Kawasaki J125, Spesifiksi dan Harga Lengkapnya

Motor

Jika Anda mencari skuter matic yang nyaman namun tangguh dibawa ke medan terjal Kawasaki J125 adalah pilihan tepat. Di banderol nyaris 80jutaan motor ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

Industri sepeda motor tanah air mengalami perkembangan sangat pesar, terlebih di jenis matic. Sebabnya karena mudahnya penggunaan pada tipe motor ini. karena selalu menjadi incaran para produsen motor pun berupaya melahirkan tunggangan yang lebih bervariasi. Inilah yang coba dicapai oleh Kawasaki dengan produk teranyarnya Kawasaki J125. Sepeda motor matic yang punya desain body bongsor atau biasa disebut skutik gambot.

Melihat catatan penjualan, mungkin Kawasaki tidak bisa disandingkan dengan Honda dan Yamaha yang selalu jadi primadona di pasar skuter matic Indonesia. Namun hadirnya J125 ini seakan menjadi tanda bahwa Kawasaki sebenarnya juga punya komitmen untuk memanjakan pelanggan setianya. Produsen yang lebih dikenal dalam memproduksi tunggangan sport ini mencoba lebih down to earth.

Penasaran bagimana spesifikasi dan rentang harga Kawasaki J125 ini? simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: 9 Pilihan Motor Matic Terbaik untuk Milenials

Spesifikasi Kawasaki J125

spesifikasi kawasaki j125

Sebenarnya Kawasaki J125 tidak dijual di Indonesia dan hanya tersedia di Eropa. Bahkan di Eropa Kawasaki menjual dua skutik gambot andalannya yakni Kawasaki J300 dan Kawasaki J125. Kawasaki J125 sendiri baru diluncurkan pada 2015 tepatnya saat gelaran Milan Show. Tentunya karena menjadi barang impor mewah banderol harganya lebih mahal dibanding yang dijual di Eropa. Selain itu pihak Kawasaki juga tidak bisa menanggung service’nya. Sebab motor ini memang tidak diperuntukkan mengaspal di Indonesia.

Sementara untuk spesifikasi J125 ini bisa disebut motor skuter premium, karena dari mulai rangka, mesin dan sistem keamanannya sangat terbarukan dan canggih. Mesin motornya mengadopsi dari fitur Kawasaki J300, yang sudah punya nama baik dan penggemar sendiri di pasar Eropa. Sehingga pecinta J300 pastinya juga akan melirik J125 yang bermesin 125cc ini.

Ada berbagai fitur unggulan yang disemarkan pada Kawasaki J125 ini, salah satunya adalah sistem rem ABS, juga ada fitur lampu otomatis yang akan menyala ketika pengguna membuka jok motor. Sedangkan pada fitur keamannya Anda akan disuguhi dengan shutter style security yang berfungsi ketika mencabut kunci kotak, sehingga katup kunci kontak akan menutup secara otomatis.

Menariknya motor ini sudah paham betul kebutuhan kalangan masa kini yang tak bisa jauh dari ponselnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya colokan charger smartphone, jadi Anda bisa mengisi daya ulang baterai smartphone kapanpun dibutuhkan.

Desain

Berbicara masalah desain, jika Anda melihat langsung J125 ini dari segi body mirip sekali dengan seri J300. Bisa dibilang skutik ini menggunakan basis desain Kawasaki J300. Gurat desainnya khas sekali selera Eropa yang dikombinasikan grafis khas Kawasaki yang ala-ala Jepang. Mungkin bagi Anda ini akan  jadi sesuatu yang baru dan beda. Dibanding skuter matic yang berada di pasaran Indonesia dengan model sangat “Jepang”, tentunya J125 ini akan jadi tunggangan yang anti-mainstream.

Lalu Anda juga akan dikejutkan dengan desain samping dan belakang, yang mirip proporsi tubuh ikan hiu. Kawasaki sendiri mengamini bahwa untuk tampilan eksterior moto ini memang mengadopsi ikan hiu. Lampu depan dan belakang dibuat menyipit layaknya moncong ikan hiu. Tambahan ini pun memunculkan kesan garang tapi tetap elegan bagi penggunanya.

Selain ingin menegaskan bahwa tunggangannya ini untuk mereka yang berani dan tegas. Kawasaki juga tak mau melupakan soal kenyamanan pengendaranya. Hal tersebut bisa kita lihat dengan pemosisian stang yang lebih tinggi dibandingkan jok motor, sehingga saat berkendara posisi tubuh akan tegak. Posisi berkendara seperti ini adalah yang paling ideal jika Anda akan melakukan perjalanan jauh, sehingga tubuh tidak mudah pegal dan lelah.

Mesin Kawasaki J125

spesifikasi kawasaki j125

Pada bagian mesinnya, J125 menggunanakan silinder 125 cc. Agar berbeda dengan varian sebelumnya yakni J300 yang menggunakan mesin 300cc. Jadi meskipun secara desain eksterior kedua tipe motor ini mirip, namun untuk segi dapurpacu punya perbedaan yang jelas. Perbedaan ini pastinya akan berpengaruh pada soal kecepatan dan akselerasi.

Varian J125 ini menggunakan mesin bertipe Single Cylinder, Four-Stroke, yang dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 13.81 Hp pada 9.000 rpm dengan torsi puncak yang berhasil dicapai sebesar 11.50 Nm pada 7.000 rpm. Menggunakan jenis sistem bahan bakar Injection, yang membuatnya sangat irit bahan bakar. Katanya Mesin dari motor ini cukup kecil, bahkan sering disamakan dengan skuter skuter matic seperti Honda Vario 125.

Baca juga: KTM Indonesia dan Varian Motor Terlarisnya di Tanah Air

Struktur Rangka

Bisa dibilang satu-satunya daya tarik J125 ini adalah sisi eksteriornya. Desainnya sangat melambangkan maskulinitas, yang suka sesuatu yang garang dan juga bisa diajak berkelana ke medan apapun tanpa mengesampingkan faktor kesalamatan dan kenyamanan. Karena tahu betul yang dijual adalah body desain, Kawasaki pun akhirnya tak main-main ketika membangun skuter gambor ini. terbukti dengan penggunaan struktur rangka berkualitas tinggi.

Kawasaki tipe J125 menggunakan rangka bertipe Tubular Diamond, steel. Sedangkan bagian suspensi ditopang dengan Telescopic fork untuk bagian depannya, sedangkan bagian belakang menggunakan Twin Shocks with 5-way adjustable preload. Inilah yang membuat pengendara tetap nyaman, bebas pegal dan lelah ketika melakukan perjalanan jauh dan panjang.

Suspensi dan rem juga dibalut dengan sempurna dengan teknologi paling baru. Seri J125 ini sudah menggunakan sistem pengereman ABS dengan jenis rem single disc pada kedua sisinya baik depan maupun belakang. Menggunakan an 14 untuk bagian depan dan bagian belakang 13, keduanya mampu menghindarkan tunggangan ini dari slip yang sering jadi penyebab kecelakaan.

Di Eropa sendiri tipe J125 tersebut sangat diminati terbukti dengan hasil penjualannya yang tinggi. Di Indonesia kehadirannya sudah ditunggu-tunggu, namun nampaknya pihak produsen motor ini belum tertarik menjualnya di Indonesia. bahkan seri sebelumnya J300 tidak pernah mengaspal resmi di Indonesia padahal suka banyak pecinta motor menunggunya.

Harga

spesifikasi kawasaki j125

Jika melihat desain yang amat kekiniain, dapur pacu yang terbaik dan sistem keselamatan paling canggih. Sudah pasti motor ini akan dilepas dengan harga tinggi. Di Eropa J125 dijual dengan harga nyaris Rp80 juta. Jika masuk ke pasaran Indonesia, harganya mungkin bisa naik hingga dua kali lipat mengingat beban biaya pajak barang impor cukup besar.

Karena ini tidak dijual di dealer resmi Kawasaki, jangan berharap bisa memilikinya dengan sistem kredit ya. Lagi, perlu diingat juga jika Anda tetap mengimpornya servisnya cukup merepotkan karena Kawasaki Indonesia tidak menyediakan sparepart motor ini di tanah air. Jadi kantong Anda harus cukup tebal jika ingin menjadikan motor ini sebagai salah satu koleksi tunggangan.

Baca juga: 7 Motor Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

Comments are closed.