Kawasaki KLX 150: Motor Adventure yang Stylish dan Modern

Motor

Kawasaki KLX 150 menghadirkan inovasi baru yang lebih canggih dan sangat cocok untuk menjadi teman pertualang Anda. 

Sebagai salah satu pabrikan motor terkenal di dunia, Kawasaki memang selalu menciptakan motor-motor yang memiliki kualitas baik. Salah satunya adalah motor sport dan juga motor off road yang sudah terkenal dengan ketangguhannya.

Indonesia rupanya salah satu negara yang masyarakatnya memiliki hobi berpetualang. Tidak heran jika pabrikan asal Jepang ini menjadikan Indonesia salah satu target terbesar untuk penjualan. Bagi Anda pecinta petualang, tentunya sudah banyak tahu tentang motor yang satu ini.

Kawasaki KLX 150 merupakan salah satu motor off road yang terknal di Indonesia. Motor ini memiliki performa yang Tangguh dan juga desain yang stylish. Bukan hanya itu, bodinya yang ramping serta ketinggian jok yang renda memberikan kenyamanan ketika berkendara. Nah, untuk lebih jelas lagi spesifikasi lengkap dari motor ini, berikut ulasan selengkapnya.

Spesifikasi Lengkap Kawasaki KLX 150

Desain Bodi Kawasaki KLX 150 yang Lebih Stylish

Desain baru ini dapat Anda lihat dari bentuk headlamp yang lebih sipit dari versi lamanya. Dengan headlamp lebih kecil dan visor sedikit lebih lebar, permukaan motor ini memang terlihat lebih stylish untuk ukuran sepeda motor tipe off-road. Perubahan baru yang dilakukan Kawasaki juga nampak pada bagian shroud-nya yang terlihat lebih runcing.

Adanya beberapa perubahan pada bodinya, motor ini benar-benar nampak semakin agresif. Bergerak ke bagian belakang, Kawasaki juga mengubah tampilan tail dan juga lampu sein motor barunya ini. Bentuk tail dan spatboard New KLX 150 ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan ‘buntut’ KLX generasi lama. Pada bagian ini juga nampak jelas terlihat dari penggunaan muffler baru yang membuat tampilan motor ini benar-benar kuat khas motorcross.

Speedometer Minimalis Khas Motor Adventure

Pada elemen ini, Kawasaki tetap mempertahankan bentuk speedometer Kawasaki KLX 150 yang sederhana, tapi tetap fungsional. Pada unit speedometer tersebut, terdapat beberapa panel indikator seperti indikator kecepatan, indikator lampu, dan juga indikator penunjuk jarak tempuh. Meski berbentuk hampir sama dengan KLX generasi lawas, tapi bentuk speedometer motor ini sedikit lebih sempit dari versi lamanya. Namun, hal itu tak mempengaruhi fungsi utamanya. Pada bagian panel dashboard ada tambahan berupa indikator penunjuk BBM. Hal ini pastinya sangat berguna saat mengajak KLX bertualang karena pada versi sebelumnya Kawasaki tak meyematkan panel indikator BBM pada KLX 150.

Dimensi Mangadaptasi KLX Versi Lama

Berpindah ke spesifikasi KLX 150 pada bagian rangkanya. Kali ini, Kawasaki juga masih mempertahankan bentuk rangka Kawasaki KLX 150 versi baru yang berbasis KLX generasi lama. Motor baru racikan Kawasaki ini memiliki ukuran tubuh 2080 x 770 x 1145 mm dengan bobot mencapai 115 kg kg. Ukuran tersebut memang merupakan dimensi standar sebuah sepeda motor tipe off-road. Selain itu, motor ini juga memiliki jarak antar sumbu roda sepanjang 1.340 mm. Dengan dimensi tersebut, motor ini akan sangat nyaman untuk melibas jalan-jalan off-road dari medan tanah sampai medan bebatuan. Spesifikasi Kawasaki KLX 150 di sektor dimensi tubuh juga masih menggunakan bentuk tangki tipis yang selama ini menjadi ciri khas motor trail. Meski bentuknya pipih, namun tangki tersebut mampu menampung bahan bakar hingga 7 liter.

Suspensi Makin Kokoh

Ternyata yang membedakan masing-masing seri New KLX 150 ini adalah bagian kaki-kakinya. Untuk Kawasaki KLX 150 Standar, Kawasaki menyematkan suspensi teleskopik standar pada bagian depan, serta suspensi unitrack swing-arm pada bagian belakang. Pada bagian rodanya, New KLX 150 Standar menggunakan velg depan 19 inci dan juga velg belakang 16 inci.

Sementara itu, tipe BF memiliki ukuran kaki-kaki lebih lebar karena memang ditujukan untuk medan yang lebih berat. New KLX 150 BF dibekali dengan kaki-kaki depan menggunakan velg 21 inci dan velg belakang 18 inci yand dibalut dengan ban berukuran lebih lebar dari New KLX 150 Standar. Sedangkan untuk Kawasaki KLX 150 SE atau Special Edition, Kawasaki menyematkan komponen Upside-Down yang akan membuatnya nampak lebih gahar serta memiliki handling lebih mantap. Untuk bagian pengereman, masing-masing spesifikasi Kawasaki KLX 150 dibekali dengan sistem pengereman yang sama, yaitu rem cakram 240 mm pada sektor depan serta cakram 190 mm pada bagian belakang.

Dapur Pacu Masih Mengandalkan Mesin SOHC 2-Valves 150 cc

Sekarang kita beralih ke spesifikasi KLX 150 di bagian dapur pacu. Pada New KLX 150 ini, sebenarnya Kawasaki masih menggunakan basis mesin yang sama dengan KLX generasi lama. Motor ini masih mengusung mesin SOHC 2 katup berkapasitas 150 cc. Kawasaki tetap menggunakan karburator Keihin CV24 serta sistem pengapian Digital DC-CDI dan juga pendingin udara pada mesin Kawasaki KLX 150 ini.

Mesin pada New KLX 150 tersebut mampu memuntahkan daya maksimum sebesar 8,6 kW atau setara dengan 11.7 PS pada putaran mesin 8000 rpm. Komposisi mesin racikan Kawasaki yang tertanam pada Kawasaki KLX 150 itu juga mampu menghasilkan torsi maksimum sebesar 12 Nm pada 6.500 rpm. Satu lagi, meski spesifikasi Kawasaki KLX 150 di bagian dapur pacu masih menggunakan karburator, namun mesin racikan Kawasaki tersebut sudah memenuhi standar EURO 3.

Fitur Motor Adventure yang Lengkap

Sebenarnya, untuk produk barunya ini Kawasaki tak menyertakan terlalu banyak fitur-fitur canggih mengingat motor ini merupakan tipe motor off-road yang mementingkan performa mesin dan juga daya tahan rangka. Namun, Kawasaki tetap menambahkan beberapa komponen tambahan pada New KLX 150 guna menambah kenyamanan dan keamanan pengendaranya. Fitur tambahan yang paling bermanfaat tentu saja adalah indikator bahan bakar yang sebelumnya tidak ada pada KLX 150 generasi lama.

Adanya indikator BBM tersebut, Brosis yang ingin membawa motor ini bertualang pastinya akan sangat terbantu saat ingin mengetahui sisa BBM yand ada di dalam tangki. Selain itu, fitur baru yang dibawa oleh spesifikasi Kawasaki KLX 150 adalah penggunaan suspensi Upside-Down yang akan memberikan handling mantap saat menerjang jalanan berbatu. Namun, fitur USD tersebut hanya bisa ditemukan pada New KLX 150 SE.

Comments are closed.