pada Honda Beat eSP, karena keduanya memiliki kesamaan dalam hal mesin dan teknologi. Namun Zoomer punya handling yang lebih baik, mungkin karena pengaruh penggunaan ban besar.

Motor yang dipajang pada perhelatan Jakarta Motor Cycle Show tahun 2012 tersebut digadang-gadang akan jadi leader di industri skuter matic masa depan. Tak heran ya banyak pecinta motor khususnya skuter yang bermimpi memilikinya.

Desain Zoomer

Kalau melihat pada tampilan body-nya jelas ya desain yang diusung ini futuristik. Dibeberapa sisi mirip motor sport yang khas dengan model garang dan kaki-kaki kuat. Namun juga punya tampilan depan yang unik seperti perpaduan antara feminitas pada Honda Beat yang digabung dengan garis-garis pada motor sport.Sementara konsep desain yang diusung adalah “Boxy-Looking” .

Hal ini terlihat dari bagian headlamp depan yang sudah dilengkapi dengan sistem double headlights, sehingga dapat menghasilkan cahaya lebih terang dibanding skuter matic biasa. Desain handle bar disematkan pada bagian stang yang membuatnya terlihat unik karena mirip pegangan pada motor trail. Joknya juga berukuran besar, sehingga bagi Anda yang bertubuh gempal tetap nyaman mengendarainya.

Zoomer ini berdimensi panjang 1,831 mm x 759 mm x 1,065 mm dengan Diameter X langkah 50.0mm x 55.0mm, Jarak Terendah 316 mm, Jarak Sumbu Roda 1,257 mm, Tinggi Jok : 763.5 mm. Bahan jok sendiri menggunakan kulit premium yang lembut. Salah satu keunggulan lain dari desain skuter matic ini adalah bagasi yang besar dan luas, sehingga mampu menampung sebuah skateboard atau helm full face. Pengisian bahan bakarnya lebih praktis karena posisi tangki bahan bakar kendaraan berada di bagian bawah dek motor. Andapun tak perlu turun motor ketika ingin mengisi bahan bakar .

Mesin

spesifikasi honda zoomer

Mengejutkan, skuter matic ini biarpun terlihat feminin dari luar, namun punya kekuatan mesin yang tidak main-main. Ia cukup tangguh jika terpaksa melintasi medan off road yang berat dan terjal. Kekuatan ini didapat dari skongan mesin berkapasitas 110 cc yang sudah mengadopsi teknologi SOHC Engine. Selain kekuatan, Honda juga memperhatikan betul soal gas buang. Sebisa mungkin berupaya mengurangi pencemaran lingkungan akibat polusi kendaraan bermotor.

Hal itu terlaksana dengan adanya PGM-FI pada mesin Zoomer yang membuatnya ramah lingkungan dalam menekan emisi gas buang, sehingga dapat lebih bersih. Hal ini tercipta berkat adanya kolaborasi sensor dan catalytic converter pada motor. Tak cukup sampai disitu Anda juga akan dimanjakan dengan kehadiran fitur V-Matic Transmission yang responsif. Inilah rahasia mengapa Zoomer tetap nyaman meskipun Anda sedang berkendara di medan terjal layaknya off road.

Kelebihan lain skuter matic satu ini adalah bensin yang amat irit. Secara umum perhitungan 1 liter dapat menempuh 53 KM. Jadi untuk soal mesin konsep yang coba dihadirkan adalah tangguh dan ramah lingkungan.

Fitur

Bagi Anda yang tengah mengincar Zoomer bersiaplah merasakan fitur-fitur berkualitas seperti pengereman 3-post Hydraulic. Sistem ini punya kontrol yang sangat baik terhadap motor yang melaju kencang. Ada juga panel indikator X  yang sudah dilengkapi dengan tampilan Full LCD Digital membuatnya tampak futuristik dan sangat bersahabat dengan generasi masa kini yang terbiasa dengan teknologi.

Isinya adalah informasi mengenai kondisi motor, sehingga penunggang bisa lebih waspada jika skuter maticnya mengalami kerusakan. Paling istimewa adalah tangki bensi yang berada di bagian bawah dek. Tak perlu lagi repot membuka jok motor seperti yang biasa kita lakukan ketika akan mengisi bensin pada motor matic.

Kaki-Kaki Kokoh

Apa yang membuat motor ini punya bentuk yang mirip dengan motor trail atau sport? Adalah kaki-kakinya yang gagah. Spesifikasinya dibekali dengan kaki-kaki kokoh dan kuat. Suspensi depannya dibuat lebih besar, seperti yang biasa kita lihat pada sepeda motor trail, plus tambahan desain model Upside Down Shock Absorber layaknya yang digunakan pada motor gede.

Sementara itu, untuk bagian belakang akan dibekali suspensi Monosock. Cukup membuat puasa adalah bekalan ban yang dibuat lebih besar dibanding skuter matic pada umumnya, yakni dengan ban tipe Tubeless Tyre berukuran 110/90-12 pada bagian belakang dan 100/90-12 pada bagian depan. Keduanya punya velg berukuran 12” tipe Cast Wheel.

Seperti kita tahu Cast Wheel ini ban langganan para pecinta off road, karena kekuatannya menerjang medan terjal bebatuan dan berliku. Jadi, tenang saja ketika Anda menggunakannya untuk touring karena ban ini tidak mudah bocor maupun selip. Lebih aman dibanding matic biasa.

Baca juga: Kawasaki KLX 150: Motor Adventure yang Stylish dan Modern

Harga

spesifikasi honda zoomer

Melihat bagaimana spesifikasi, mesin dan juga desainnya rasanya wajar saja jika motor produksi Jepang ini dibanderol di atas rata-rata harga skuter matik di Indonesia. Namun Anda harus bersabar karena motor ini belum resmi melantai di Indonesia. Kabarnya baru ada di Thailand dan Filipina. Sedangkan di Negeri Gajah Putih, Zoomer ini dijual sekitar 5300 Baht atau sekitar Rp 21.5 juta.

Harga yang sangat kompetitif mengingat motor ini sudah menggunakan mesin 110cc, dan teknologi yang begitu memudahkan. Bagi Anda yang tertarik membeli tunggangan ini siapkan dananya sejak dini ya, agar menjadi orang pertama yang memilikinya di Indonesia.

Baca juga: 7 Motor Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

 

Comments are closed.